Sabtu, 30 Januari 2016

Published Januari 30, 2016 by jelajah indonesiaku with 1 comment

Panduan Keliling Danau Toba Bagian Selatan (Muara, Lembah Bakkara, Samosir, Tele)

Keliling Danau Toba Bagian Selatan




Banyak orang hanya tahu Danau Toba yang identik dengan Parapat, Samosir (Tuk-Tuk), dan Taman Simalem Resort. Padahal pemandangan Danau Toba bisa dinikmati dari sisi lainnya, yaitu sisi selatan.  Salah satu rute yang bisa dilalui di Bagian Selatan Danau Toba antara lain, Muara-Bakkara-Samosir-Tele :

1. Muara

Muara terletak di Kabupaten Tapanuli Utara, tepatnya kurang lebih 300 km dari kota Medan. Muara merupakan salah satu spot pintu masuk Danau Toba. Walaupun jaraknya cukup jauh dibandingkan Parapat dan Taman Simalem di Tanah Karo, Muara menawarkan panorama alam yang sangat indah. Untuk mencapai dan menjelajah desa Muara kami sarankan untuk rental mobil. Jika tiba di Medan via Bandara Kualanamu, sebaiknya rental-lah mobil (biasanya sudah termasuk supir). Walaupun bis bisa menjadi pilihan alternatif transportasi, lebih baik menyewa mobil karena akses transportasi publik di sekitar Danau Toba sedikit rumit.


Rute Bandara Kualanamu ke Muara via Pematang Siantar dan Balige +/- 253 km 

Rute darat yang biasa dilalui adalah Medan/Kualanamu - Pematang Siantar - Balige - Silangit - Muara. Untuk yang mau mempersingkat waktu bisa dengan penerbangan ke Bandara Silangit yang jaraknya hanya 18 km ke Muara. Namun penerbangan ke Bandara Silangit masih sangat terbatas. Saat ini Wings Air yang melayani rute Batam - Silangit (dengan jadwal terbang 3x seminggu, yaitu Minggu, Rabu, dan Jumat, mohon cek web  maskapai untuk update terkini). 

Info Layanan Penerbangan (per Januari 2016):

1. Garuda Indonesia
Kabar gembira untuk kita warga Jakarta, per 22 Maret 2016 Garuda telah membuka rute (launching) Jakarta (Soekarno Hatta) ke Silangit. Jadwalnya 3x seminggu yaitu Selasa, Jumat, Sabtu jam 08.50.
Untuk rute lanjutannya adalah Silangit- Sibolga dan Sibolga-Jakarta. Jadi sepertinya belum ada rute pulang pergi Jakarta-Silangit (maklum masih rute perintis).
Harga tiketnya masih promo Rp840.000,- (update per 22 Maret 2016)

2. Sriwijaya Air
April 2016 ini Sriwijaya akan membuka rute baru Jakarta-Silangit (PP) dengan frekuensi 1 x setiap hari.


3. Wings Air
Batam - Silangit (Siborong-borong) : Minggu, Rabu, dan Jumat
                                                        pukul 08.30 (berangkat) - 10.10 (tiba)

Silangit (Siborong-borong) - Batam : Minggu, Rabu, dan Jumat

                                                        pukul 10.35 (berangkat) - 12.15 (tiba)


4. Susi Air
Siborong-borong - Medan (PP)
Siborong-borong - Gunung Sitoli / Nias (PP)

Untuk informasi jadwal bisa kontak langsung Susi Air
Susi Air Medan
Jl Adi Sucipto Komp.Ruko River View 

Blok A No 26 Polonia Medan
Phone : +62 61 7852169


Rencananya pada akhir Maret 2016 Garuda akan membuka rute baru Jakarta-Silangit.
Informasi lebih lanjut bisa dibaca di link berikut Garuda buke rute Jakarta-Silangit



Pilihan penginapan di Muara pun tidak banyak, salah satu rekomendasi kami adalah: 

a. Sentosa Lake Resort
Jl. Sisingamangaraja No. 12, Muara - Tapanuli Utara Indonesia
Telepon: 0633 - 42666 
Fax: 
0633 - 42900 
Rate per malam mulai dari Rp300.000,- (sudah termasuk sarapan)
Sentosa Lake Resort - Muara Tapanuli Utara


















Selagi berkunjung ke Muara, salah satu kuliner khas yang patut dicoba yaitu Mie Gomak. Kuliner paduan antara mie, kuah santan, dan potongan daging ayam atau sapi. Selain itu kuliner khas lainnya adalah ikan mas Naniarsik (dalam bahasa Indonesia yang artinya yang di arsik, arsik sendiri adalah salah satu metode memasak yang digunakan oleh masyarakat Batak menggunakan bumbu khas seperti andaliman, serai, lengkuas, dan lainnya). Makanan halal pun tidak sulit dicari disini, karena ada restauran/warung yang menjual masakan jawa dan padang, letaknya ada di pusat pasar Muara. 

Perjalanan dari Muara kemudian dapat dilanjutkan ke daerah Lembah Bakkara. 

2. Lembah Bakkara
Bakkara adalah sebuah desa yang letaknya tidak jauh dari Muara. Akses ke Bakkara dapat dilalui via kapal penumpang (yang berada di pelabuhan Muara). Rute yang pernah kami lalui adalah via kapal penumpang yang membutuhkan waktu kurang lebih 20 - 30 menit. 
Bisa juga dicoba via darat (menyusuri pinggiran Danau Toba). 





#Tips 1 :Di Bakkara, tidak terdapat penginapan/hotel, mungkin bisa tanya penduduk setempat, pasti dengan senang hati mau menyewakan kamar di rumahnya :) (boleh di coba). 


Lembah Bakkara - credit: Wening-Mahira Blog
Untuk menikmati keindahan Danau Toba dari Muara ke Bakkara, perjalanan dapat dilakukan via darat maupun dengan men-charter kapal. Harga charter kapal mulai dari 500ribu rupiah. Lebih baik menghubungi salah satu penginapan untuk update harga terkini sewa speed boat atau bisa langsung mencari informasi rental kapal ke pelabuhan Muara.

Tempat wisata di Bakkara yang kami rekomendasi untuk dikunjungi adalah Aek Sipangolu. Ini merupakan air terjun yang airnya sangat jernih (dan bisa langsung diminum karena sangat bersih dan segar). Menurut legenda, air terjun ini memiliki cerita sejarah dengan Sisingamangaraja XII. Selain itu ada juga Aek Janji, yang berada tidak jauh dari air terjun Aek Sipangolu.


Air Terjun Aek Sipangolu


Jika sudah puas di Muara dan Bakkara, perjalanan kemudian bisa dilanjutkan ke Pulau Samosir.

3. Samosir


View Pulau Samosir - credit: Indonesia.Travel
Untuk menyeberang ke Pulau Samosir dari Muara saat ini lebih mudah, karena sudah ada kapal ferry yang melayani rute Muara - Pulau Samosir (Pelabuhan Sipinggan Nainggolan). Kalau para traveler biasanya ke Pulau Samosir via Parapat/Ajibata, maka masih banyak yang belum mengetahui rute kapal Ferry tujuan Muara - Nainggolan (salah satu desa di Pulau Samosir). Jadwalnya pun hanya 3x seminggu, yaitu: 
     
    Jadwal KM Ferry beroperasi pada hari Senin, Jumat dan Minggu

a. dari pelabuhan Sipinggan (Nainggolan) – Muara 
    trip 1 jam 08.00 - 09.00
    trip 2 jam 11.30 – 12.30

b. dari pelabuhan Muara – Sipinggan (Nainggolan)
    trip 1 jam 10.00-11.00
    trip 2 jam 15.30-16.30 

Dari Nainggolan, traveler bisa melanjutkan perjalanan mengeksplore wisata alam dan budaya di Pulau Samosir. Di Samosir, traveler yang mau mencari penginapan, kami rekomendasikan untuk mencari di daerah Tuk-Tuk, atau di pinggiran Tuk-Tuk untuk mencari penginapan yang lebih private. Mengapa kami merekomendasikan Tuk-Tuk? Karena di Tuk-Tuk lebih banyak pilihan penginapan, dari homestay milik masyarakat seharga Rp100.000,- per malam, hingga resort hotel berbintang. Selain itu, di Tuk-Tuk lebih banyak pilihan kuliner.

4. Tele
Jalur Menuju Tele via Pangururan
Jika sudah puas berpetualang di Tuk-Tuk dan seluruh pulau Samosir, boleh dilanjutkan ke Tele, sebuah desa yang berada di sisi barat Pulau Samosir. Akses menuju Tele-lah yang menjadi pengalaman yang berkesan karena pemandangan alam-nya yang indah dan sedikit menantang karena medan jalan yang berkelok-kelok dan sempit. Tapi medan yang menantang tersebut terbayar dengan pemandangan yang kita nikmati di sepanjang perjalanan menuju Tele dari Pulau Samosir. Di sepanjang jalan kita disuguhi hamparan sawah hijau yang cantik dan pemandangan Danau Toba yang eksotis serta pemandangan hamparan hutan pinus. 

#Tips 1: Akses menuju Tele dari Tuk-Tuk dapat dilalui via jalur Utara maupun jalur Selatan (Samosir circle road). Salah satu jalur tersebut akan menuntun kita menuju Pangururan. Dari Pangururan tidak sulit untuk menuju Tele, karena papan petunjuk jalan sangat jelas. Lama perjalanan Tuk-Tuk ke Tele kurang lebih 2 jam. 


Pemandangan dari Menara Tele
Enjoy Your Trip !
    email this       edit

1 komentar:

  1. HORAS … !!! JOM KE MEDAN … !!! JOM KE DANAU TOBA … !!!
    SALAM KENAL TUAN AND PUAN . MINTA IZIN NAK IKUT PROMOTE KAT BLOG TUAN / PUAN

    PERKENALALKAN KAMI DARI AGENCY PELANCONGAN TIARA TOURS INDONESIA. KAMI ADALAH AGENCY PELANCONGAN YANG BER LICENSED DAN PROFESSIONAL. KAMI MENAWARKAN PAKEJ – PAKEJ MELAWAT MURAH KE MEDAN, DANAU TOBA, BERASTAGI DAN TEMPAT – TEMPAT SHOPPING MURAH DI BANDAR MEDAN.

    PAKEJ LAWATAN LAINNYA KE PADANG, BUKIT TINGGI, BANDA ACEH, PULAU SABANG, JAKARTA , BANDUNG, JOGYAKARTA , BALI, LOMBOK, MAKASAR, BUNAKEN, MENADO, TORAJA.

    PAKEJ DITEMPAH SANGAT MENARIK, HEMAT DAN LAYANAN BEST. PILIHAN HOTEL DAN BILIK BERSIH, MAKANAN MENU MELAYU / MOSLEM RESTAURAT (100 % HALAL ) DAN BERPASAL PERHIKMATAN KAMI DISOKONG BEBERAPA UNITS KERETA BARU DAN BUS PERSIARAN.

    DISINI KAMI BAGIKAN PAKEJ MELAWAT KE MEDAN DAN KE DANAU TOBA
    PROGRAM 04 HARI / 03 MALAM ( FULL SERVICE )
    TAK ADA EXTRA BAYAR.
    TAK ADA TIPU – TIPU !!!
    HARGA PAKEJ 04 HARI / 03 MALAM MYR : 380 (10 ORANG )
    HARGA PAKEJ 03 HARI / 02 MALAM MYR : 275 (10 ORANG )

    ITINERAY :

    DAY 1 : ARRIVAL – SIANTAR – PARAPAT
    ARRIVAL AT KUALANAMU INTERNATIONAL AIRPORT. AFTER CUSTOMS CLEARANCE, MEET OUR TOUR GUIDE/DRIVER WHO WILL TAKE YOU TO START THE TOURS BY USING TOURIST COACH OR VAN. TRANSFER TO THE RESTAURANT FOR YOUR LUNCH. DEPART TO PARAPAT ALONG THE ROAD WHICH OFFERS THE ENDLESS VIEW OF RUBBER AND OIL PALMS PLANTATIONS THROUGH THE JOURNEY. STOP SHOULD BE MADE AT PEMATANG SIANTAR FOR SHOPPING OF LOCAL PRODUCT SUCH AS KACANG TUMBUK “TING TING, TENG TENG”, OTHER SNACKS ETC. ARRIVED IN PARAPAT THEN CHECK IN TO HOTEL. THE REST OF THE DAY IS FREE ON YOUR OWN LEISURE. DINNER WILL AT RESTAURANT

    DAY 2 : SAMOSIR ISLAND – BERASTAGI
    BREAKFAST AT HOTEL. BY BOAT / FERRY VISIT TOMOK VILLAGE, TO SEE THE TOMBS OF THE KING OMPU SIDABUTAR & SHOPPING PLACE. AMBARITA VILLAGE, TO SEE THE TRADITIONAL BATAK VILLAGE WITH ANCIENT MEGALITHIC FURNITURES. RETURN TO PARAPAT FOR LUNCH AT LOCAL RESTAURANT. AFTERWARDS PROCEED TO BERASTAGI–A MOUNTAINS RESORT WITH IT’S REFRESHING WEATHER AND MAGNIFICENT MOUNTAINS SCENERY WHICH HAS AN ABUNDANCE OF FLOWERS, VEGETABLES AND FRUITS. EN-ROUTE STOPS AT PANORAMA SIMARJARUNJUNG , SIPISO-PISO WATERFALL. ARRIVED IN BRASTAGI THEN TO VISIT THE CENTRAL FRUITS MARKET (SHOPPING PLACE). AFTERNOON CHECK IN TO HOTEL. DINNER WIL BE SERVED IN RESTAURANT.

    DAY 3 : BERASTAGI – MEDAN
    AFTER BREAKFAST. PROCEED FOR TWO HOURS DOWN THE HILL TO MEDAN. VISIT LUMBINI PARK. ARRIVAL IN MEDAN CITY SIGHT SEEING TO VISIT A SEVERAL INTEREST SUCH AS THE MAIMOON PALACE, AL-MATSHUN GRAND MOSQUE. LUNCH AT THE LOCAL RESTAURANT, AND THEN PROCEED TO THE SHOPPING AREAS AS FOLLOW DANAR HADI BATIK EMPERIUM AND OTHERS WHOLE BATIK SELLERS IN MEDAN, INCLUDING TO PASAR IKAN MARKET AND MALLS. CHECK IN TO HOTEL FOR ACCOMMODATION. DINNER AT RESTAURANT.

    DAY 4 : HOTEL – AIRPORT
    AFTER BREAKFAST AT HOTEL. FREE PROGRAM UNTIL TIME TRANSFER TO THE AIRPORT FOR YOUR FLIGHT HOME.



    SERVICES TERMASUK :
    • TRANSPORT
    • PEMANDU PELANCONGAN
    • HOTEL 3 BINTANG
    • BREAKFAST 3X
    • MAKAN TENGAH HARI 3X
    • DINNER 3X
    • SEWA KAPAN KE SAMOSIR ISLAND
    • KARCIS / TIKET MASUK KE TEMPAT MENARIK
    • MINERAL WATER

    BILA NAK MELAWAT KE MEDAN, SILA CONTACT DAN TEMPAH PAKEJ DI :
    TIARA TOURS INDONESIA
    JLN. PANGLIMA DENAI NO. 76 MEDAN, 20227
    LICENSED : 503/508.SK/IUP/BPW/MM/2011
    TEL/FAX : +6261 - 733 59 765
    EMAIL : tiaratoursindonesia@gmail.com
    HP / WA +6281383535091
    HP / WA +6285358982828
    HP / WA +6285762820068

    TERSEDIA LAYANAN SEWA KERETA DAN BUS PERSIARAN :
    TOYOTA AVANZA (05 ORANG ) MYR 155 / HARI
    SUZUKI ERITGA (05 ORANG ) MYR 155 / HARI
    INOVA REBORN (05 ORANG ) MYR 175 / HARI
    ISUZU ELF (11 ORANG ) MYR 235 / HARI
    TOYOTA HIACE (11 ORANG ) MYR 320 / HARI
    MEDIUM BUS ( 27 ORANG ) MYR 500 / HARI

    NOTE :
    HARGA SEWA KERETA SUDAH TERMASUK : DRIVER AND PATROL

    BalasHapus