Rabu, 26 September 2018

Published September 26, 2018 by with 0 comment

3 Pilihan Transportasi dari Bandara Lombok ke Sembalun

Saya berfoto di depan Pintu Masuk Gunung Rinjani

Bagi kebanyakan orang, Pulau Lombok identik dengan pantai pasir putih dan laut berwarna biru. Tahukah kita, selain pantai dan lautnya, Pulau Lombok juga memiliki gunung yang sangat mempesona yaitu Gunung Rinjani. Kenapa mempesona, karena gunung Rinjani ini tidak seperti gunung-gunung lainnya di Indonesia, karena diatas gunung ini kita akan menemukan sebuah danau yaitu Danau Segara Anak.


Sekedar informasi ketinggian Gunung Rinjani yaitu 3.726 mdpl dan merupakan gunung tertinggi ke-3 di Indonesia. Gunung Rinjani ini berada di Lombok Timur dan lebih tepatnya di Desa Sembalun. Untuk informasi lengkap mengenai Gunung Rinjani, bisa Anda baca disini : https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Rinjani

Jadi, bagi Anda yang berencana mendaki Gunung Rinjani atau sekedar berkunjung ke Desa Sembalun, kami akan memberikan informasi lengkap tentang cara menuju Desa Sembalun dari Bandar Udara Internasional Lombok. Berdasarkan pengalaman kami selama ini ke Desa Sembalun dan informasi yang kami peroleh di lapangan.

Rute Bandara Internasional Lombok Praya ke Sembalun Lombok Timur

Jarak antara Bandara Internasional Lombok Praya, kurang lebih sekitar 85 km dan bisa ditempuh sekitar 3 s.d. 3,5 jam. Sekedar informasi, perjalanan dari Bandar Udara Internasional Lombok Praya ke Sembalun ini, kita akan melalui jalur lintas provinsi dan biasanya banyak dilalui oleh kendaraan-kendaraan besar seperti truk atau bus. Sekitar 30 km sebelun tiba di Desa Sembalun, kita akan melalui jalur pegunungan yaitu dengan kondisi jalan menanjak dan berkelok-kelok, serta adakalanya jalanan berkabut, karena jalur ini merupakan daerah dataran tinggi. Pesan kami, Anda harus berhati-hati melalui jalur ini karena selain alasan yang kami sebutkan tadi, jalannya juga tidak besar, hanya dua jalur.

Kami akan menginformasi lengkap perihal 3 Pilihan Transportasi dari Bandara Lombok ke Sembalun Lombok Timur, yaitu: 
  1. Damri & Angkot (Cara Hemat & Agak Lama) ; 
  2. Travel atau Sewa Mobil (Cara Nyaman & Cepat) ; 
  3. Sewa Sepeda Motor Lombok di Bandara (Cara Hemat & Cepat)

Sekedar informasi, perlu untuk diketahui bahwa transportasi umum di Pulau Lombok tidak sama seperti kota-kota besar lainnya seperti di Jawa atau Sumatara, di Pulau Lombok ini sangat sulit untuk menemukan transportasi umum, kalaupun ada, biasanya transportasi umumnya kurang nyaman dan butuh kesabaran untuk menunggu transportasi umum, karena jadwal berangkatnya tidak ada alias selewatnya saja. Kalaupun ada trasnportasi umum seperti taksi, biasanya hanya melayani di kota besar seperti Mataram.

Transportasi yang kami sarankan adalah sebagai berikut :
1. Damri & Angkot (Cara Hemat & Agak Lama)

-      Rute Bandara Lombok ke Selong by DAMRI
Untuk menghemat biaya perjalanan Anda, kami sarankan untuk mencoba transportasi umum seperti Bus Damri, bus ini beroperasi dari pukul 08.00 s.d. 22.00 WITA.

Informasi lebih lanjut mengenai Damri di Lombok, silahkan kunjungi website : Damri Lombok

Silahkan Anda beli tiketnya di loket Damri yang berada di Bandara Internasional Lombok Praya dan pilih rute “Bandara Lombok ke Selong”

Untuk biayanya adalah Rp 30.000,- per orangnya.

Perjalanan dari Bandara Lombok ke Selong, ditempuh sekitar 1 s.d. 1,5 jam perjalanan. 

Setibanya di Selong, Anda harus lanjut lagi menggunakan angkutan umum menuju Aikmel. Karena tranportasi umum selanjutnya menuju Desa Sembalun berada di dekat Pasar Aikmel, sekalian Anda berbelanja keperluan naik gunung seperti misalnya beras, buah, sayur dan lauk.

Untuk biaya angkutan dari Selong ke Aikmel adalah Rp 5.000,- per orangnya.

-      Rute Selong (Aikmel) ke Desa Sembalun by Angkutan Umum
Setibanya di Pasar Aikmel, silahkan Anda mencari angkutan umum menuju Desa Sembalun. Sekedar informasi, angkutan menuju Desa Sembalun ini sebenarnya sangat jarang sekali, kalaupun ada kemungkinan jalan apabila penumpang sudah penuh. Apabila mau jalan langsung, kita harus mengeluarkan biaya lebih untuk itu. 

Untuk biayanya adalah Rp 35.000,- perorang.

Perjalanan dari Aikmel ke Desa Sembalun, ditempuh sekitar 1,5 s.d. 2 jam perjalanan, dengan kondisi jalanan pegunungan yaitu menanjak dan berkelok-kelok.

-      Kami menyarankan untuk memilih opsi ini, apabila:
1.    Anda tiba di Lombok pagi atau siang hari, tidak direkomendasikan untuk memilih opsi ini apabila Anda tiba sore atau malam di Lombok, karena transportasi dari Pasar Aikmel ke Sembalunnya yang tidak pasti atau bahkan sudah tidak ada lagi transportasi ke Sembalun;
2.    Anda hanya sendiri atau berdua, karena kalau jumlah grup Anda lebih dari 4 orang, kami sarankan mending pilih opsi 2 (sewa mobil), karena biaya yang dikeluarkan hampir sama atau bahkan bisa lebih murah;
3.    Anda tidak butuh jam atau waktu yang pasti, karena dengan memilih opsi ini, tidak ada kepastian waktu atau lama perjalanan ke Desa Sembalun, karena harus menyesuaikan dengan keberadaan atau ketersediaan transportasi umumnya (Bus Damri & Angkot);
4.    Anda membawa barang bawaan atau perlengkapan yang banyak.

-      Jadi, apabila Anda memilih opsi ini, maka total dana yang Anda keluarkan adalah :
1.    Bus Damri                       : Rp 30.000,-
2.    Angkot 1                         : Rp 5.000,-
3.    Angkot 2                         : Rp 35.000,-
4.    Total                          : Rp 70.000,- per orang
5.    Lama Perjalanan       : 4 s.d. 6 jam

2. Travel atau Sewa Mobil (Cara Nyaman & Cepat)
Sewa mobil dari Bandara Lombok ke Sembalun (Foto: www.lombokcartransport.com)
# Rute Bandara Lombok ke Desa Sembalun by Sewa Mobil
Sekali lagi kami tekankan, transportasi umum di Lombok sangatlah sulit, khususnya ketika Anda berencana mengunjungi daerah-daerah yang dikategorikan desa bukan kota, lebih sulit lagi.

Untuk perihal sewa mobil atau jasa travel, sudah pernah kami bahas sebelumnya dan Anda bisa baca disini : Informasi Lengkap : 7 Sewa Mobil Lombok Murah,Lepas Kunci & Recommended.

Biasanya orang-orang akan memilih untuk sewa mobil atau naik travel ke Desa Sembalun dan bisa dibilang opsi ini adalah opsi paling populer yang dilakukan oleh para pendaki atau wisatawan.

Untuk harga sewa mobil ke lokasi ini juga bervariasi dan bisa dikategorikan sedikit tinggi tarif sewanya, hal ini bukan tanpa alasan karena perjalanan ke Desa Sembalun menghabiskan waktu sekitar 3 s.d. 3,5 jam. Dan 1,5 jam perjalanan menuju Desa Sembalun, kita akan melalui jalur yang mendaki dan berkelok, dan pastinya ketika melalui jalur ini mobil yang kita sewa harus dipastikan dalam kondisi prima, karena bila tidak bisa mogok, serta bahan bakar yang dikeluarkan ketika kondisi menanjak lebih boros. Terakhir, mobil yang kita sewa tersebut juga akan kembali ke Bandara dalam keadaan kosong. Karena, kami pastikan sang supir tidak akan membawa tamu dengan rute Sembalun ke Bandara atau daerah lainnya.

Jadi, wajar menurut kami, kalau pihak sewa mobil atau kendaraan mematok harga yang tinggi ke Desa Sembalun dan kita harus maklumo hal tersebut dengan jarak 85 km ditambah kondisi menanjak dan berkelok.

Untuk biayanya adalah Rp 550.000 s.d. Rp 600.000,- permobil untuk sekali drop, dengan tipe mobil Toyota Avanza, Daihatsu Xenia atau Suzuki APV. Harga tersebut sudah termasuk mobil, supir & BBM.

Apabila ada yang menawarkan lebih rendah dari harga tersebut, Anda harus pastikan tidak ada biaya tambahan di tengah-tengah perjalanan (scamming) atau pastikan mobil yang Anda sewa dalam keadaan prima atau baik, supaya liburan Anda tidak terganggu di perjalanan karena harga sewa yang hanya beda Rp 50.000,-.

# Kami menyarankan untuk memilih opsi ini, apabila:
1.    Anda mengutamakan kenyamanan selama diperjalanan, jam atau waktu yang pasti, tidak mau ribet dan pastinya budget yang berlebih atau cukup;
2.    Jumlah grup Anda lebih dari 4 orang, karena biaya yang dikeluarkan bisa dibagi rata;
3.    Anda berencana untuk berbelanja perlengkapan untuk naik gunung atau singgah berfoto di tempat-tempat yang dilalui;
4.    Anda membawa barang bawaan atau perlengkapan yang banyak.

# Jadi, apabila Anda memilih opsi ini, maka total dana yang Anda keluarkan adalah :
1.    Mobil Avanza               : Rp 600.000,- per mobil
2.    Mobil Innova                : Rp 750.000,- per mobil
3.    Lama Perjalanan         : 3 s.d. 3,5 jam

3. Sewa Motor Lombok di Bandara
Sewa Motor Lombok di Bandara : IG @lombokmotorbike
Pilihan Terakhir adalah Sewa Motor Lombok di Bandara Praya.

Bagi Anda yang mau berwisata ke Desa Sembalun atau Gunung Rinjani, namun berencana untuk singgah ke obyek wisata lain misalnya Pantai Kuta Lombok, Wisata Kuliner di Mataram atau singgah di Pantai Senggigi. Kami sarankan Anda untuk menyewa sepeda motor yang bisa antar ke Bandara Lombok, karena ini sangat memudahkan untuk mengeksplor tempat-tempat wisata di Lombok.




Untuk informasi sewa motor lombok di Bandar Udara Internasional Lombok Praya, sudah kami bahas juga sebelumnya disini : Informasi Lengkap : 5 Sewa Motor Lombok di Bandara yang Murah & Recommended
 

Untuk biaya sewa motor di Lombok, kami rasa tidak berbeda jauh alias antar jasa sewa kendaraan tarif sewanya kurang lebih sama, mulai dari Rp 75.000 s.d. Rp 90.000, tergantung jenis kendaraan yang Anda gunakan dan tahun pembelian kendaraan. Untuk sepeda motor Honda Beat 110cc, biasanya tarifnya Rp 75.000 s.d. Rp 80.000 dan Honda Vario 125cc, biasanya tarifnya Rp 80.000 s.d. Rp 90.000, untuk penggunaan 1 hari (24 jam). Dan biasanya dikenakan biaya antar dan jemput kendaraan di Bandara, mulai dari Rp 50.000 s.d. Rp 125.000 untuk pulang pergi, mengingat lokasi penyedia jasa sewa motor tidak ada yang berada di dekat Bandara Internasional Lombok Praya. Biasanya lokasi mereka berada di kota Mataram dan Senggigi.

Pesan kami kepada Anda yang berencana melakukan sewa motor lombok di Bandara Praya, jangan sampai tergihur dengan tarif sewa yang terlalu murah, karena bisa jadi kendaraan yang Anda gunakan adalah motor tahun lama, bisa sekitar 10 tahun yang lalu. Selain berpotensi mengalami masalah selama di perjalanan, misalnya mogok atau tarikan sepeda motornya yang tidak lagi kuat, mengingat kondisi jalanan di Lombok di beberapa titik berupa bukit/tanjakan. Karena, ada informasi dari beberapa pejalan dan teman yang mengalami masalah dengan sewa motor di Lombok yang murah, tetapi kondisi sepeda motornya kurang layak.

Ingat, Anda ke Lombok untuk berlibur, bukan membuat masalah untuk kesalamatan Anda, jadi jangan karena sesuatu yang terkesan lebih murah, malah membuat liburan Anda terganggu. :)

# Kami menyarankan untuk memilih opsi ini, apabila:
1.    Anda mau menghemat biaya perjalanan;
2.    Anda mau cepat dan tepat waktu;
3.    Anda harus memilih sepeda motor tipe Vario 125 cc atau lebih besar dari itu;
4.    Anda berencana untuk mengeksplor wilayah Lombok setelah turun dari Gunung Rinjani;
5.    Anda membawa tas Carier;
6.    Demi keselamatan Anda, kami sarankan 1 motor sendiri, kalaupun berdua, jangan sampai membawa 2 carier (tas) besar juga. Karena kondisi jalan atau medannya menanjak, berkelok dan belum Anda kenali atau kuasai. Ingat Keselamatan Harus menjadi yang Utama.

# Jadi, apabila Anda memilih opsi ini, maka total dana yang Anda keluarkan adalah :
1.    Motor Vario 125 cc     : Rp 85.000,- per hari (24 jam)
2.    Motor Nmax 155 cc   : Rp 125.000,- per hari (24 jam)
3.    Lama Perjalanan       : 3 s.d. 3,5 jam

Demikian informasi dari kami terkait 3 Pilihan Transportasi Hemat dari Bandar Udara Internasional Lombok ke Desa Sembalun, semoga membantu perjalanan Anda.

Dan apabila Anda merasa terbantu dengan informasi yang kami berikan, jangan lupa kasih sedikit komentar dan juga share di sosial media Anda seperti Facebook, Twitter, Path atau Instagram. :)

Pesan terakhir dari kami, Jangan Lupa untuk Menjadi Pejalan Cerdas a.k.a. Smart Traveller.

Reactions:
    email this       edit

0 comments:

Posting Komentar