Kamis, 29 Juni 2023

Published Juni 29, 2023 by jelajah indonesiaku with 90 comments

Transportasi Dari Bandara Lombok Ke Gili Trawangan 2023

Rute dan Transportasi Dari Bandara Internasional Lombok ke Gili Trawangan


Transportation from Lombok International Airport to Bangsal Harbour / Gili Trawangan

Gili Trawangan menjadi destinasi utama ketika berkunjung ke Lombok dan banyak alasan para pejalan untuk mengunjungi pulau tersebut, diantaranya pantai pasir putihnya, degradasi warna air lautnya yang beda dengan daerah lainnya, spot snorkeling, spot diving, hotel/ penginapannya atau bahkan hiburan malamnya yang sangat tersohor. Banyak pesona lainnya yang dimiliki oleh Gili Trawangan yang menarik perhatian banyak pejalan dari dalam negeri dan terkhususnya luar negeri (turis mancanegara).

Semua tentang Gili Trawangan, sudah pernah kami ulas secara lengkap dan detail, bisa kamu baca disini.



Sebegitu mempesonanya pulau tersebut, namun ada hal yang masih belum banyak diketahui oleh para pejalan khususnya pejalan (turis) dalam negeri yaitu Rute dan Transportasi dari Bandar Udara Internasional Lombok ke Gili Trawangan.

Rute Bandara ke Pelabuhan Bangsal


Kali ini kami akan memberikan informasi terkait rute dan transportasi secara jelas, terperinci dan informatif, sehingga bisa membantu para pejalan melakukan perjalanan ke Gili Trawangan.

"Bagi Anda yang masih bingung dengan rute & obyek wisata yang akan dikunjungi di Lombok, Silahkan baca tulisan kami sebelumnya: Informasi Lengkap 5 Pilihan Itinerary 4 Hari 3 Malam diLombok"

Untuk informasi sewa mobil di Lombok, sudah kami bahas juga sebelumnya disini : Informasi Lengkap : 7 Penyedia Sewa Mobil di Lombok yang Murah & Recommended

Untuk pergi ke Gili Trawangan, ada beberapa cara yang dapat Anda pilih tergantung pada preferensi dan anggaran Anda. Berikut adalah beberapa opsi yang umum digunakan:

1. Melalui Bandara Internasional Lombok (LOP)
Cara paling umum untuk mencapai Gili Trawangan adalah dengan terbang ke Bandara Internasional Lombok (LOP) terlebih dahulu. Setelah tiba di bandara, Anda dapat menggunakan taksi atau layanan antar-jemput untuk menuju Pelabuhan Bangsal, yang berjarak sekitar 1-2 jam dari bandara. Dari Pelabuhan Bangsal, Anda dapat naik perahu cepat atau perahu tradisional (public boat) untuk mencapai Gili Trawangan. Perjalanan dengan perahu cepat biasanya memakan waktu sekitar 15-20 menit, sedangkan perahu tradisional memakan waktu sekitar 1-2 jam tergantung pada kondisi cuaca.

2. Melalui Pelabuhan Padang Bai di Bali
Alternatif lain adalah dengan terlebih dahulu terbang ke Bandara Internasional Ngurah Rai di Bali. Setelah tiba di Bali, Anda dapat menggunakan taksi atau layanan antar-jemput untuk menuju Pelabuhan Padang Bai, yang berjarak sekitar 1-2 jam dari bandara. Dari Pelabuhan Padang Bai, Anda dapat naik perahu cepat atau perahu tradisional (public boat) untuk mencapai Gili Trawangan. Perjalanan dengan perahu cepat biasanya memakan waktu sekitar 1,5-2 jam, sedangkan perahu tradisional memakan waktu sekitar 3-4 jam tergantung pada kondisi cuaca.

3. Melalui Pelabuhan Serangan di Bali
Opsi lain adalah dengan terlebih dahulu terbang ke Bandara Internasional Ngurah Rai di Bali. Setelah tiba di Bali, Anda dapat menggunakan taksi atau layanan antar-jemput untuk menuju Pelabuhan Serangan, yang berjarak sekitar 30-45 menit dari bandara. Dari Pelabuhan Serangan, Anda dapat naik perahu cepat atau perahu tradisional (public boat) untuk mencapai Gili Trawangan. Perjalanan dengan perahu cepat biasanya memakan waktu sekitar 2-2,5 jam, sedangkan perahu tradisional memakan waktu sekitar 4-5 jam tergantung pada kondisi cuaca.

Selain itu, ada juga opsi untuk menggunakan layanan pribadi seperti speedboat charter atau helikopter charter untuk mencapai Gili Trawangan. Namun, opsi ini biasanya lebih mahal dan tidak umum digunakan oleh wisatawan biasa.

#PERTAMA : Transportasi dari Bandara Internasional Lombok ke Gili Trawangan adalah sebagai berikut :
Kali ini kami akan memberikan informasi transportasi dari Bandara Internasional Lombok (BIL) ke Gili Trawangan dengan beberapa pilihan yaitu
1.    Pilihan Murah (hemat); atau
2.    Pilihan Nyaman, tetapi relatif lebih mahal. 


1.    Pilihan Nyaman & Cepat
Buat teman – teman yang akan melakukan perjalanan dari Bandara menuju Gili Trawangan dan memilih opsi ini, ada beberapa pilihan transportasi yang kami sarankan diantaranya sebagai berikut :
# Rute Bandara ke Pelabuhan Bangsal atau Teluk Nara
Apabila Anda tidak mau ribet dan memiliki dana yang berlebih, Anda bisa melakukan pemesanan transportasi dari Bandara menuju Pelabuhan Bangsal menggunakan beberapa pilihan, diantaranya:

  1. Travel (Recommended)
  2. Sewa Mobil di Lombok 
Berikut adalah informasi lengkapnya.
1.
TRAVEL (Recommended)
Foto Tamu Lombok Car Transport diambil dari Instagramnya

Untuk saat ini sudah ada travel (sharing shuttle atau private shuttle) yang menyediakan jasa transportasi point to point dari Bandara Internasional Lombok ke Gili Trawangan/ Bangsal dan sebaliknya (PP) yaitu Lombok Car Transport. Untuk NOMOR TELEPON  08113978642 silakan cek di website mereka di link berikut (karena terkadang ada promo tarif di websitenyawww.lombokcartransport.comatau foto-foto pelanggan mereka di Instagram yaitu di link berikut Instagram Lombok Car Transport

Selain ke Bangsal/ Gili Trawangan, travel shuttle ini juga melayani transportasi dari Bandara Lombok ke Kota Mataram dan Senggigi, transportasi dari Bangsal / Gili ke Kuta - Mawun - Selong Belanak , dan destinasi lainnya

Kami sarankan kamu harus terlebih dahulu melakukan reservasi minimal satu hari sebelumnya ke call center travelnya yaitu bisa langsung dicek ke websitenya di link berikut 08113978642 (WA/CALL/TEXT) www.lombokcartransport.com .

Kami sarankan untuk reservasi 1 hari sebelumnya

Untuk tarif dengan rute Shuttle Bandara Internasional Lombok ke Bangsal yaitu:
Rp 150.000,-/ORANG   :  Untuk 2 s.d. 5 orang penumpang

Tarif tersebut sudah termasuk welcome drink

Walaupun jumlah tamunya hanya 1 orang, tamunya tetap diantar ke Bangsal atau Mataram.
 
Menurut kami, untuk saat ini masih Lombok Car Transport yang menyediakan jasa dengan rute seperti ini dan lebih low budget, sementara unit kendaraan (mobil) yang mereka sediakan masih baru dan nyaman (AC).

Apabila Anda berencana untuk sewa mobil atau memilih private shuttle dari Bandara Lombok ke Trawangan, berikut adalah pilihan yang ditawarkan oleh Lombok Car Transport:
No.Jenis MobilTarif Bandara Lombok ke Trawangan
1.Avanza, Xenia, APVIDR 325.000 per mobil (include BBM & Driver)
2.InnovaIDR 400.000 per mobil (include BBM & Driver)
3.Innova RebornIDR 450.000 per mobil (include BBM & Driver)
4.Toyota Hiace 15 seatIDR 600.000 per mobil (include BBM & Driver)
5.Bus 30 seatIDR 1.000.000 per mobil (include BBM & Driver)
6.Bus 48 seatIDR 1.500.000 per mobil (include BBM & Driver)


2. Sewa Mobil di Lombok 
Tarifnyapun sekitar Rp 350.000 s.d. Rp 450.000 per sekali jalan
Informasi lengkap sewa mobil di Lombok, sudah kami bahas sebelumnya di link berikut Informasi Sewa Mobil di Lombok (Murah & Recommended)

# Rute Pelabuhan Bangsal ke Gili Trawangan
Kami sarankan Anda untuk menggunakan Kapal Cepat (Fast Boat), karena sudah ada jadwal penyeberangan ke Gili Trawangan yaitu setiap jam walaupun penumpangnya hanya 1 orang saja. Selain itu, waktu tempunya yang lebih singkat sekitar 7 menit dan gelombang lautnya tidak terlalu terasa. Untuk tarif penyeberangannya yaitu Rp 85.000 per penumpang.Informasi lengkap tentang transportasi dari Pelabuhan Bangsal ke GIli Trawangan, Gili Air dan Gili Meno , sudah kami bahas sebelumnya di link berikut Pelabuhan Bangsal ke Three Gili's  

# Rute Pelabuhan Teluk Nara ke Gili Trawangan
Bagi Anda yang membutuhkan penyeberangan yang private dan tanpa harus menunggu jadwal penyeberangan alias bisa langsung jalan/menyeberang setibanya di pelabuhan. Kami sarankan Anda untuk menggunakan Kapal Cepat (Fast Boat) via Teluk Nara, karena waktu tempunya yang lebih singkat sekitar 5 menit. Untuk tarif penyeberangannya yaitu Rp 350.000 per speed boat untuk satu kali penyeberangan dan bisa diisi sampai dengan 8 orang.

Informasi fast boat to gili trawangan, sudah pernah kami bahas sebelumnya, silahkan baca disini : Informasi Fast Boat ke Gili Trawangan

Ada beberapa penyedia speed boat di Pelabuhan Teluk Nara, namun kami rekomendasikan NARA SPEEDBOAT, karena pengalaman kami selama ini, mereka ontime, speedboatnya dikategorikan masih baru & layak dan sepenglihatan kami unit speedboatnya banyak. Informasi lengkapnya bisa langsung hubungi adminnya di call centrenya  atau bisa langsung ke websitenya di link berikut Website NARA SPEEDBOAT Atau Anda bisa lihat juga informasi tentang transportasi dari Pelabuhan Bangsal ke GIli Trawangan, Gili Air dan Gili Meno , sudah kami bahas sebelumnya di link berikut Pelabuhan Bangsal ke Three Gili's 

Jadi, apabila Anda memilih opsi ini, maka total dana yang Anda harus siapkan adalah Rp 200.000 s.d. Rp 425.000.

2. Pilihan Murah (Hemat)
Buat teman – teman pejalan yang mau memaksimalkan biaya (dana) perjalanannya selama di Lombok, kami sarankan untuk menggunakan opsi ini.
Transportasi yang kami sarankan adalah sebagai berikut :
  • Pertama : Rute Bandara Lombok ke Kota Mataram;
  • Kedua : Rute Kota Mataram ke Pelabuhan Bangsal;
# Rute Bandara ke kota Mataram
Pilihan Transportasinya adalah Bus Damri (AC).
Kami sarankan supaya Anda menginformasikan terlebih dahulu kepada petugasnya supaya diturunkan di Pool Damri Mataram, supaya ongkos/ tarifnya Rp 25.000,-. Karena diluar lokasi Pool Damri tersebut, ongkos/ tarifnya menjadi Rp 35.000,-. Lama perjalanan dari Bandara ke Pool Damri menggunakan Bus Damri adalah 50 menit.

Ada catatan penting yang harus kami informasikan yaitu Bus Damri beroperasi sampai penerbangan terakhir setiap harinya alias jangan khawatir sekiranya Anda menggunakan penerbangan paling akhir/ malam menuju Lombok, Bus Damri menuju kota Mataram masih tersedia. Dan loket pembelian tiket berada di dekat pintu ketibaan domestik.

Informasi lengkap tentang transportasi dari Bandara Lombok ke Mataram, sudah kami bahas sebelumnya di link berikut Transportasi Bandara Lombok ke Mataram

# Rute kota Mataram ke Pelabuhan Bangsal
Ada dua pilihan transportasi menuju Pelabuhan Bangsal, yaitu :
1. Sewa Motor
Apabila Anda ingin cepat – cepat atau segera ke Gili Trawangan ataupun berencana mengeksplor wisata Lombok (selain Gili Trawangan tentunya), kami sarankan untuk terlebih dahulu menyewa motor di kota Mataram. Selain lebih mengoptimalkan waktu Anda, menurut kami lebih menghemat biaya perjalanan. Karena di Lombok sangat sulit menemukan transportasi umum seperti angkot ataupun bus antar kota, kalau taksi ada banyak di Lombok.

Untuk biaya sewa motor di kota Mataram sekitar Rp 70.000 s.d. 80.000 perharinya, tidak termasuk bensin. Anda bisa melakukan pemesanan motor dengan menghubungi adminnya terlebih dahulu dan motor akan diantar langsung ke Pool Damri. Salah satu penyewaan motor Terbesar & Recommended di Mataram adalah Lombok Motor Bike Rental, Anda bisa menghubungi adminnya di 087765448040 (CALL/TEXT/WHATSAPP). Rental motor ini memberikan fasilitas antar motor ke Pool Damri sehingga mempermudah bagi yang ingin langsung ke Gili. 

Untuk informasi penyewaan motor di kota Mataram sudah pernah kami bahas sebelumnya, bisa Anda baca informasinya di link berikut (Informasi Penyewaan Motor di Kota Mataram). 

Informasi terakhir, Anda tidak usah khawatir perihal “Bagaimana dengan motornya, kalau saya menyeberang ke Gili Trawangan?”. Jawabannya adalah motor tidak bisa dibawa menyeberang ke Gili Trawangan, Anda harus memarkirkannya di Pelabuhan Bangsal. Terdapat banyak tempat parkir inap di sekitar Pelabuhan Bangsal dengan tarif Rp 10.000 per malam, namun kami sarankan untuk memilih tempat parkir yang indoor, supaya lebih aman.

2. Taksi
Pilihan kedua adalah menggunakan Taksi.
Ada beberapa pilihan taksi, diantaranya sebagai berikut :
Ø  Blue Bird Taksi
Ø  Express Taxi &
Ø  Rangga Taksi

Tidak usah khawatir kesulitan memperoleh taksi, karena di Pool Damri sudah banyak taksi – taksi yang mengantri. Perlu kami informasikan, taksi di kota Mataram dipastikan menggunakan Argo. Tarif taksi dari kota Mataram ke Pelabuhan Bangsal menggunakan taksi sekitar Rp 150.000 apabila melalui jalur Pusuk dan Rp 200.000 apabila melalui jalur Senggigi.

Jadi, apabila Anda memilih opsi ini, maka total dana yang Anda keluarkan adalah Rp 115.000 dan apabila berdua bisa lebih murah (hemat).

# Rute Pelabuhan Bangsal ke Gili Trawangan
Ada dua pilihan transportasi menuju Gili Trawangan, yaitu :
1. Kapal Lambat (Kayu)
Tarif penyeberangannya adalah Rp 15.000 per penumpang, namun kapal harus terisi penuh terlebih dahulu baru melakukan penyeberangan ke Gili Trawangan. Lama perjalanan sekitar 45 menit dan informasi terakhir apabila gelombang laut lagi besar, maka akan kerasa guncangannya.

2. Kapal Cepat (Fast Boat)
Tarif penyeberangannya adalah Rp 85.000 per penumpang dan sudah ada jadwal tetap penyeberangan ke Gili Trawangan yaitu setiap jam walaupun penumpangnya hanya 1 orang saja. Selain itu, waktu tempunya yang lebih singkat sekitar 10 menit dan gelombang lautnya tidak terlalu terasa.

Untuk informasi penyeberangan ke Gili Trawangan sudah pernah kami bahas sebelumnya, bisa Anda baca informasinya di link berikut (Informasi Penyeberangan ke Gili Trawangan).


#KEDUA : Rute perjalanan dari Bandar Udara Internasional Lombok ke Gili Trawangan adalah sebagai berikut :

1. Dari Bandara ke Mataram
Jarak antara Bandar Udara Internasional Lombok ke kota Mataram adalah 36 KM. Perlu kami informasikan bahwa kota Mataram ini merupakan ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat dan pasti akan dilalui apabila tujuan perjalanan kita adalah Gili Trawangan. Waktu yang dibutuhkan dari Bandara ke kota Mataram sekitar 50 menit menggunakan kendaraan bermotor dan perlu kami informasikan bahwa jalanan di Lombok sudah sangat bagus dan kecil kemungkinan macet.

Informasi lengkap tentang transportasi dari Bandara Lombok ke Mataram, sudah kami bahas sebelumnya di Transportasi Bandara Lombok ke Mataram

2. Dari kota Mataram ke Pelabuhan Bangsal (via Pusuk atau via Senggigi)
Destinasi terakhir sebelum menuju Gili Trawangan adalah Pelabuhan Bangsal, pelabuhan inilah yang menjadi pintu masuk menuju Gili Trawangan, Gili Meno ataupun Gili Air.  Apabila teman pejalan mau tahu mengenai jadwal ataupun kapal menuju gili – gili tersebut, bisa membaca informasinya di link berikut (Informasi Penyeberangan ke Gili).
Ada dua pilihan menuju Pelabuhan Bangsal, apabila kita dari kota Mataram, diantaranya sebagai berikut :

 # Via Pusuk
Apabila memutuskan melalui jalur Pusuk, maka jarak antara kota Mataram ke Pelabuhan Bangsal adalah 29 KM dan dapat ditempuh selama 50 menit perjalanan menggunakan kendaraan.
Pertimbangan memilih jalur Pusuk ini adalah jarak tempuhnya yang lebih singkat dibanding jalur Senggigi dan kita akan disuguhkan pemandangan pepohonan, karena akan melalui perbukitan. Dan kalau Anda berminat, di puncak bukit Pusuk bisa berhenti untuk menyaksikan dan memberi makan monyet, sembari menikmati sejuknya udara di puncak bukit tersebut.

# Via Pantai Senggigi
Apabila memutuskan melalui jalur Senggigi, maka jarak antara kota Mataram ke Pelabuhan Bangsal adalah 35 KM dan dapat ditempuh selama 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan.
Pertimbangan memilih jalur Senggigi ini adalah jalanannya relatif lebih lebar dan mulus dibandingkan jalur Pusuk yang berkelok – kelok dan tidak lebar. Bagi Anda penikmat pantai dan pemandangan laut, jalur ini menjadi pilihan yang menarik karena sepanjang perjalanan akan disuguhkan pemandangan laut dan pantai.

3. Dari Pelabuhan Bangsal ke Gili Trawangan
Setibanya di Pelabuhan Bangsal, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membeli tiket penyeberangan menuju Gili Trawangan, alasannya adalah karena perjalanan dari Pelabuhan Bangsal menuju Gili Trawangan harus menggunakan kapal kayu ataupun kapal cepat (fast boat). Terdapat loket penjualan tiket penyeberangan di sekitar pelabuhan tersebut.
Antara Gili Trawangan dan Pulau Lombok dipisahkan oleh laut dan jaraknya sekitar 3 KM. Lama perjalanan dari Pelabuhan Bangsal ke Gili Trawangan sekitar 40 menit menggunakan kapal kayu  dan sekitar 7 menit menggunakan kapal cepat (fast boat).

Informasi lengkap tentang transportasi dari Pelabuhan Bangsal ke GIli Trawangan, Gili Air dan Gili Meno , sudah kami bahas sebelumnya di Pelabuhan Bangsal ke Three Gili's

Demikian informasi dari kami terkait Rute dan Transportasi dan tips dari Bandara Internasional Lombok ke Gili Trawangan, semoga membantu perjalanan Anda.

Apabila kamu merasa, informasi yang kami berikan bermanfaat, silahkan bantu kami dengan menshare info ini ke sosial media kamu dan juga komen apabila ada yang didiskusikan atau ditanyakan.

Pesan terakhir dari kami, Jangan Lupa untuk Menjadi Pejalan Cerdas a.k.a. Smart Traveller.



 


cara ke
    email this       edit

90 komentar:

  1. Halo,
    mau nanya.. mana yang lebih cepat ke bangsal naik damri ke senggigi lalu taksi atau damri ke mataram lalu naik taksi?? saya landing jam 2 siang. sempet tidak langsung ke gili?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, kalau lebih cepat, menurut kami, naik damri sampai Mataram (pool Damri Sweta) terus lanjut naik taksi ke Bangsal dan saran kami ke Bangsalnya via Pusuk.

      Landing jam 2, kami rasa masih sempat menyeberang ke Gili Trawangan, karena kapal penyeberangan terakhir pukul 17.00 dari Bangsal.

      Terima kasih, Mari Jelajah Indonesia Kita.

      Hapus
    2. Kenapa lebih cepat via Mataram mas? Bukannya dari Senggigi itu sudah lebih dekat ke Bangsal dibandingkan dari Mataram ya?

      Btw info ini sangat bermanfaat. Terima kasih banyak

      Hapus
  2. Halo... boleh tanya. Ada g fastboat yg bisa di atas jam 5? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, fast boat ke gili Trawangan sudah tidak ada apabila sudah lewat dari jam 5 sore WITA.

      Hapus
  3. Halo,

    Saya dan teman-teman akan mengunjungi Lombok pada Agustus mendatang selama 4 hari 3 malam. Kami akan tiba di bandara di Lombok pada pukul 9 pagi. Kami berencana untuk menyebrang ke Gili Trawangan di hari pertama dari bandara. Berapa jam waktu yang dibutuhkan untuk mengunjungi Gili Trawangan ?
    Jika kami mengunjungi Gili Trawangan apakah perlu kami mengunjungi Pantai Senggigi juga?
    Boleh saya minta rekomendasi itinerary 1 hari di Lombok (termasuk ke Gili Trawangan) ?

    Oh ya, jika kami ingin mendaki gunung Rinjani untuk perjalanan selama 2 hari 1 malam apakah memungkinkan?

    Terima kasih

    BalasHapus
  4. Halo Priska Aprilia,

    Kalau boleh tahu, kamu tiba di Bandara Lombok jam berapa?

    Apabila kamu berencana mengunjungi Senggigi dan Gili Trawangan di hari pertama. Boleh saja dengan catatan, kamu tiba di Lombok pagi atau siang.

    Untuk rutenya :
    1. Bandar Udara Internasional Lombok (BIL) menuju Senggigi (kurang lebih 1 s.d. 1,5 jam)
    2. Dari Senggigi kamu melanjutkan perjalan ke Bangsal (kurang lebih 30 s.d. 45 menit), kami sarankan jangan kesorean, karena penyeberangan terakhir ke Gili Trawangan pukul 17.00 WITA.

    Kalau mendaki ke Gunung Rinjani selama 2 hari 1 malam, tidak direkomendasikan, kami sarankan minimal 3 hari 2 malam.

    Terima kasih, semoga bermanfaat.

    Mari Jelajah Indonesia kita. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau semisalnya mau nyebrang ke gili trawangan menggunakan fast boat yg harga 75rb per org, pembelian tiketnya apakah di pelabuhan bangsal juga?

      Hapus
    2. Dear Tria Setiani,

      Iya, belinya di bangsal juga.

      Terima kasih, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
    3. hai mau tanya dunk,
      karena saya bersama anak balita sepertinya memilh fastboat.
      untuk fast boatnya ini sama/berbeda dengan yg di teluk nare? karena saya ditawari dari rental mobil, ada fast boat bukan lewat bangsal, tapi dari teluk nare.
      tiket fastboatnya beli dimana? ada loket khusus utk fastboatnya?untuk anak balita apakah harga tiketnya sama?
      trims sebelumnya.
      infonya bermanfaat sekali

      Hapus
  5. saya akan gili trawangan 17 Agusuts 2016.. start dari hotel kami stay di Zmax D Praya Hotel, dari hotel tersebut brp lama ke pelabuhan bangsal? dan berpa dikenakan taxi?

    setelah sampai gili trawangan apakah dengan jalan kaki kami bisa puas jalan dan menikmati suasana disana? jarak satu wisata dengan wisata lain berjauhan atau dekat?? mohon bantuanya

    By Arief

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Arief,

      Dari Zmax Hotel ke pelabuhan Bangsal sekitar 1,5 s.d. 2 jam perjalanan menggunakan taxi, untuk tarifnya menggunakan taxi sekitar Rp 250.000 s.d. Rp 300.000 menggunakan Argo dan kami sarankan kamu naik taxi Blue Bird atau Express.

      Untuk di Gili Trawangan, kamu bisa saja jalan kaki, karena dari satu lokasi ke lokasi lain berdekatan kok. Silahkan siapkan energi dan air mineral saja. :) Tapi kami sarankan kalau lelah jalan kaki, silahkan sewa sepeda di sekitaran pulau Trawangan.

      Terima kasih, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  6. Pak Mohon infonya untuk kapal cepat apakah anak anak dibawah 6 tahun dihitung per kepala 75 ribu? Kemudian apa ada alternatif lain ke gili trawangan untuk rombongan 8 dewasa 4 anak anak anak? Satu lagi grup kamai datangnya tidak bersamaan ada yg jam 9 dan ada yy jam 12. Untuk yg datang jam 9 apa ada obyek wisata yg terdekat bisa dikunjungi semvari nunggu grup berikutnya sampai bandara? Trimakasih angga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Angga Novantara,

      Untuk anak dibawah 6 tahun, sepertinya tidak dikenakan biaya penyeberangan.

      Kalau kamu rombongan, kami sarankan mending menggunakan jasa charter speed boat via Teluk Nara, selain lebih hemat, menyeberangnya tidak menunggu jadwal, melainkan sesuai ketibaan kita di pelabuhan, sudah bisa langsung menyeberang ke gilinya.

      kamu bisa baca info penyeberangan ke gili, ditulisan kami sebelumnya :

      http://www.marijelajahindonesiaku.com/2012/07/informasi-penyeberangan-ke-gili-air.html

      Salam, semoga informasi kami bermanfaat, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  7. sore, mau tanya. saya rencana ke gili trawangan tanggal 11 september 2016. landing di lombok 07.55 wita, saya di lombok hanya sampai tanggal 12 sepetember 2016, lebih enak dan hemat menginap di gili trawangan atau hotel dekat bandara lombok? help please.. thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi,

      Ada 3 hotel yang dekat dengan Bandara Internasional Lombok:
      1. Hotel D' Max (sekitar 500 meter dari pintu keluar Bandara)
      2. Hotel D' Praya (sekitar 1 km dari pintu keluar Bandara)
      3. Hotel Grand Royal (sekitar 2 km dari pintu keluar Bandara)

      Salam, semoga informasi kami bermanfaat, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  8. Siang, mau nanya nih. saya kan solo traveller ke gili trawangan, mau berangkat tanggal 18-21 november. Saya dapat tiket pesawat sampai ke Lombok pukul 11.25 WITA
    kalau saya ingin jalur yg paling murah gimana ya ? apakah saya harus Naik Damri dari bandara ke Mataram lalu naek Taksi sendiri ke Pel. Bangsal ? Estimasi taksi saya sebagai solo traveller berapa ya ? thank you!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya tanggal 19-22 Nov juga ke Lombok ber2 teman saya, siapatau mau barengan ke Gili dari Mataram tanggal 19nya :D

      Hapus
    2. @hakikiblog. Boleh ikutan gabung nggk nih, klo boleh saya jg mw ke lombok. Wa saya ya di 085319740557

      Hapus
    3. Hi Anonim,

      Kalau kamu mau yang hemat, silahkan menggunakan damri kemudian lanjut menggunakan taksi atau sewa motor.

      Untuk biaya taksi sekitar 140.000 s.d. 170.000 dari Mataram ke Bangsal, tergantung rutenya (via Pusuk atau via Senggigi)

      Salam, semoga informasi kami bermanfaat, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
    4. Dear Hakikiblog dan Salahuddin Siregar,

      Semoga liburannya di LOmbok menyenangkan dan dapat cuaca yang baik.

      Salam, semoga informasi kami bermanfaat, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  9. Balasan
    1. Dear Lita,

      Terima kasih buat komennya. :)

      Semoga liburan kamu di Lombok menyenangkan dan dapat cuaca yang baik.

      Salam, semoga informasi kami bermanfaat, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  10. Hallo

    Salam Jelajah Indonesia

    1 Desember 2016 saya akan menjelajah bersama Istri ke Indonesia bagian timur, Lombok tepat nya.
    Jika tidak ada delay, akan mendarat jam 13:30 di Bandara International Lombok.

    Mohon info dong sobat, buat yang udah punya pengalaman atau yang paham daerah sana,,
    apakah ada trip sailing ke pulau komodo dengan durasi waktu 4d3n yang start dari lombok ?
    kalau ada boleh info ya yang murah tapi ga murahan :)

    karena saya sudah janji dengan istri mau ajak sailing ke pulau komodo, apa daya lah dana terbatas.

    Jika tidak ada ya info juga dong agen travel sekitar lombok dan gili yang murah tapi gak murahan service nya.


    terima kasih ya
    salam jelajah indah nya alam Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Febriansyah,

      Salam Jelajah Indonesiaku juga

      FYI, untuk sailing komodo dari Lombok ke Komodo ada, kamu bisa cek langsung di Senggigi ada officenya kok.

      Salam, semoga informasi kami bermanfaat, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  11. selamat siang. saya rencana tanggal 23 desember sampai di lombok jam 5 sore. nah sebaiknya saya menginap di hotel wilayah mana yah berhubung tgl 24 saya harus sudah sampai di Gili Trawangan. dan bagaimana transportasinya . mohon bantuannya dan terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ana Sahara,

      Kamu bisa memilih menginap di kota Mataram atau Senggigi, karena di lokasi ini yang banyak pilihan penginapan, khususnya penginapan yang murah.

      Kemudian keesokan harinya, kamu bisa naik travel atau taksi ke Pelabuhan Bangsalnya.

      Salam, semoga informasi kami bermanfaat, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  12. Tumpang tanya, sendainya jam 09.00 wita harus sudah di airport lombok, sebaiknya berangkat dari gili T jam berapa? Dan apa ada kapal charteran mengingat fastboat belum beroperasi? Mohon info biayanya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi,

      Kalau kamu pesawat jam 09.00 WITA dari Lombok, kami menyarankan start dari Gili Trawangan jam 06.30.

      Untuk kapal / speed boat charteran ada, kamu bisa baca info penyeberangan ke gili, ditulisan kami sebelumnya :

      http://www.marijelajahindonesiaku.com/2012/07/informasi-penyeberangan-ke-gili-air.html

      Salam, semoga informasi kami bermanfaat, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Salam, semoga informasi kami bermanfaat, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  13. Salam Bro......sy bercadang ke Gili Trawangan pd November 2016, is it a peak season or rainy season?
    From your info (pls correct me if I am wrong).....perjalanan ke Gili Trawangan.....Rph300-400K Taxi dari Bandara ke Pelabuhan Bangsal.....Dan Rph75K utk speed boat atau private boat Rph300-400??
    Kalau mahu booking hotel yang bagus utk acara scuba diving, hotel di area mana yang bagus utk acara ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Fadzil Ali,

      Rate dari Bandara ke Pelabuhan sekitar Rp 350.000

      Rate menyeberang ke Gili menggunakan private speed boar Rp 350.000 untuk satu speed boat

      Hotel yang bagus untuk scuba diving, bisa kamu cek MANTA DIVE.

      Salam, semoga informasi kami bermanfaat, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  14. Salam Bro......sy bercadang ke Gili Trawangan pd November 2016, is it a peak season or rainy season?
    From your info (pls correct me if I am wrong).....perjalanan ke Gili Trawangan.....Rph300-400K Taxi dari Bandara ke Pelabuhan Bangsal.....Dan Rph75K utk speed boat atau private boat Rph300-400??
    Kalau mahu booking hotel yang bagus utk acara scuba diving, hotel di area mana yang bagus utk acara ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Fadzil Ali,

      Rate dari Bandara ke Pelabuhan sekitar Rp 350.000

      Rate menyeberang ke Gili menggunakan private speed boar Rp 350.000 untuk satu speed boat

      Hotel yang bagus untuk scuba diving, bisa kamu cek MANTA DIVE.

      Salam, semoga informasi kami bermanfaat, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  15. Saya rencana ke Lombok awal tahun depan klw 3 hari 2 malam menggunakan paket wisata 2 orang habis sekitar 3 jt lebih dengan destinasi ke gili dan hutan kera apabila saya tidak menggunakan travel alias usaha sendiri naik angkutan umum, sewa motor, penginapan dll apakah bisa jika budget nya 2 jt untuk 2 orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Backpaker aja mending,, tidak hbs ko segitu.(diluar ongkos pesawat). Hutan kera bisa dilewati kalo mau ke gili via pusuk

      Hapus
  16. salam,saya lg cek in di salah 1 hotel di mataram,rencana besok mau ke gili trawangan,mungkin disana 1 atau 2 hari,dari gili trawangan saya ingin langsung ke bali,,,mohon masukannya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Melda Imelda,

      Dari kota Mataram ke Pelabuhan Bangsal silahkan menggunakan travel (cek di www.lombokcartransport.com) atau taksi.

      Kemudian dari Pelabuhan Bangsal menyeberang ke GIli Trawangan, menggunakan Kapal Kayu atau Speed Boat.

      Kalau kamu mau ke Bali, ada kok jasa speed boat dari Gili Trawangan ke Bali, ratenyapun bervariasi mulai dari Rp 350.000 s.d. Rp 650.000


      Salam, semoga informasi kami bermanfaat, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  17. Siapa yg berencana ke gili trawangan dlm waktu dekat ini /untuk tahun baru ajak saya dong,, di 085319740557

    BalasHapus
  18. Hi.. saya juga mau ke Gili awal Desember ini, Apakah harga fastboat dari Bangsal masih 75.000/orang? saya sampai di lombok jam 8am, perjalanan 1 jam ke Bangsal, sekiranya saya sampai Bangsal jam 9.30.
    Jam berapa fastboat ini berangkat ya?

    thanks before. DC

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga fastboat msih 75rb, tp mending kapal kayu aja cm 15rb cm 30mnt, dari Bandara ke Bangsal itu hampir 2 jam,

      Hapus
    2. Untuk saat ini biaya fast boat rute Pelabuhan Bangsal ke Gili Trawangan ada perubahan menjadi Rp 85.000.

      Terima kasih.

      Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  19. Om dan tante petualang
    Ada hotel recomended dibgili trawangan yg model bungalow? Tapi harga gak terlalu mahal..gak perlu pinggir pantai..
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba Sunset Palms Resort deh, tempatnya agak ke dalem dan jauh dari kebisingan best place for chillin

      Hapus
    2. Terima kasih buat infonya harmadina. :)

      Mari Jelajah Indonesia Kita.

      Hapus
  20. selamat pagi
    kami dari agen sun holiday

    mau tanya kita ada tamu ke Hotel aston gili trawangan
    3hari 2malam keberangkatan tgl 30/12/16 jam 09:00 - 12.00 kepulangan tgl 01/12/16 jam 20:30 - 21:35
    kalau sudah sampai diairport bagusnya menggunakan rute apa ya?
    mohon tolong bantu informasinya.

    BalasHapus
  21. halo mau nanya kalau dari bandara lombok ke pelabuhan bangsal berapa lama ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Amalia Shalimar,

      Dari Bandara Lombok ke Pelabuhan Bangsal kurang lebih 1,5 s.d. 2 jam perjalanan darat.

      Terima kasih, Mari Jelajah Indonesia Kita. :)

      Hapus
  22. bantu jawab ya, kurang lebih 1 jam perjalanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih buat infonya harmadina Ghany. :)

      Mari Jelajah Indonesia Kita.

      Hapus
  23. Jadi kalau mau ke Gili Trawangan itu naik DAMRI dulu dari bandara terus naik taxi lagi ya ke bangsal tolong infonya ya.terimakasih ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear BUdi Wicaksono,

      Betul, bisa seperti itu atau bisa naik travel juga, ada kok dari Bandara Lombok ke Gili Trawangan, cek saja di website mereka : http://lombokcartransport.com/

      Terima kasih, mari jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  24. Mohon info, untuk kapal yang melayani penyebrangan dari The Gilis (Trawangan, Meno dan Air) ke Bangsal adanya jam berapa aja ya? dan beli tiketnya dimana? Saya cari-cari info, adanya hanya info kapal dari Bangsal ke Gilis... Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Minarti septiani,

      Untuk penyeberangan dari Gili ke Bangsal, mulainya jam 07.00 pagi untuk kapal kayu dan jam 09.45 untuk kapal cepatnya.

      Terima kasih, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  25. Mohon infonya dari pelabuhan bangsal ke rinjani lodge memakai transpor apa ya? Ada berapa pilihan dan apa aja. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hI,

      Untuk info sewa kendaraan, bisa cek disini : http://lombokcartransport.com/

      Terima kasih, mari jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  26. Saran dong kalau saya sampai bandara hampir tengah malam baiknya gimana ya ?

    BalasHapus
  27. Mohon infonya kalo naik motor, dari mataram ke pelabuhan bangsal bisa lewat mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Zakaria Garuda,

      Kalau kamu naik motor, bisa via senggigi (lewat jalur pantai) atau via Pusuk (lewat jalur bukit).

      Untuk jarak tempuh lebih pendek via Pusuk.

      Terima kasih, Mari Jelajah Indonesia Kita.

      Hapus
  28. salam...
    pada 4 hb saya akan sampai di lompok pada jam 6.50pm, dan akan terus ke senggigi bagi meginap 1 mlm disana, keesok kan nya saya akan berangkat ke gili T , sesudah sampai di gili T , bagaimana sy bole ke hotel yg telah sy tempah.

    BalasHapus
  29. Dear Admin,
    Saya mau tanya untuk public boat dan fast boat dari Pelabuhan Bangsal Menuju Gili Trawangan paling akhir jam brpa ??

    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Noviyanty 17,

      Salam kenal, penyeberangan paling akhir jam 17.00 WITA (5 sore).

      Terima kasih, Mari Jelajah Indonesia Kita.

      Hapus
  30. misi om, mau nanya kalo dari bangsal siang mau ke bandara (penerbangan malam) pilihan transportnya enaknya gimana om?
    apakah di pelabuhan bangsal ada banyak taksi mangkal, ato ada counter travel gt om? terimakasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal, untuk transportasi sebaiknya pesan mobil aja via travel, yang recommended menurut kami LOMBOK CAR TRANSPORT, contact personnya di 082145313757 atau cek langsung website mereka di WWW.LOMBOKCARTRANSPORT.COM .

      Terima kasih, Mari Jelajah Indonesia Kita.

      Hapus
  31. Halo kak, mau tanya. Saya ada rencana ke gili tgl 11 nov mendatang. Dari bandara naik apa dan kira2 biayanya berapa? FYI saya mebawa anak 2 th. Apakah dikenakan biaya kapal utk menyebrang ke gili? Trims :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Paula Adhitia,

      Salam kenal, untuk transportasi sebaiknya pesan mobil aja via travel, yang recommended menurut kami LOMBOK CAR TRANSPORT, contact personnya di 082145313757 atau cek langsung website mereka di WWW.LOMBOKCARTRANSPORT.COM .

      Btw informasinya sudah sangat jelas di tulisan kami, coba dibaca saja dulu ya. :)

      Terima kasih, Mari Jelajah Indonesia Kita.

      Hapus
  32. Kalau saya sampai dilombok malam, dan mau langsung ke gili, baiknya gimana ya? Meningap didket pelabuhan/bandara?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Nurul Oktavie,

      Kalau tiba malam di Lombok, bisa langsung menyeberang ke Gili.

      Silahkan baca di tulisan kami sebelumnya : http://www.marijelajahindonesiaku.com/2016/01/transportasi-dari-bandara-ke-gili.html

      Terima kasih, Mari Jelajah Indonesia kita.

      Hapus
  33. Halo tanya kami akan ke lombok berlima sekeluarga selama 3 hari 2 malam. Mhn pentunjuk wisata atau rute yg paling bagus dan efektif itenary nya seperti apa? Hotel sebaiknya menginap di senggigi atau mataram. Salah satu yg akan kami khnjungi adalah gii trawanangn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Putri Jakarta,

      Untuk rekomendasi itinerary, silahkan baca di tulisan kami sebelumnya :

      http://www.marijelajahindonesiaku.com/2017/12/itinerary-lombok-4-hari-3-malam.html

      Terima Kasih, Mari Jelajah Indonesia Kita.

      Hapus
  34. kalau bawa bayi 3 bulan naik speedboat aman ga ya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ina Shese,

      Kami rasa aman saja bu, karena seed boatnya ada penutupnya.

      Terima Kasih, Mari Jelajah Indonesia Kita.

      Hapus
  35. Assalamualaikum wr.wb
    Saya mau ke lombok dan tiba di bandara lombok tgl 8 maret 2018 dan pulang tgl 10 maret
    mau bertanya unruk jalur lebih hemat lewat mana ya dan lebih enakan nginap di hotel daerah mataram atau di gili trawangan,karena tujuan mau ke gili trawangan,dan utuk transportasi di anjurkan naik apa dari bandara lombok
    Terimakasih
    jawaban anda sangat berarti untuk saya
    tnks

    BalasHapus
  36. Saya rencana tgl 14 ~ 17 April nanti ke Lombok dan ini pertama kalinya buat saya. Saya menggunakan pswt jam 11 dari Jkt dan berangkat bareng sama istri dan anak balita saya (umur 1 tahun).
    Dengan jadwal dan kondisi spt itu, rute wisata kemana saja yg sebaiknya dikunjungi:
    1. Hari pertama mungkin tidak cukup waktu utk pergi ke Gili Trawangan, jadi sebaiknya saya menikmati wisata dimana (yang bagus dan dekat dengan akses wisata ataupun lokasi jalan2 lainnya.

    2. Tgl 15 April rencana ke Gili Trawangan, sebaiknya menggunakan transportasi apa yg nyaman utk anak dan istri saya.

    3. Tgl 16 April rencana akan menginap di hotel yg tdk terlalu jauh dari airport, supaya tidak buru2. Sebaiknya dimana saya bisa menginap di hotel yg nyaman dan klo bisa murah tentunya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  37. Saya juni besok mau liburan ke lombok...tiba di bandara lombok pukul 17.00 , untuk perjalan dari bandara jam segitu ke senggigi lebih baik menggunakan apa ya..dan klo bisa harga murah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Unknown,

      Bisa naik damri atau travel.

      Lebih hemat naik damri, kalau mau lebih praktis, naik travel saja, diantar sampai penginapan, biaya perorang kalau tidak salah Rp 100.000.

      Terima kasih, Mari Jelajah Indonesia Kita.

      Hapus
  38. Balasan
    1. Dear rpchandra,

      Sementara harganya update di tahun 2018.

      Salam, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  39. Informasihnya sangat menarik jadi kepengen berlibur kesana, tapi lebih baik memang kalau liburan harus rental mobil biar bisa leluasa menikmati wisatanya Situs Judi Poker Online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga informasi kami membantu liburan Anda dan keluarga.

      Salam, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  40. slmt siang, pesawat mendarat jam 11.25 mau langsung ke gilitrawangan dan bermalam disana.
    enaknya pakai tour atau langsung pesan sewa mobil antar ke pelabuhan bangsal ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk hematnya, baiknya sewa mobil. kalau tidak mau ribet, bisa pesan paket tour.

      Hapus
  41. untuk bayi umur 2 bulan yang recomended di bawa ke daerahmana ya di lombok untuk liburan?ke gili trawangan apakah aman?

    BalasHapus
  42. Untuk infromasi yang anda berikan sangat membantu dan mudah dimengerti,,,Apakah harga tersebut masi sama/ada kenaikan untuk di tahun 2019.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  43. halo, thanks untuk informasi nya. saya ada pertanyaan mengenai fast boat ke gili trawangan, ada 2 fast boat ya sepertinya. dari bangsal 85rb dan dari nara 300rb-450rb? begitu bukan ya? tq

    BalasHapus
  44. Gili Trawangan became the main destination when visiting this Indonesian island and many reasons for travelers to visit the island, including the white sand beach.

    BalasHapus
  45. Such an enchanting island, but there are things that are still not widely known by pedestrians, especially foreign tourists in the country.

    BalasHapus
  46. Halo admin, mau nanya dong.. kalo misalnya sampai dibandara diatas jam 7 malam gimana kira-kira transportasi ke gili trawangannya? Kalau bisa langsung diantar ke hotel yang dituju.. terimakazihhhh mohon arahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, bisa saja melakukan penyeberangan ke gili trawangan, dengan cara menggunakan private fast boat. Terima kasih

      Hapus
  47. Ayo rayaoan natal dan tahun baru 2022 di lombok dan party di gili terawangan

    BalasHapus