OPEN TRIP DANAU TOBA (SUMATERA UTARA) DESEMBER 2016 by JELAJAH INDONESIAKU

Danau Toba

Membahas keindahan Indonesia memang tidak ada habisnya terlebih sejarah dan kebudayaannya. Ketiga unsur ini jugalah yang bisa kita temukan di Danau Toba, danau indah di Sumatera Utara.

Danau Toba adalah danau tektovulkanik terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara, dengan panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Danau Toba terjadi lewat letusan supervolcano yang terjadi 73.000 - 75.000 tahun lalu dan mengakibatkan kepunahan 60% populasi manusia pada saat itu. Bahkan abu vulkaniknya sampai ke Kutub Utara bahkan hampir di seluruh dunia.

Lalu akibat letusan, muncullah yang namanya Pulau Samosir. Namun, bagi masyarakat Batak, ada hikayat cerita rakyat tersendiri tentang asal mulanya Danau Toba dan Pulau Samosir ini.

Hal lainnya juga, menurut mitologi Batak, di Pulau Samosir, tepatnya di Gunung Pusuk Buhit, gunung ini adalah tempat penciptaan manusia Batak pertama kali. Danau Toba memang menyimpan segudang cerita, keindahan dan kebudayaan. Bahkan saat ini saja Danau Toba hendak didaftarkan menjadi Geopark Kaldera Toba ke UNESCO, danau yang mendapat julukan Monaco of Asia.

Nah, makanya kami Tim Jelajah Indonesiaku ingin mengenalkan lebih dekat kepada teman-teman keindahan alam Danau Toba dan kultur masyarakat Batak yang mendiami wilayah Danau Toba.



ITINERARY

JADWAL TRIP  : 1 s.d. 4 Desember 2016

HARI PERTAMA (1 DESEMBER 2016)
BANDAR UDARA KUALANAMU - PEMATANGSIANTAR - PARAPAT - PULAU SAMOSIR
Meeting point di Bandar Udara Kualanamu (Sumatera Utara), dan seluruh peserta harus tiba di Bandar Udara Kualanamu pagi hari.

Sekitar pukul 09.00 WIB seluruh peserta akan berangkat menuju Pematangsiantar, perjalanan dari Bandar Udara Kualanamu menuju Pematangsiantar ditempuh selama 3 jam. 

Peserta makan siang di Kota Pematangsiantar, salah satu kota transit menuju Danau Toba, kota yang kaya akan bangunan tua, satu-satunya di Indonesia dengan populasi BSA (Birmingham Small Arm, kendaraan perang dunia II, lebih banyak dari negara asalnya, Inggris) atau bahasa sehari-harinya dikenal dengan sebutan "Becak Siantar", terkenal dengan wisata kuliner seperti mie pansit dan roti ganda.

Setelah selesai makan siang, seluruh peserta kemudian lanjut ngopi di Kok Tong, yaitu salah satu warung kopi terkenal yang sudah ada sejak tahun 1925.

Perjalanan dilanjutkan ke Parapat, singgah di Panatapan untuk memandang Danau Toba dengan segala keindahan hutan dan bukit serta danaunya yang biru, sambil menyantap telor asin dan secangkit teh atau kopi hangat.

Setibanya di Parapat, seluruh peserta akan singgah terlebih dahulu ke rumah pembuangan Soekarno. Kemudian dilanjutkan perjalanan menuju Pulau Samosir, setibanya di Pulau Samosir, seluruh peserta langsung menuju penginapan. Peserta akan menginap di salah satu hotel di Tuktuk yang lokasinya di pinggir Danau Toba - Pulau Samosir.
Istirahat, makan malam, acara bebas dan istirahat.

HARI KEDUA (2 DESEMBER 2016)
SIGALE-GALE - MAKAM RAJA SIDABUTAR - PANGURURAN
Bangun pagi, mandi, sarapan dan langsung check out pukul 08.00 WIB. 

Destinasi pertama di hari kedua adalah Sigale-Gale di Desa Tomok. Sigale-gale adalah salah satu patung boneka mistis Batak dengan pakaian adat dan ulos. Boneka ini akan menari dengan alunan musik Batak dan asal muasal boneka ini adalah sejarah kecintaan keluarga pada anaknya yang telah meninggal. Desa Tomok merupakan pusat oleh-oleh (souvernir) di Pulau Samosir, mulai dari ukiran, patung, kain tenun dan merchandise lainnya.

Perjalanan dilanjutkan menuju Makam Batu Raja Sidabutar, makam berusia 460 tahun, salah satu raja yang sakti dan berkuasa di Samosir.

Setelah selesai dari Makam Batu Raja Sidabutar perjalanan dilanjutkan ke Desa Lumban Suhi-Suhi. Desa ini terkenal dengan penenun ulosnya (ulos: kain tenun khas Batak), karya tenun yang sudah menasional dan mendunia.

Makan siang di Pangururan (ibukota Kabupaten Samosir). Setelah selesai makan, seluruh peserta akan berkunjung ke Rumah belajar Sianjur, salah satu rumah belajar di rumah adat Batak (Ruma bolon), seluruh peserta akan berbagi cerita dan inspirasi disini.

Setelah seharian menjelajah Pulau Samosir, sore harinya seluruh peserta check in di hotel tepian Danau Toba, di Kaki gunung Pusuk Buhit, gunung asal mula orang Batak. Di kaki gunung ini terdapat sumber air panas (Hot Spring) dan airnya bersumber dari Gunung Pusuk Buhit. Seluruh peserta akan mandi air hangat disini.
Sehabis menikmati air panas, seluruh peserta akan makan malam, Istirahat, acara bebas dan istirahat.

HARI KETIGA (3 DESEMBER 2016)
TELE - TAO SILALAHI 
Bangun pagi, mandi, sarapan dan langsung check out pukul 08.00 WIB. 

Destinasi utama di hari ketiga adalah Tao Silalahi. Sebelum menuju ke Tao Silalahi, seluruh peserta terlebih dahulu singgah ke Menara Pandang Tele.

Tele adalah perbukitan paling tinggi di Pulau Samosir dan dari sini seluruh peserta bisa melihat keindahan Pusuk Buhit, Danau Toba dan desa-desa lainnya yang berada di Pulau Samosir. Tele juga adalah pembatas antara Pulau Samosir dengan daratan Sumatera. Kemudian Tele juga adalah pembatas antara tiga kabupaten yaitu Samosir, Dairi dan Humbang Hasundutan.

Selesai dari Menara Pandang Tele, perjalanan dilanjutkan menuju Tao Silalahi dan diperkirakan tiba siang hari di Tao Silalahi. Seluruh peserta terlebih dahulu check in di hotel, tepian Danau Toba dan makan siang.

Tao Silalahi adalah salah satu desa di sudut lain di kawasan kaldera Danau Toba. Desa ini masih sangat kaya akan budayanya dan memiliki sejumlah situs tua yang terawat, di desa ini juga terdapat air terjun, lembah dan perbukitan yang sangat indah. Di Tao Silalahi ini, seluruh peserta akan disuguhkan festival seni dan kebudayaan masyarakat yaitu "Silahisabungan Arts Festival", yang kegiatannya mulai dari opera Batak, musik etnis serta wahana lainnya.

Seluruh peserta dipersilahkan untuk istirahat, sehabis melepas penat dilanjutkan menikmati pagelaran Silahisabungan Arts Festival dari sore sampai malam hari.

Sehabis menikmati pagelaran, seluruh peserta akan makan malam, Istirahat, acara bebas dan istirahat. 
Sebelum beristirahat, Jelajah Indonesiaku biasanya melakukan kegiatan sharing sesion diantara seluruh peserta trip, adapun inti kegiatan ini adalah berbagi cerita, pengalaman dan hal-hal lain selama trip berlangsung, sekaligus malam penutup dari kegiatan Jelajah Danau Toba, Sumatera Utara.

HARI KEEMPAT (4 DESEMBER 2016)
AIR TERJUN SIPISO-PISO - KABANJAHE - BANDARA KUALANAMU
Bangun pagi, mandi, sarapan dan langsung check out pukul 08.00 WIB. 

Destinasi utama di hari ketiga adalah Air Terjun Sipiso-piso. Perjalanan menuju  Air Terjun Sipiso-piso akan dilewati via jalur Paropo (lingkar dalam Danau Toba) dan seluruh peserta akan disuguhkan pemandangan indah Danau Toba dan bukit yang hijau.
 
Air Terjun Sipiso-piso di Desa Tongging ini adalah salah satu air terjun terkenal di Indonesia, dengan airnya yang mengucur deras serta ketinggian air terjun yang masuk 5 besar air terjun tertinggi di Indonesia. Seluruh peserta akan singgah di air terjun sambil hunting foto.

Setelah selesai dari Air Terjun Sipiso-piso, perjalanan dilanjutkan menuju Kabanjahe dan akan makan siang di Kabanjahe, ibukota Kabupaten Tanah Karo. Setelahnya akan dilanjutkan city tour di sekitaran Kabanjahe.

Perjalanan dilanjutkan menuju Bandar Udara Kualanamu, pulang ke tempat masing-masing dan kami menyarankan peserta menggunakan penerbangan sore atau malam hari.

Trip Selesai - Mauliate, Terima Kasih, HORAS!!


INFORMASI TAMBAHAN
Kami mohon pengertiannya, rencana perjalanan (itinerary)  ini bersifat tentatif, adakalanya perubahan rute perjalanan dikarenakan kondisi alam seperti cuaca, gelombang laut dan faktor lainnya. Namun kita akan mengunjungi seluruh tempat sebagaimana yang diinformasikan di rencana perjalanan (itinerary). Terima kasih.




BIAYA PERJALANAN, PEMBAYARAN & ASURANSI

BIAYA PERJALANAN  : Rp 4.000.000,- /pax
  • Harga tersebut untuk minimal 4 orang peserta, apabila jumlah peserta kurang dari 4 maka akan ada penyesuaian biaya perjalanan. 
  • Jumlah peserta maksimum untuk mengikuti perjalanan ini adalah 10 orang.
  • Harga bisa berubah, apabila terjadi kenaikan biaya diluar perkiraan seperti misalnya kenaikan BBM dll.

JADWAL PEMBAYARAN
  • Pada saat reservasi                                                   :  50%
  • 14 hari sebelum keberangkatan (H-14)            :  50%
Apabila Anda sudah setuju dengan paket yang kami tawarkan, silahkan melakukan pembayaran ke akun kami :

1.    Bank Mandiri
161-00-1206886-7 a.n. Bonando Sukma Putra Siregar
 
INFORMASI PEMBATALAN 
  Apabila ada peserta yang membatalkan perjalanan secara sepihak maka berlaku pengembalian biaya trip dengan ketentuan sebagai berikut :
  • 180 – 101 hari sebelum trip                      50 % biaya trip 
  • Kurang dari 100 hari sebelum trip                  0% biaya trip
FASILITAS YANG DIPEROLEH
1.      Mobil (AC) selama trip berlangsung
2.      Hotel selama 3 malam di Danau Toba, Sumater Utara
3.      Makan dan minum selama trip berlangsung
4.      Tiket masuk obyek wisata
5.      Kapal penyebrangan ke Pulau Samosir 
TIDAK TERMASUK FASILITAS
1.      Tiket pesawat (PP)
2.      Tip guide dan supir
3.      Laundry

HUBUNGI KAMI
1.   Bonando Siregar
Travel Consultant
Mobile        : (+62) 87864935848
PIN BB        : 526CAD1F
Email           : jelajahindonesiaku@gmail.com
Website      : www.marijelajahindonesiaku.com  


"Mari Jelajah Indonesia Kita"
By Jelajah Indonesiaku  
                     

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.