Sabtu, 01 Juli 2023

Published Juli 01, 2023 by jelajah indonesiaku with 95 comments

Informasi Jadwal dan Harga Penyeberangan ke Gili Trawangan , Air dan Meno by Fast Boat & Public Slow Boat Tahun 2023


Kapal Publik Penyeberangan ke Gili Trawangan, Air & Meno
Kapal Publik Penyeberangan ke Gili Trawangan, Air & Meno

Informasi Terbaru per 1 Juli 2023

Berapa Biaya menyeberang ke Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air?
Berikut ini informasi terbaru (per 1 Juli 2023) mengenai biaya / harga dan jadwal penyeberangan dari Pelabuhan Bangsal ke Three Gili's yaitu Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan menggunakan kapal publik slow boat atau fast boat (private boat). 
A. Harga dan Jadwal Kapal Publik Slow Boat
No.Rute PenyeberanganTarif Penyeberangan (Rupiah)Jadwal Penyeberangan
1.Pelabuhan Bangsal ke Gili Trawangan
20.000 per orang
07.00 s.d. 17.00 WITA
2.Pelabuhan Bangsal ke Gili Meno
20.000 per orang
11.00 & 16.00 WITA
3.Pelabuhan Bangsal ke Gili Air
12.000 per orang
07.00 s.d. 17.00 WITA

B. Harga, Jadwal & Operator (Contact Person) Fast Boat 
No.Rute PenyeberanganJenis Boat
Tarif Penyeberangan Jadwal Operator/CP
1.Pelabuhan Teluk Nara ke
Gili Trawangan/ Air/ Meno
Private Fast Boat
(10 menit di laut)
Rp 350.000 per boat
(bisa diisi 7 orang)
24 Jam Bebas (Menye
suaikan jam tamu)
Nara Speed Boat
082146644381 (Link WA disini)
2.Pelabuhan Bangsal ke
Gili Trawangan/ Air/ Meno
Public Fast Boat
(25 menit di laut)
Rp 100.000 per orang
Menyeberang
per 2 jam
Koperasi Karya Bahari
Harus beli di tempat

Catatan : terdapat dua lokasi pelabuhan yang berbeda menggunakan fast boat yaitu :
1. Private Fast Boat dari Pelabuhan Teluk Nara (Bounty) dan
2. Public Fast Boat dari Pelabuhan Bangsal.

Untuk informasi semua tentang Gili Trawangan,silahkan klik disini.

Apa beda kapal lambat (public boat) dengan kapal cepat (fast boat)?
Perbedaan utamanya adalah dari segi biaya dan kenyamanan, untuk public boat jelas lebih murah, penumpang harus terisi penuh, jadwalnya tidak pasti, lebih lama di laut, untuk kenyamanan jelas kurang, pengelolanya adalah koperasi angkutan laut Karya Bahari dan pemesanannya harus di lokasi pelabuhan bangsal (beli on the spot) atau tidak bisa pesan jauh hari, berikut adalah gambaran kapal lambat (public boat):

Kapal Public Boat dari Bangsal ke Gili Trawangan
Kapal Public Boat dari Bangsal ke Gili Trawangan

sementara untuk kapal private fast boat adalah kebalikan dari kapal lambat (public boat), utamanya adalah jadwal menyesuaikan ketibaan tamu (by request) dan terdapat beberapa operator salah satunya yang recommended menurut pengalaman kami adalah Nara Speed Boat, bisa teman-teman sebelum menyeberang via Whatsapp di 082146644381 (Link WA Disini), berikut adalah gambaran private fast boat milik Nara Speed Boat:

Private fast boat ke gili trawangan
Private fast boat ke gili trawangan

Berapa lama penyeberangan ke Gili Trawangan?
Untuk jawaban atas pertanyaan berapa lama penyeberangan ke Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air, tergantung dari mana teman-teman pejalan memulai perjalanan atau menyeberang dari pelabuhan bangsal atau dari Bali dan menggunakan alat penyeberangan apa (fast boat atau public slow boat), berikut adalah ringkasan lengkap yang telah kami buat tentang lama penyeberangannya, yaitu:

No.Rute PenyeberanganJenis KapalLama Penyeberangan
1.Pelabuhan Bangsal ke Gili Trawangan
Public Slow Boat
30 - 45 menit di laut
2.Pelabuhan Bangsal ke Gili Meno
Public Slow Boat
30 - 45 menit di laut
3.Pelabuhan Bangsal ke Gili Air
Public Slow Boat
30 menit di laut
4.Pelabuhan Bangsal ke Gili Trawangan/Meno/Air
Public Fast Boat
20-45 menit di laut
5.Teluk Nara (Lombok) ke Gili Trawangan/Meno/Air Private Fast Boat
10-15 menit di laut
6.Padang Bai Bali ke Gili Trawangan/Meno/Air Public Fast Boat
2-3 jam di Laut

Kapan jadwal dan Berapa harga tiket kapal penyeberangan ke Gili Meno?
Untuk jadwal penyeberangan dari pelabuhan Bangsal ke Gili meno menggunakan public boat , berbeda dengan ke Gili Trawangan, karena penyeberangan ke Gili Meno hanya ada 2 (dua) kali penyeberangan setiap harinya yaitu berangkat pukul 11.00 WITA dengan harga tiket penyeberangan Rp20.000 per orang dan berangkat pukul 16.00 WITA dengan harga tiket penyeberangan Rp25.000 per orang. Kemudian kapal tidak harus terisi penuh seperti halnya penyeberangan ke Gili Trawangan. Berikut adalah foto jadwal dan harga tiket kapal penyeberangan dari Pelabuhan Bangsal ke Gili Meno:

Jadwal dan Harga Tiket Kapal Penyeberangan Bangsal ke GIli Meno
Jadwal dan Harga Tiket Kapal Penyeberangan Bangsal ke GIli Meno

Bagaimana cara memperoleh atau membeli tiket penyeberangan kapal publik yang murah (slow boat)?
Teman-teman pejalan harus melakukan pembelian secara langsung ke loket pembelian tiket penyeberangan pada saat mau menyeberang dan tidak dapat melakukan pembelian jauh-jauh hari atau sistem pemesanan (booking). Perlu untuk diketahui kapal publik penyeberangan ke Gili Trawangan akan menyeberang atau jalan ketika kapasitas penumpang untuk masing-masing kapal sudah terisi penuh/terpenuhi, dengan demikian maka tidak ada jam pasti kapal menyeberang namun range waktu penyeberangannya dari pukul 07.00 s.d. 17.00 WITA. 

Apakah pemesanan tiket penyeberangan kapal publik yang murah (slow boat) via online atau telepon atau WA atau HP?
Sampai saat ini pemesanan tiket kapal penyeberangan tersebut tidak dapat dilakukan pemesanan secara online, telepon, WA maupun HP, karena sistem pembelian yang diterapkan oleh pihak penjual masih offline. Untuk informasi pihak pengelola penyeberangan kapal publik dari Pelabuhan Bangsal ke Gili Trawangan, Meno dan Air adalah Koperasi Angkutan Laut Karya Bahari dan merupakan pengelola tunggal di Pelabuhan Bangsal.

Profil Singkat Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air
Sebelum saya memulainya, ada baiknya saya memperkenalkan terlebih dahulu mengenai ketiga gili tersebut.  Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan merupakan tiga pulau kecil yang terletak di sebelah barat daya pulau Lombok. Ketiga pulau tersebut merupakan destinasi favorit wisatawan domestik dan asing. Gili Air merupakan pulau yang paling dekat dengan pulau Lombok sedangkan Gili Meno merupakan pulau yang berada diantara Gili Air dan Gili Trawangan.

Untuk informasi detail rute dari Bandar Udara (Bandara) Internasional Lombok ke Gili Trawangan/ Pelabuhan Bangsal, kamu bisa baca di link berikut ini: Transportasi Dari Bandara Internasional Lombok ke Gili Trawangan (Bangsal)

Atau Anda bisa juga menghubungi jasa sewa mobil di Lombok. Untuk informasi sewa mobil di Lombok, sudah kami bahas juga sebelumnya disini : Informasi Lengkap : 7 Penyedia Sewa Mobil di Lombok yang Murah & Recommended

Public boat at Gili Trawangan

Untuk bisa mencapai ke pulau-pulau tersebut, maka kita harus menyeberang dari pulau Lombok. Starting point penyeberangan ke Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan yaitu dari pelabuhan Bangsal Pemenang dan Teluk Nara. Teluk Nara merupakan tempat penyeberangan para penumpang yang akan mencharter perahu atau kapal. Namun jangan khawatir, karena ada transportasi publik menuju ketiga pulau tersebut yaitu melalui pelabuhan Bangsal Pemenang. Pelabuhan ini dikelola oleh pihak swasta (Karya Bahari) dan berada dibawah pengawasan pemerintah daerah Kabupaten Lombok Utara. Sehingga tarif penyeberangannya pun sudah ditetapkan berdasarkan peraturan pemerintah daerah dan harganya relatif murah.
 
Apabila Anda berencana untuk menyeberang ke Gili Trawangan, Gili Air atau Gili Meno, berikut adalah resume perbandingan harga penyeberangannya:
No.Jenis KapalTarif Pelabuhan Lombok ke Trawangan
1.Private Fast Boat
IDR 325.000 per boat (waktu terserah tamu, estimasi di laut 10 menit & via Pelabuhan Teluk Nara)
2.Public Fast Boat
IDR 1.000 per orang (ada jadwalnya, estimasi di laut 20-30 menit, & via Pelabuhan Bangsal)
3.Public Slow Boat
IDR 20.000 per orang (penumpang full baru jalan, lebih lama di laut estimasi 40 menit, & via Pelabuhan Bangsal)


"Bagi Anda yang masih bingung dengan rute dan obyek wisata yang akan dikunjungi di Lombok, Silahkan Anda baca disini: Informasi Lengkap 5 Pilihan Itinerary 4 Hari 3 Malam di Lombok  "                  

 
Untuk menyeberang ke Gili Trawangan dari Lombok, Anda memiliki beberapa pilihan. Berikut adalah beberapa cara umum untuk melakukan perjalanan tersebut:
  1. Kapal Cepat (Fast Boat): Kapal cepat adalah opsi yang paling umum digunakan untuk menyeberang dari Lombok ke Gili Trawangan. Anda dapat menemukan banyak perusahaan penyedia kapal cepat di pelabuhan di sepanjang pantai barat Lombok, seperti di pelabuhan Bangsal atau Teluk Nare. Kapal cepat biasanya memakan waktu sekitar 10 hingga 30 menit tergantung pada kondisi cuaca. Harga tiket biasanya dapat.
  2. Perahu Tradisional: Jika Anda mencari pengalaman yang lebih lokal, Anda juga dapat menggunakan perahu tradisional yang disebut "perahu ketinting" untuk menyeberang ke Gili Trawangan. Perahu ini biasanya lebih lambat dibandingkan dengan kapal cepat dan memakan waktu sekitar 1 hingga 2 jam. Anda dapat menemukan perahu ketinting di beberapa tempat di sepanjang pantai barat Lombok, terutama di Seng.
  3. Layanan Penyeberangan: Beberapa resort di Lombok juga menyediakan layanan penyeberangan bagi tamu mereka. Jika Anda menginap di salah satu resort ini, Anda dapat memanfaatkan layanan penyeberangan yang disediakan oleh resort tersebut. Biasanya, kapal atau perahu yang disediakan oleh resort akan mengantar Anda langsung ke Gili Trawangan.
Kali ini kami akan memberikan informasi terkait informasi penyeberangan ke Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno, dengan beberapa pilihan, diantaranya sebagai berikut:
  1. Pilihan Nyaman dan Cepat by Speed Boat / Fast Boat ke Gili Trawangan, Air & Meno
  2. Pilihan Murah (hemat) by Slow Boat ke Gili Trawangan, Air & Meno.
1. Pilihan Nyaman dan Cepat

Bagi teman-teman yang memilih opsi ini untuk ke Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno maka akan menaiki speed boat / fast boat (kapal cepat) dan melalui pelabuhan Teluk Nara .
Adapun keuntungan dari memilih opsi ini adalah 
  • Waktu yang digunakan lebih efisien, karena setibanya di pelabuhan Teluk Nara, Anda bisa langsung menyeberang ke Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno, tanpa harus menyesuaikan jadwal speed boat / fast boat atau tamu lain;
  • Waktu tempuh untuk menyeberang lebih singkat, karena Anda langsung dibawa ke tujuan, tanpa harus singgah-singgah ke pulau-pulau lain, seperti halnya kalau menggunakan kapal penyeberangan untuk publik (umum). Lama perjalanan menyeberang ke Gili Trawangan biasanya ditempuh sekitar 7 menit saja;
  • Lebih nyaman, karena isi di dalam speed boat / fast boat hanya grup (kelompok) Anda saja dan satu speed boat / fast boat bisa menampung s.d. 7 orang;
  • Tidak ada biaya tambahan seperti biaya tiket masuk obyek wisata (seperti halnya di kapal penyeberangan untuk publik/ umum);
  • Jam operasionalnya 24 jam, mau menyeberang di malam hari juga akan dilayani;
  • Untuk biaya penyeberangan menggunakan opsi inipun bervariasi, mulai dari Rp 350.000 s.d. Rp 400.000 untuk sekali jalan.
Ada beberapa pihak yang menawarkan jasa penyeberangan ke Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno melalui pelabuhan Teluk Nara, berikut ini informasi mengenai jasa penyeberangan ke GIli Trawangan, diantaranya:
  1. NARA SPEED BOAT (penyebrangan ke Gili Trawangan - Recommended)
    Lokasinya berada di pelabuhan Teluk Nara.
    Untuk tarifnya bisa dicek / dilihat di websitenya yaitu WEBSITE NARA TRANSPORT
    Atau hubungi langsung call centernya , bisa dihubungi via Whatsapp juga di 082146644381
    Untuk melihat galeri fotonya bisa cek di  Instagram Nara Speed Boat
    Private Fast Boat ke Gili Trawangan via Pelabuhan Teluk Nara
    Private Fast Boat ke Gili Trawangan via Pelabuhan Teluk Nara
    Kelebihan memilih opsi ini adalah: 
    1. Setibanya tamu di pelabuhan, langsung menyeberang dan tanpa menunggu lama;
    2. Lebih cepat menyeberangnya, sekitar 10 menit di laut, karena posisi pelabuhan teluk nara yang lebih dekat dengan Gili Trawangan;
    3. S
    peed boat / fast boat nya masih bagus, disiapkan pelampung alias safety first;
    4. Jam operasionalnya 24 jam.
Kapal Cepat Teluk Nara ke Trawangan adalah layanan transportasi laut yang menghubungkan Teluk Nara dengan Pulau Gili Trawangan. Kapal cepat ini merupakan salah satu pilihan yang populer bagi wisatawan yang ingin mengunjungi pulau indah tersebut.

Kapal cepat Teluk Nara ke Trawangan biasanya beroperasi dengan jadwal tetap, namun dapat berubah tergantung pada kondisi cuaca dan permintaan penumpang. Rute perjalanan umumnya melibatkan perjalanan dari Teluk Nara menuju Pelabuhan Bangsal di Lombok Utara, dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Pulau Gili Trawangan.

Perjalanan dengan kapal cepat ini memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan kapal tradisional. Pertama, kapal cepat umumnya lebih cepat dalam mencapai tujuan, sehingga waktu perjalanan menjadi lebih singkat. Kedua, kapal cepat biasanya dilengkapi dengan fasilitas yang lebih modern dan nyaman, seperti kursi yang empuk, AC, dan toilet. Ketiga, kapal cepat juga menawarkan pemandangan laut yang indah selama perjalanan.

Untuk menggunakan layanan kapal cepat Teluk Nara ke Trawangan, wisatawan dapat membeli tiket di loket penjualan tiket atau melalui agen perjalanan. Harga tiket biasanya bervariasi tergantung pada musim dan operator kapal. Sebaiknya wisatawan memesan tiket sebelumnya untuk memastikan ketersediaan tempat.

Selain kapal cepat, terdapat juga opsi transportasi lain untuk mencapai Pulau Gili Trawangan dari Teluk Nara. Salah satunya adalah menggunakan kapal tradisional atau perahu nelayan. Meskipun perjalanan dengan kapal tradisional membutuhkan waktu yang lebih lama, namun pengalaman yang diberikan lebih autentik dan menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.

Dalam melakukan perjalanan dengan kapal cepat Teluk Nara ke Trawangan, penting bagi wisatawan untuk memperhatikan faktor keselamatan. Menggunakan pelampung keselamatan yang disediakan, mengikuti petunjuk awak kapal, dan menjaga kebersihan kapal adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan selama perjalanan.

Dalam kesimpulan, kapal cepat Teluk Nara ke Trawangan adalah salah satu pilihan transportasi laut yang populer untuk mencapai Pulau Gili Trawangan dari Teluk Nara. Dengan waktu perjalanan yang singkat dan fasilitas yang nyaman, kapal cepat ini menjadi opsi yang menarik bagi wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan pulau tersebut.
 
2. Pilihan Murah (hemat)

Ada beberapa hal yang perlu diketahui terkait penyeberangan ke Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air, yaitu :
  1. Penyeberangan dari pelabuhan Bangsal Pemenang ke Gili Trawangan

    Karcis Hijau - Tiket penyeberangan ke Gili Trawangan

    Penyeberangan dari Bangsal ke Gili Trawangan atau sebaliknya merupakan jalur yang paling banyak dilayani, hal ini karena banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke pulau tersebut. Penyeberangan dibuka setiap hari yaitu mulai pukul 08.00 WITA dan tutup pada pukul 17.00 WITA, tahun 2010 yang lalu jalur penyeberangan tutup pukul 15.00. Hal tersebut membuktikan, dalam dua tahun terakhir semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Gili Trawangan.
    Biaya penyeberangan menggunakan public boat adalah Rp 20.000/orang untuk sekali jalan. Namun kita bisa menyewa/ mencharter perahu ke Gili Trawangan dengan tarif Rp 500.000 untuk sekali jalan dan Rp 950.000 untuk pulang pergi.
    Ketika membeli tiket penyeberangan, maka petugasnya akan meminta dan mencatat nama calon penumpang. Kemudian petugas akan memberikan karcis dan penumpang yang akan menyeberang dikelompokkan sesuai dengan warna karcisnya (maksudnya adalah penumpang yang memiliki warna yang sama akan berada pada kapal yang sama juga). Warna karcisnyapun beragam yaitu putih, kuning, hijau, biru dan pink.
    Lama perjalanan dari Bangsal ke Gili Trawangan yaitu sekitar 25 s.d. 35 menit (tergantung besarnya gelombang).

  2. Penyeberangan dari  pelabuhan Bangsal Pemenang ke Gili Meno
    Penyeberangan dari Bangsal ke  Gili Meno hanya ada tiga kali setiap harinya yaitu pukul 09.00 WITA, 14.00 WITA dan 17.00 WITA. Sedangkan biaya penyeberangan menggunakan public boat adalah Rp 14.000/orang untuk penyeberangan pukul 09.00 WITA dan Rp 25.000 untuk penyeberangan pukul 14.00 & 17.00 WITA (untuk penyeberangan siang, walaupun penumpangnya hanya dua orang, tetap dilakukan penyeberangan) .  Namun kita bisa menyewa/ mencharter perahu ke Gili Meno dengan tarif Rp 450.000 untuk sekali jalan dan Rp 850.000 untuk pulang pergi.
    Lama perjalanan dari Bangsal ke Gili Meno yaitu sekitar 20 s.d. 30 menit  (tergantung besarnya gelombang).

  3. Penyeberangan dari  pelabuhan Bangsal Pemenang ke Gili Air
    Penyeberangan dari Bangsal ke Gili Air dimulai pukul 08.00 WITA s.d. 11.00 WITA setiap harinya. Setelah pukul 11.00 WITA tidak ada lagi penyeberangan ke Gili Air. Sedangkan biaya penyeberangan menggunakan public boat adalah Rp 12.000/ orang untuk sekali jalan. Namun kita bisa menyewa/ mencharter perahu ke Gili Air dengan tarif Rp 360.000 untuk sekali jalan dan Rp 700.000 untuk pulang pergi.
    Lama perjalanan dari Bangsal ke Gili Air yaitu sekitar 20 s.d. 30 menit  (tergantung besarnya gelombang).

  4. Penyeberangan antar pulau (Hoping Island)
    Selain melayani penyeberangan dari pelabuhan Bangsal Pemenang ke tiga pulau tersebut (Three Gili's), pihak Karya Bahari juga melayani penyeberangan antar pulau yaitu dari Gili Air ke Gili Trawangan (singgah di Gili Meno) atau sebaliknya. Dalam sehari melayani dua kali penyeberangan yaitu pukul 09.00 WITA dan 15.00 WITA, baik itu penyeberangan dari Gili Air maupun Gili Trawangan.

Informasi mengenai biaya dan jadwal penyeberangan saya peroleh pada bulan Juli 2023 dan sewaktu-waktu bisa berubah. Apabila Anda berniat mengunjungi Gili Air dan Gili Meno, maka sebaiknya datang lebih cepat ke pelabuhan Bangsal Pemenang.

Kapal lambat yang menghubungkan Pelabuhan Bangsal dengan Trawangan adalah salah satu sarana transportasi yang umum digunakan oleh wisatawan untuk mencapai Pulau Gili Trawangan. Kapal ini merupakan salah satu opsi yang paling populer karena memberikan akses yang mudah dan nyaman ke pulau tersebut.

Pelabuhan Bangsal terletak di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Pulau Gili Trawangan sendiri terletak di sebelah barat laut Lombok. Jarak antara kedua tempat ini sekitar 6 kilometer dan dapat ditempuh dengan waktu perjalanan sekitar 15 hingga 30 menit, tergantung pada kondisi cuaca dan kecepatan kapal.

Kapal lambat yang mengoperasikan rute ini biasanya berukuran sedang hingga besar, dengan kapasitas penumpang yang bervariasi. Mereka dilengkapi dengan fasilitas seperti kursi penumpang, toilet, dan ruang penyimpanan bagasi. Beberapa kapal juga menyediakan area terbuka di atas kapal untuk menikmati pemandangan selama perjalanan.

Perjalanan dengan kapal lambat dari Pelabuhan Bangsal ke Trawangan biasanya tersedia sepanjang hari, mulai dari pagi hingga sore hari. Jadwal keberangkatan dapat berbeda-beda tergantung pada musim dan permintaan penumpang. Oleh karena itu, disarankan untuk memeriksa jadwal keberangkatan terbaru sebelum melakukan perjalanan.

Selain kapal lambat, ada juga opsi transportasi lain yang dapat digunakan untuk mencapai Trawangan dari Bangsal. Salah satunya adalah menggunakan kapal cepat, yang biasanya memiliki waktu perjalanan yang lebih singkat dibandingkan dengan kapal lambat. Namun, kapal cepat umumnya lebih mahal daripada kapal lambat.

Selain itu, ada juga opsi untuk menggunakan jasa perahu sewaan atau taksi air pribadi. Ini adalah opsi yang lebih fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu atau kelompok. Namun, biaya untuk menyewa perahu atau taksi air pribadi biasanya lebih tinggi daripada menggunakan kapal lambat atau cepat.

Penting untuk diingat bahwa kondisi cuaca dan gelombang laut dapat mempengaruhi ketersediaan dan keamanan perjalanan kapal dari Bangsal ke Trawangan. Jika cuaca buruk atau gelombang laut tinggi, pelayaran mungkin ditunda atau dibatalkan demi keselamatan penumpang.

Dalam hal ini, disarankan untuk selalu memantau perkembangan cuaca dan mendapatkan informasi terbaru dari otoritas pelabuhan sebelum melakukan perjalanan. Selalu prioritaskan keselamatan dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh awak kapal atau petugas pelabuhan.

INFORMASI TAMBAHAN :
  1. Saat ini untuk menikmati obyek wisata Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan (Three Gili's), setiap pengunjung dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 2.500 (untuk wisatawan domestik) dan pembayarannya dilakukan di loket pembelian tiket penyeberangan. Perincian mengenai biaya tambahan ini adalah :

  • Tiket Masuk Rekreasi Pantai
    Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Lombok Utara Nomor 5 Tahun 2010, maka setiap pengunjung yang masuk wilayah rekreasi pantai dikenakan retribusi (biaya masuk). Sedangkan tarif retribusi (biaya) yang dikenakan adalah Rp 5.000 untuk wisatawan mancanegara (asing), Rp 1.000 untuk wisatawan domestik (anak-anak)  dan Rp 2.000 untuk wisatawan domestik (dewasa).
  • Pelayanan Terminal Penumpang Laut Kelas C
    Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 14 Tahun 2000 tentang tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada Kementerian Perhubungan, maka setiap penumpang laut kelas C dikenakan biaya sebesar Rp 500 per orang atau per penumpang kapal. 

 2. Untuk Informasi transportasi dari Bandara Internasional Lombok menuju Gili Trawangan ada di link berikut Transportasi Bandara ke Gili

cara ke gili trawangan , backpacker ke gili trawangan , madison gili trawangan , penyebrangan ke gili trawangan , liburan ke gili trawangan , cara ke gili trawangan dari bali , backpacker ke gili trawangan 2016 , ke gili trawangan dari bali , bali ke gili trawangan naik apa , dari bali ke gili trawangan naik apa , akses ke gili trawangan , d wahana gili trawangan , bali ke gili trawangan murah , ke gili trawangan dari lombok , ke gili trawangan dari senggigi , lombok ke gili trawangan berapa lama  , backpacker ke gili trawangan dari jakarta , dari lombok ke gili trawangan naik apa , travel ke gili trawangan lombok , harga kapal ke gili trawangan , wisata ke gili trawangan lombok , lombok ke gili trawangan berapa jam , ke gili trawangan dari mataram , kapal cepat ke gili trawangan , ke gili trawangan dari jakarta , dari senggigi ke gili trawangan naik apa , biaya ke gili trawangan dari jakarta , paket tour ke gili trawangan murah , akses ke gili trawangan lombok


pelabuhan bangsal , bangsal harbour , teluk nara , bangsal harbour lombok , teluk nara lombok , pelabuhan bangsal lombok , teluk nara harbour lombok , bangsal harbor lombok , bangsal harbour to gili trawangan , pelabuhan bangsal ke gili trawangan , teluk nare ke gili trawangan , teluk nara ke gili trawangan , bangsal harbour to senggigi , teluk nara harbour , teluk nara to gili trawangan , teluk nara lombok map , hotel dekat pelabuhan bangsal lombok
 

    email this       edit

95 komentar:

  1. Saya mau tanya, untuk jadwal penyeberangan Bangsal ke Gili Trawangan dan sebaliknya, hanya ada 2 jadwal yaitu 8 pagi dan 5 sore atau sepanjang jam 8-5 sore selalu ada?
    Terima kasij

    BalasHapus
  2. Penyeberangan ke gili trawangan tersedia dari jam 8 pagi s.d. Jam 5 sore. :)

    Terima kasih telah berkunjung.

    Mari Jelajah Indonesia kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak mohon info nya , rute dari lembar ke Gili Trawangan kalo via laut ­čÖĆ

      Hapus
  3. Balasan
    1. Dear Habiburrahman Hydro,

      Terima kasih

      Salam, semoga informasi kami bermanfaat, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  4. Berapa ya harga tiket ferry dari Bali ke Gili Trawangan untuk saat ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi,

      Kalau kamu dari Bali ke Gili Trawangan, ada kok jasa speed boat ratenya bervariasi mulai dari Rp 350.000 s.d. Rp 650.000 , dan untuk ferry tidak ada yang langsung ke GIli Trawangan.


      Salam, semoga informasi kami bermanfaat, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  5. Mohon informasinya apakah ada penyebrangan dari Gili trawangan ke bangsal pada hari Idul Fitri? terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai.sy jg akan brgkt pas lbrn.. ada kontak ga? Buat bbgi ibfo.tks

      Hapus
    2. Hai.sy jg akan brgkt pas lbrn.. ada kontak ga? Buat bbgi ibfo.tks

      Hapus
    3. Hi,

      DI hari lebaran, penyeberangan ke GIli Trawangan tetap beroperasi seperti biasa.

      Salam, semoga informasi kami bermanfaat, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  6. kalau dari denpasar mau ke Gili Meno, yang paling murah bagaimana rutenya dan pakai fasilitas yang mana?

    Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi,

      Kalau kamu dari Bali ke Gili Trawangan, ada kok jasa speed boat ratenya bervariasi mulai dari Rp 350.000 s.d. Rp 650.000 , dan untuk ferry tidak ada yang langsung ke GIli Trawangan.


      Salam, semoga informasi kami bermanfaat, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
    2. Kak info rute nya kalo via laut , semisal kalo saya dari lembar untuk ke Gili Trawangan Giman ­čÖĆ

      Hapus
  7. saya ma tanya dari pernyataan sebelumnya ini tahun 2012 ya?
    nah untuk tahun 2014 pembelian tiket apakah masih bisa dibeli jam 4 sore lewat ?
    sekarang biaya sewa perahu dari bangsal ke gili trawangan berapa ya? dan sampai jam berapa terakhir ?


    Namun kita bisa menyewa/ mencharter perahu ke Gili Trawangan dengan tarif Rp 185.000 untuk sekali jalan dan Rp 350.000 untuk pulang pergi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi,

      Jam operasional penyeberangan sampai jam 5 sore.

      Salam, semoga informasi kami bermanfaat, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  8. halo saya mau bertanya ya kak.
    saya ada rencana mau traveling ke lombok. di lombok mau mengindap 2 hari,lalu hari ke 3 hendak menyebrang ke Gili Meno dan dilanjutakan mengindap di Gili Trawangan..

    pertanyaan nya, kalo cuma stay di Gili Trawangan 1 hari,tetapi jikga kita mau ke Gili Meno dulu apakah waktu nya cukup ya ? karena kita mau coba untuk snorkling di Trawangan.. butuh waktu berapa lama untuk snorkling di Trawangan dan brp biaya nya ?
    mohon masukan dan info nya ya..

    makasi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Handika Vanka,

      Kami rasa, cukup kok stay 1 malam di Gili Trawangan dan kamu bisa juga menyeberang ke Gili Meno, ada jadwal kapalnya juga.

      Kalau kamu mau snorkeling, kami sarankan beli paket snorkeling 3 pulau saja (Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air) dan biasanya singgah makan siang di GIli Air atau Gili Meno. Untuk biayanya Rp 150.000 perorang.

      Salam, semoga informasi kami bermanfaat, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
    2. Bisa di infokan kontaknya yang punya paket snorkeling 3 pulau ini.

      Hapus
  9. Jika saya sampai di airport lombok jam 18.45hrs masih ada kah transport untuk ke gili trawangan pada waktu malam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyeberangan terakhir dari bangsal ke Gili Trawangan paling terakhir jam 6 sore WITA.

      Ini ada info transportasi dari Bandara ke Gili Trawangan :

      http://www.marijelajahindonesiaku.com/2016/01/transportasi-dari-bandara-ke-gili.html

      Semoga membantu. Terima kasih.

      Hapus
  10. Kalau sewa perahu di atas jam 7 malam juga tidak bisa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepengetahuan kami sudah tidak ada lagi kapal umum pukul 7 malam, khususnya pihak penyedia penyeberangan yang berada di pelabuhan Bangsal, karena pukul 5 sore kantornya sudah tutup.

      Hapus
    2. Dear Devi,

      Kalau kapal kayu sudah tidak beroperasi kalau malam, kecuali kamu mau charter private speed boat ke GIli Trawangan (beroperasi 24 jam) ratenya Rp 450.000 kalau menyeberang malam hari.

      Salam, semoga informasi kami bermanfaat, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  11. mau tanya:
    a. sebenarnya harga terbaru untuk public slow boat dari Bangsal ke Gili Trawangan, apakah Rp 10,000 atau Rp19,500?
    Karna di gambar sama penjelasana beda.

    b. Untuk sewa private boat dg harga Rp900,000 / PP. apakah itu Fast boat atau Slow boat?
    c. Apakah bisa di tawar untuk sewa private boatnya, atau harga sudah Fixed?

    Terima kasih atas informasi yg sangat bermanfaat
    Tetap travelig selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Syahrul Al Amin,

      a. Untuk saat ini tarif ke Gili Trawangan Rp 15.000 perorang. kenapa beda antara tarif di foto dengan yang kami info, silahkan lihat keterangan foto. Foto tersebut kami ambil tahun 2012;

      b. tarif tersebut untuk slow boat dengan kapasitas sekitar 20 orang;

      c. setahu kami itu sudah tarif resmi pengelola (fix), jadi tidak bisa ditawar. Kalau mau menawar kapal, bisa ke teluk Nara saja, saya rasa disitu boleh menawar tarif kapal.

      Terima kasih, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  12. Saya mau tanya, kalau penyeberangan ke trawangan dari lombok apakah ada yang fast boat? Bila ada, dimana bisa membeli tiketnya, berapa harganya dan jadwalnya keberangkatan nya jam berapa? Terima kasih atas petunjuk dan info nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada, 7-8 penyebrangan per hari pake speed boat bangsal-air-meno-trawangan pp.

      Hapus
    2. Dear Lita,

      Terima kasih untuk informasinya. :)

      Hapus
    3. Harga speed boat itu sekali jalan di kisaran berapa ?

      Hapus
    4. Dear Randi Komara,

      Tarif speed boat ke GIli Trawangan bervariasi mulai dari 350.000 s.d. 500.000 untuk sekali jalan, tergantung jumlah tamu dan jam menyeberang.

      Salam, semoga informasi kami bermanfaat, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  13. saya mau tanya, terawal penyeberangan dari trawangan ke bangsal jam berapa ya?Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang ada speed boat trawangan-meno-air ke bangsal mula jam sekitar 9pagi.

      Hapus
    2. Berapa harga tiket speed boat dari bangsal ke meno ?
      Terus jadwal sebaliknya dari meno ke bangsal apakah sama ?

      Hapus
    3. Dear Sharifah Mastura,

      Penyeberangan pertama dari GIli Trawangan jam 07.00 (untuk kapal kayu) dan jam 09.45 untuk kapal cepat.

      Salam, semoga informasi kami bermanfaat, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  14. Apakah ada public boat dari Gili Air ke Gili Meno dan Gili Meno ke Gili Trawangan ?
    Jika ada, harga tiket berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada mbak, pagi & siang tapi jadwalnya saya kurang pasti

      Hapus
    2. Dear Cici Anggraini SInaga,

      Iya, ada penyeberangan ke antar Gili (Hoping Island), untuk tarifnya tergantung rute kamu jadi sekitar Rp 35.000 s.d. Rp 45.000 one way (tidak tahu kenapa lebih mahal).

      Salam, semoga informasi kami bermanfaat, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
    3. untuk transport hoping island ini dibeli dipelabuhan bangsal atau on the spot dipelabuhan tiap gili?

      Hapus
  15. halo, apakah ada informasi untuk bagaimana transportasi dari pelabuhan bangsal ke bandara lombok praya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,

      Bisa baca informasinya disini : http://www.marijelajahindonesiaku.com/2016/01/transportasi-dari-bandara-ke-gili.html?showComment=1490175942182#c8714799184122305628

      Terima kasih, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  16. Bang ,dari trawangan ke bangsal apa ada public boat tiap waktu ? Mohon info..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Intan Amelia,

      Untuk penyeberangannya ada kok dari Senin s.d. Minggu dan jam operasionalnya jam 07.00 s.d. 17.00 WITA.

      Terima kasih, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  17. Jadwal update Public boat dari Trawangan ke Bangsal mungkin bisa ditanyakan langsung ke petugas di Trawangan (saya belum sempat update jadwal terbaru). Thx.

    Enjoy Lombok!

    BalasHapus
  18. Mohon informasi transportasi & kisaran biaya dari bandara lombok ke bangsal ya bro...thankyou

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi, info nya bisa di cek di link berikut

      http://www.marijelajahindonesiaku.com/2016/01/transportasi-hemat-dari-bandara-lombok.html

      semoga bermanfaat

      Hapus
  19. Biaya penyeberangan menggunakan public boat adalah Rp 19.500/orang untuk sekali jalan
    tapi kok karcisnya
    Gili Air Rp. 8.000
    Gili Meni Rp. 9.000
    Gili Trawangan Rp. 10.000

    So harga yang betul yang mana?????????????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca keterangan gambarnya ya dan keterangan di tulisannya ya. :)


      Terima Kasih, Mari Jelajah Indonesia Kita.

      Hapus
  20. Halo,

    Mau tanya kalau dari pelabuhan Bangsal ke Gili Meno jadwalnya kan 09.00, 14.00, dan 17.00.
    Nah, kalau dari Gili Meno kembali ke Pelabuhan Bangsalnya apakah ada jadwal juga?
    Karena setahu saya tujuan Gili Meno ini lebih sedikit dari Gili Trawangan.

    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Yuia Purnamasari,

      Untuk saat ini sudah tersedia kapal cepat dari Gili Meno ke Pelabuhan Bangsal, penyeberangan pertama jam 10.00 pagi s.d. jam 17.15 dan jalan setiap 1 jam.

      Untuk tarifnya Rp 85.000 sekali jalan.

      Salam, semoga informasi kami bermanfaat, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  21. THANKS ATAS INFORMASINYA, ARTIKEL INI SANGAT MEMBANTU SEKALI , BTW SAYA BERENCANA PERGI KE 3 PULAU TERSEBUT (GILI TRAWANGAN, GILI AIR DAN GILI MENO DENGAN MENGGUNKAN PUBLIK TRANSPORTASI , KALAU MELIHAT CATATAN DIATAS SCHEDULENYA HARUS SEPERTI INI YA , DARI PELABUHAN BANGSAL KE GILI AIR , LALU NYEBRANG KE GILI MENO LALU KE GILI TRAWANGAN , JIKA DILAKUKAN SEBALIKNYA GIMANA DLM ARTIAN KE GILI TRAWANGAN DULU, BARU KE GILI AIR TERUS KE GILI MENO ? APAKAH DI GILI MENO ADA PUBLIK TRANSPORTASI YG MENUJU KE BANGSAL. TERIMA KASIH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Anna ROmero,

      Iya, ada kapal publik dari GIli Meno ke Pelabuhan Bangsal.

      Salam, semoga informasi kami bermanfaat, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  22. Apakah di pelabuhan bangsal ada tempat nginap mobil, jika kita bawa mobil pribadi dari Bali ?

    Terima kasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak rumah2 warga sekitar pelabuhan yang digunakan untuk penitipan mobil/motor.

      Hapus
    2. Dear Sakiat GO,

      Untuk saat ini sudah banyak kok tempat parkir inap kendaraan (mobil dan sepeda motor) di Pelabuhan Bangsal.

      Hapus
  23. Kalau fast boat dari pelabuhan bangsal ke gili trawangan brp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Lombok33,

      UNtuk saat ini rate fast boat dari Pelabuhan Bangsal ke Gili Trawangan dan sebaliknya : RP 85.000 per pax.

      Semoga bermanfaat, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  24. apakah paket hopping island dari bangsal ini modelnya sama dengan paket hopping island yang trawangan? dan apakah paket ini rutin setiap hari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Aang,

      Ini bukan informasi paket pak, ini informasi tarif dan jadwal penyeberangan dari Pelabuhan Bangsal ke GIli Trawangan, Meno dan Air.

      Terima kasih, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  25. min, info dong dari pelabuhan senggigi ke gili trawangan, apakah saat ini ada? berapa tarifnya? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Jibril,

      Setahu kami kalau dari senggigi harus charter speed boat, untuk ratenya mungkin sekitar Rp 500.000 one way. Kami sih menyarankan mending lewat Pelabuhan Teluk Nara atau Pelabuhan Bangsal ke Gili Trawangannya.

      Terima kasih, mari jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  26. Pagi Gan
    Saya ada rencana dalam 1 hari dari bangsal mau menuju gili trawangan dan gili air lalu balik lagi ke bangsal
    Mau tanya lebih dahulu ke gili trawangan atau gili air ya?
    Lalu berapa tarif kapalnya dan jadwal kapal ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Septa,

      Salam kenal, Sebaiknya kamu ke Gili Air terlebih dahulu kemudian ke GIli Trawangan.

      Untuk tarif dan jadwalnya bisa dibaca di tulisan kami. :)

      Terima kasih, Mari Jelajah Indonesia Kita.

      Hapus
  27. Ka, kalau saya mau snorkling ke 3 gili tersebut saya bisa beli paket snorkling nya dmna ya? Dan kira2 harganya brp per org? rencana ke lombok januari 2018. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Tia,

      Informasi snorkeling 3 gili, bisa dibaca di tulisan kami sebelumnya : http://www.marijelajahindonesiaku.com/2017/06/informasi-paket-snorkeling-3-gili.html

      Terima kasih, Mari Jelajah Indonesia Kita.

      Hapus
  28. kalau saya dari tanjung aan mau langsung nyebrang ke gili trawangan, itu ke pelabuhan bangsal atw teluk nara yah yg lebih dekat, dan kira2 brp lama perjalanannya? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Caroline Rosiana,

      Dari Tanjung Aan ke Gili Trawangan, bisa via Bangsal atau Teluk Nara.

      Yang lebih dekat dari Teluk Nara.

      Lama perjalanan sekitar 2 s.d. 2,5 jam.

      Terima kasih, Mari Jelajah Indonesia Kita. :)

      Hapus
  29. Di gili meno ada destinasi apa selain snorkeling?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear friend,

      Selain aktivitas snorkeling, kamu bisa sepedaan keliling pulau atau berkunjung ke taman burung yang ada di gili meno.

      Terima kasih, Mari Jelajah Indonesia Kita. :)

      Hapus
  30. Min mau tanya, penyebrangan dari bangsal ke gili trawangan via fast boat per org brp ya trs beli tiketnya dimna ya? Sy rencana singgah dlu di gili trawangan untuk menaruh barang, Kalo misal dr gili trawangan mau snorkling/diving apa hrs sewa speed boat? Mohon infonya lagi min, Speed boat di pelabuhan bangsal itu apa ada 2 kategori? Mksdnya 1 khusus buat penyebrangan saja ke destinasi dan 1 nya lagi khusus yg buat langsung snorkling/diving, atau bagaimana ya?

    BalasHapus
  31. Fast boat dari Pelabuhan Bangsal ke Gili Trawangan dan sebaliknya : RP 85.000 per pax -- adakah ini maksudnya harga untuk 1 way atau 2 way?
    Untuk dari Gili Trawangan ke Bangsal jam berapa fast boat terawal & berapa lama ya masa perjalanan? Thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tarif 85.000 perpax untuk one way.

      Terima kasih.

      Salam, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  32. Kalau dari bangsal ke gili air-ke gili meno-ke gili trawangan- kembali ke bangsal biaya brp ya pak? Untuk public boat aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan bca informasinya di tulisan kami pak, sudah sangat jelas.

      Terima kasih.

      Salam, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  33. speed boat atau fast boat dr gili trawangan kebangsal terbagi jam brp ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Smartnews,

      fast boat tersedia setiap jam dan beroperasi s.d. jam 5 sore.

      Terima kasih, Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  34. apakah menyebrang dengan public boat dilengkapi life jacket? lalu perbandingan waktu tempuh public boat dengan fast boat berapa lama? mohon informasinya, trims

    BalasHapus
  35. Hi Min, Mau nanya jika mau naik Fastboat dari Gili Trawangan ke Bali, Apakah harus membeli tiketnya jauh2 hari terlebih dulu?Apakah bisa beli on the spot? Apakah ada mode transportasi lain selain Speedboat untuk ke Bali? Sanur/Nusa Dua?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Christine Soesanto,

      Untuk pembelian tiket penyeberangan / fast boat, sebaiknya beli pada saat berangkat saja, karena banyak pilihan juga, tidak perlu khawatir kekurangan tiket. kecuali pada saat high season.

      Semoga informasinya bermanfaat.

      Salam, Mari Jelajah Indonesia Kita. :)

      Hapus
  36. Mnta info min, tgl 25 sept apkh fast boat dr bangsal k GT sdh ops? Harganya msh 85rb atau sdh berubah min? Trus apakh bs dibeli lsg saat d bangsal atau hrs pesan sblmnya, tq infonya min ­čÖĆ

    BalasHapus
  37. Hi, terimakasih atas informasi yang sangat bermanfaat. Jika diizinkan utk bertanya, saya ingin tanya apakah bisa charter speed boat dari pulau lombok ke gili trawangan dan langsung ke pantai pink? Dan berapa kira2 rate harganya? Terimakasih

    BalasHapus
  38. Min saya baca klo beli public boat yg 15 rb itu wrna karcis nya beda2 ya. Nanti pas mau brgkat kapalnya, dikelompokkan sesuai warna. Kalau 1 kluarga apa bs request wrna tiket yg sama smua?

    BalasHapus
  39. href="https://istanbulolala.biz/">https://istanbulolala.biz/
    MNVL

    BalasHapus