Rabu, 12 Mei 2021

Published Mei 12, 2021 by jelajah indonesiaku with 0 comment

Informasi Lengkap Layanan Tes Genose C19 di Lombok

Tes Genose C19

Kabar baik bagi penumpang yang akan melakukan perjalanan keluar dari pulau Lombok, khususnya melalui perjalanan udara, karena terhitung sejak kamis tanggal 29 April 2021 General Manager (GM) Bandara Internasional Lombok telah memperbolehkan penumpang menggunakan hasil tes GeNose C19 sebagai salah satu syarat melakukan penerbangan ke luar pulau Lombok. Sebagaimana telah diatur dalam Surat Edaran Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), yang menjelaskan bahwa penggunaan alat deteksi dini COVID-19 berbasis embusan napas hasil produksi dalam negeri, yaitu GeNose C19, akaniperluas pada seluruh moda transportasi sebagai alternatif skrining kesehatan pelaku perjalanan orang dalam negeri dalam masa pandemi COVID-19ali ini kami akan memberikan informasi terkait rute dan transportasi secara jelas, terperinci dan informatif, sehingga bisa membantu para pejalan melakukan perjalanan ke Gili Trawangan.
 
Adapun maksud dan tujuan penggunaan alat deteksi dini COVID-19 tersebut adalah sebagai berikut:
  1.  meningkatkan penerapan protokol kesehatan dalam kebiasaan baru bagi terciptanya kehidupan yang produktof dan aman COVID-19;
  2.  mencegah terjadinya peningkatan penularan COVID-19; dan
  3.  melakukan pembatasan pelaku perjalanan pengguna moda transportasi udara, laut, kereta api, dan darat.
 
Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat langsung mendownload : Surat Edaran Nomor 12 Tahun 2021

Dimana saja lokasi Tes Genose C19 di Lombok :
Untuk sementara ini lokasi tes GeNose C19 hanya ada di satu lokasi saja yaitu di lokasi parkir Bandar Udara Internasional Lombok atau Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid yang berlokasi sekitar 30 km dari pusat kota Mataram atau 10 km dari pusat kota Praya.
Pelaksana tes oleh Laboratorium Klinik Cyto.
 

Berapa Biaya Tes Genose C19 di Lombok
Biaya tes GeNose C19 terbagi menjadi 2 tarif, diantaranya yaitu:
  1. Rp 40.000,- sekali tes, bagi orang/ penumpang yang telah memiliki tiket penerbangan/ e-tiket penerbangannya sudah terbit atau boarding pass;
  2. Rp 50.000,- sekali tes, bagi masyarakat umum.
Untuk saat ini tes GeNose C19 merupakan tes pendeteksi COVID-19 paling murah di Lombok.

Berapa Lama Hasil Tes Genose C19 di Lombok
Proses pelaksanaan tes GeNose C19, diantaranya yaitu:
  1. Registrasi/ pendaftaran serta pembayaran biaya tes, kurang lebih 5 menit, tergantung panjangnya antrian orang yang mengikuti tes, baik tes antigen, anti body, PCR/swab;
  2. Masuk ke bilik untuk melakukan tes pernapasan, kurang lebih 2 menit;
  3. Menunggu hasil tes, kurang lebih 10 menit s.d. 15 menit, tergantung antrian yang melakukan tes.
Jadi estimasi pelaksanaan tes GeNose C19 adalah 15 s.d. 30 menit, hal ini tergantung berapa banyak orang/ penumpang yang melakukan tes. Kami menyarankan bagi Anda yang melakukan penerbangan, melakukan tes tersebut paling lambat 2 jam sebelum penerbangan.

Bagaimana Apabila Hasil Tes Genose C19 Reaktif
Apabila hasil dari tes GeNose C19 yang Anda lakukan adalah reaktif, maka sebaiknya Anda melakukan tes ulang menggunakan tes Antigen dengan biaya Rp170.000 di tempat yang sama yaitu Laboratorium Klinik Cyto. Ketika hasilnya negatif, maka Anda dapat melanjutkan perjalanan atau penerbangan dan apabila tidak maka Anda harus didata terlebih dahulu untuk dilakukan pengujian lebih lanjut.
 
Hal Apasaja yang Harus Dilakukan Sebelum Tes Genose C19
Sebelum melakukan tes GeNose C19, alangkah baiknya Anda menghindari hal-hal sebagai berikut:
  1. Dilarang makan dan minum (kecuali air putih/mineral) 30 menit sebelum melakukan tes GeNose C19;
  2. Dilarang merokok 30 menit sebelum melakukan tes GeNose C19.
Karena pengujian tes GeNose C19 menggunakan pernapasan, maka sebaiknya 30 menit sebelum melakukan tes hindari hal-hal yang dapat membuat hasil tes Anda reaktif.
 
 Mohon Informasi Jam Layanan Tes Genose C19 di Lombok
Laboratorium Klinik Cyto melayani Tes Genose C19 dan tes lainnya mulai dari pukul 06.00 s.d. 16.00 WITA.
 
Apakah Hasil Tes Genose C19 Dapat Diguakan Berulangkali
Hasil dari tes GeNose C19 hanya dapat Anda gunakan untuk penerbangan yang akan dilakukan di hari yang sama dan apabila akan melakukan perjalanan/penerbangan di hari yang berbeda maka Anda harus melakukan tes kembali.
 
Apakah Hasil Tes Genose C19 Dapat Diguakan Di Seluruh Wilayah Indonesia
Jawabannya adalah TIDAK.
Alasannya adalah terdapat beberapa daerah yang mewajibkan penumpang yang akan memasuki daerahnya menggunakan tes RT-PCR atau rapid test antigen.

Berikut adalah daerah-daerah yang mewajibkan calon penumpang melakukan tes RT-PCR (swab), diantaranya yaitu:
  1. Pulau Bali (Dasar hukumnya : Surat Edaran Nomor 12 Tahun 2021 tanggal 26 Maret 2021);
  2. Kalimantan Tengah (Dasar hukumnya : Surat Edaran Gubernur Kalimantan Tengah No 443.1/ 40/ Satgas Covid-19 tanggal 13 April 2021);
  3. Kalimantan Barat.
Jangan sesekali mencoba menggunakan tes antigen atau tes GeNose C19 ke tiga daerah tersebut, dengan harapan petugas bandara akan memberi toleransi kepada Anda, hal tersebut tidak akan terjadi. Anda dipastikan di tolak untuk melakukan penerbangan, malah akan membuat tiket penerbangan Anda hangus atau tidak dapat direfund.

Sebaiknya Anda melakukan tes RT-PCR, paling lambat 2 x 24 jam sebelum penerbangan, karena hasil dari tes tersebut membutuhkan waktu yang lama.

Demikian informasi mengenai tes GeNose C19 di Lombok, semoga informasi ini bermanfaat dan melancarkan perjalanan Anda.
Apabila kamu merasa, informasi yang kami berikan bermanfaat, silahkan bantu kami dengan menshare info ini ke sosial media kamu dan juga komen apabila ada yang didiskusikan atau ditanyakan.

Pesan terakhir dari kami, Jangan Lupa untuk Menjadi Pejalan Cerdas a.k.a. Smart Traveller.



 


cara ke
    email this       edit

0 comments:

Posting Komentar