Kamis, 15 November 2018

Published November 15, 2018 by with 0 comment

Informasi Lengkap Pendakian Gunung Rinjani dari Sembalun Lombok atau Senaru

Bonando Siregar di Danau Segara Anak Rinjani

Setelah sebelumnya kami menulis tentang transportasi dari Bandara Internasional Lombok ke Taman Nasional Gunung Rinjani (Sembalun Lawang), yang bisa Anda baca disini : 3 Pilihan Transportasi dari Bandara Lombok ke Sembalun (Pos Pendakian Rinjani)


Kali ini kami akan memberikan tulisan tentang informasi lengkap tentang pendakian ke Gunung Rinjani dan kami bagi ke dalam beberapa sub judul, diantaranya sebagi berikut:
1.    Operator Gunung Rinjani ;
2.    Guide & Porter di Gunung Rinjani ;
3.    Informasi Tiket Masuk Gunung Rinjani ;
4.    Rekomendasi Itinerary Pendakian Gunung Rinjani ;
5.    Hal – Hal Yang diperhatikan Ketika Mendaki Gunung Rinjani ;
6.    Informasi Tambahan.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan memudahkan aktivitas liburan Anda di Lombok.

Operator Gunung Rinjani
Bagi Anda yang berencana mendaki atau mengunjungi Gunung Rinjani, tanpa perlu repot atau menghabiskan waktu untuk menyusun seluruh rangkaian liburan Anda ke Gunung Rinjani. Kami menyarankan kepada Anda untuk menggunakan jasa operator gunung rinjani yaitu penyedia jasa paket wisata pendakian ke Gunung Rinjani.

Jadi, Anda tinggal mempersiapkan dana/biaya dan fisik Anda, karena dengan menggunakan jasa operator ini, seluruh aktivitas Anda akan disusun dan dipersiapkan oleh pihak operator. Mulai dari penjemputan di Bandara Internasional Lombok atau lokasi yang disepakati di Lombok sampai dengan penginapan, makanan, transportasi dan akhirnya Anda pulang ke tempat masing-masing.

Untuk saat ini sudah sangat banyak penyedia jasa operator Pendakian Gunung Rinjani di sekitar kaki Gunung Rinjani (Sembalun dan Senaru). Namun kami hanya akan menginformasikan tiga operator Pendakian Gunung Rinjani, karena ketiga operator ini merupakan pemain lama dan sudah terkenal di kalangan pendaki dalam negeri maupun mancanegara, diantaranya sebagai berikut:

1.    John’s Adventures
Operator Pendakian Gunung Rinjani ini, sudah memulai usahanya sejak tahun 1982 (berdasarkan informasi pada websitenya).
Operator ini menawarkan beberapa menu pendakian, diantaranya : Paket Gunung Rinjani 4D3N. 3D2N dan 2D1N.
Fasilitas yang diberikan oleh operator ini adalah:
  • Tenda;  
  • Slepping bag ;
  • Kasur & Bantal ;
  • Tenda makan malam ; 
  • Kursi trekking ; 
  • Tenda toilet ; 
  • Sarapan, Makan siang dan Makan malam. 
Kantor pemasarannya berada di Senaru (sekitar 2 km dari pintu masuk rinjani)
Informasi lebih lanjut, bisa langsung menghubungi : 08175788018

Atau kunjungi website mereka di : www.rinjanimaster.com


2.    Rudy Trekker
Operator Pendakian Gunung Rinjani ini berlokasi di daerah Senaru, selain menyediakan paket wisata Gunung Rinjani, operator ini juga menyediakan penginapan di Senaru, serta layanan penjemputan di Bandara Internasional Lombok.
Operator ini menawarkan beberapa menu pendakian, diantaranya : Paket Gunung Rinjani 4D3N. 3D2N dan 2D1N.
Fasilitas yang diberikan oleh operator ini adalah:
  • Tenda;  
  • Slepping bag ;
  • Kasur & Bantal ;
  • Tenda makan malam ; 
  • Kursi trekking ; 
  • Tenda toilet ; 
  • Sarapan, Makan siang dan Makan malam. 
Kantor pemasarannya berada di Jalan Pariwisata Senaru (di dekat pintu masuk Air Terjun Sendang Gila)

Informasi lebih lanjut, bisa langsung menghubungi : 081239299896

Atau kunjungi website mereka di : www.rudytrekker.com


3.    Senaru Trekking
Operator Pendakian Gunung Rinjani ini berlokasi di daerah Senaru, ada unik dari operator ini yaitu mereka akan memberikan potongan 5% apabila Anda membantu mereka membawa turun sampah-sampah yang ada di area Gunung Rinjani.

Operator ini menawarkan beberapa menu pendakian, diantaranya : Paket Gunung Rinjani 4D3N. 3D2N dan 2D1N.

Fasilitas yang diberikan oleh operator ini adalah:
  • Tenda;  
  • Slepping bag ;
  • Kasur & Bantal ;
  • Tenda makan malam ; 
  • Kursi trekking ; 
  • Tenda toilet ; 
  • Sarapan, Makan siang dan Makan malam.  
Kantor pemasarannya berada di Senaru.

Informasi lebih lanjut, bisa langsung menghubungi : 0818540673

Atau kunjungi website mereka di : www.senarutrekking.com



Guide & Porter Gunung Rinjani
Pendakian ke Gunung Rinjani, tidak disarankan untuk dilakukan sendirian, tanpa didampingi teman ataupun guide. Khususnya bagi yang tidak pernah ke Gunung Rinjani, karena beberapa kejadian pendaki meninggal duni di Gunung Rinjani. Penyebabnyapun bermacam-macam, ada karena tersesat, ada karena kedinginan dan kelelahan dan alasan – alasan lain. Niat awalnya mau berlibur, malah menjadi bencana dan membuat repot orang lain (petugas).

Bagi Anda yang berkeinginan mendaki Gunung Rinjani, namun dana terbatas atau tidak sanggup membeli paket wisata dari jasa operator, Anda bisa menyewa jasa guide atau porter. 

Bedanya guide dan porter disini adalah guide merupakan orang yang akan memandu Anda selama di area pendakian Gunung Rinjani, namun tidak akan mebawa barang bawaan (perlengkapan dan makanan) Anda. Sementara porter merupakan orang yang akan membawa barang – barang Anda, dengan demikian Anda tinggal membawa perlengkapan pribadi sesuai kebutuhan saja seperti air mineral, gadget dan obat pribadi. Selain itu, tugas porter juga adalah memasakkan makanan Anda selama di perjalanan.

Tarif guide dan porter di Gunung Rinjani sudah disepakati oleh paguyuban yaitu:
  • Tarif Guide : Rp 250.000 perharinya
  • Tarif porter : Rp 225.000 perharinya
Dan tarif tersebut dapat berubah sewaktu – waktu, tergantung kesepakatan antara paguyuban dengan pihak Taman Nasional Gunung Rinjani.


Informasi Tiket Masuk Gunung Rinjani
Untuk melakukan aktivitas pendakian di Taman Nasional Gunung Rinjani, Anda harus membayar biaya administrasi (tiket masuk), dengan rincian sebagai berikut:
  • Warga Negara Indonesia : Rp 5.000,-/ orang
  • Warga Negara Asing : Rp 150.000,-/ orang


Bonando Siregar : Pendakian ke Gunung Rinjani Lombok - Blog Mari Jelajah Indonesiaku

Itinerary Pendakian Gunung Rinjani, Lombok, Indonesia
Pendakian yang populer dan kami rekomendasikan adalah 5 hari 4 malam (5D4N) yang dimulai dari Senaru dan berakhir di Sembalun Lawang. Kenapa kami menyarankan pendakian selama 5 hari, karena membuat pendakian Anda lebih aman, terhindar dari resiko cedera (tidak buru-buru) dan yang lebih utama membuat Anda semakin menikmati alam.

Berikut adalah itinerary pendakian yang kami sarankan:
Hari Pertama : Pos I Senaru ke Pos III (Lama pendakian 5 – 6 jam)
Sebelum memulai pendakian, terlebih dahulu Anda harus melakukan pendaftaran di Pusat Pendakian Rinjani yang berada di Senaru. Setelah selesai melengkapi administrasi dan mendapatkan ijin untuk mendaki, Anda bisa melanjutkan pendakian.

Tipikal trek ini adalah rindang, sejuk dan medan yang terjal (mendaki), berbeda bila dibandingkan dengan jalur pelawangan Sembalun yang panas, tidak terjal di awal-awal dan jalur yang panjang.

Setibanya di Pos III, Anda bisa menginap disini, karena di pos ini bisa kita peroleh air selain itu, pos III merupakan spot foto terbaik untuk merekam Danau Segara Anak dan puncak Gunung Rinjani.

Hari Kedua : Pos III Senaru ke Danau Segara Anak & Aiq Kalak (Lama perjalan 4 jam)
Perjalanan Anda di hari kedua, bukan mendaki melainkan turun, karena Anda menuju Danau Segara Anak. Perjalanan menurun merupakan yang paling beresiko ketika melakukan aktivitas pendakian, karena berpotensi mengalami cedera. Hal ini karena kita menahan beban tubuh dan barang-barang yang kita bawa. Bagi Anda yang menggunakan jasa operator Pendakian Gunung Rinjani, mungkin sedikit beruntung, karena tidak membawa beban berat. Sementara bagi Anda yang tidak menggunakan jasa operator pendakian, tetap berhati-hati, jangan sampai cedera mengganggu liburan Anda di Gunung Rinjani.

Estimasi waktu yang dibutuhkan sampai di Danau Segara Anak adalah sekitar 4 – 5 jam.

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di Danau Segara Anak adalah berendam di permandian air panas Aiq Kalak, untuk merefleksikan otot-otot yang sedikit menegang.

Hari Ketiga : Aiq Kalak ke Pelawangan II (Lama pendakian 3 – 4 jam)
Setelah seharian beristirahat di area Danau Segara Anak, saatnya kembali melakukan pendakian menuju Pelawangan II.

Pelawangan II ini adalah lokasi persinggahan para pendaki sebelum melakukan pendakian ke puncak Gunung Rinjani.

Selain itu, tempat ini merupakan spot terbaik menikmati sunset dengan latar/ pemandangan Danau Segara Anak dan hamparan pohon pinus.

Kami menyarankan kepada Anda untuk memanfaatkan waktu beristirahat di Pelawangan II, karena pendakian ke puncak Gunung Rinjani menghabiskan banyak tenaga, jadi siapkan mental, makanan dan pikiran optimis Anda, agar supaya pendakian ke puncak Gunung Rinjani tercapai.

Hari Keempat : Pelawangan II ke Puncak Rinjani (Lama pendakian 6 – 7 jam)
Perjalanan menuju Puncak Gunung Rinjani adalah perjalanan yang sangat melelahkan dan menghabiskan hampir 40%  – 50 % tenaga dari seluruh perjalanan yang Anda lakukan.

Biasanya para pendaki memulai pendakian mulai pukul 03.00 WITA dini hari, atau lebih awal, karena para pendaki ini menyaksikan hadirnya matahari (sunrise) tepat ketika mereka sudah tiba di puncak Gunung Rinjani (3726 mdpl/ meter diatas permukaan laut). 

Lama perjalanan dari Pelawangan II ke Puncak Gunung Rinjani bervariasi mulai dari 3 – 6 jam, tergantung kekuatan dan ketahanan fisik Anda. Untuk tim Blog Mari Jelajah Indonesiaku sendiri menghabiskan waktu selama 6 jam, hingga akhirnya tiba di Puncak Gunung Rinjani.

Pendakian ke Puncak Gunung Rinjani ini sangat melelahkan karena mendekati puncak, Anda akan berhadapan dengan medan berpasir dan juga terjal. Ketika Anda melangkah, Anda bisa malah turun, oleh karena itu, astikan Anda membawa alat bantu seperti tongkat atau kayu sebagai penopang. Selain itu, tantangan lainnya adalah dari sesama pendaki, karena ketika berjalan menimbulkan debu dan sedikit mengganggu pernapasan serta penglihatan. Jadi selain siapkan mental dan fisik, jangan lupakan siapkan perlengkapan pendukung lainnya.

Turun dari puncak Gunung Rinjani tidak selama ketika mendaki, hanya 1 – 2 jam. 

Ada dua pilihan setibanya di Pos Pelawangan II yaitu beristirahat satu hari lagi di Pelawangan II atau melanjutkan perjalan ke Sembalun Lawang. Apabila Anda melanjutkan perjalanan ke Sembalun Lawang, kemungkinan besar anda tiba sudah sangat sore atau bahkan malam hari.

Informasi tambahan : di Pos Pelawangan II ini kita bisa menemukan air dan airnya sangat segar sekali, silahkan Anda coba sendiri.

Hari Keempat/ Kelima : Pelawangan II ke Sembalun Lawang (Lama pendakian 6 – 7 jam)
Perjalanan di hari terakhir merupakan perjuangan terakhir Anda dengan sisa – sisa tenaga yang ada. Dan jalur ini merupakan jalur terberat kedua setelah pendakian ke Puncak Gunung Rinjani.

Tipikal jalur ini adalah menurun, panjang dan panas. Siapkan minuman yang cukup, karena pastinya Anda akan kehausan sepanjang perjalanan.

Pesan kami bagi Anda, mohon untuk mendahulukan teman-teman yang sedang mendaki (naik), karena sepanjang perjalanan kita akan banyak berpapasan dengan para pendaki yang datang dari Sembalun Lawang. Dan juga, berhati-hatilah Anda,  karena jalur menurun beresiko cedera.

Selesai, Anda tiba di Pusat Informasi Rinjani di Sembalun Lawang.


Hal – hal Yang Harus Dipersiapkan Pada Saat Mendaki Gunung Rinjani
Sebelum mendaki Gunung Rinjani, ada baiknya Anda terlebih dahulu mempersiapkan, apa saja yang harus dibawa pada saat melakukan pendakian, yaitu:
  1. Tenda ;
  2. Slepping Bag ; 
  3. Peralatan Masak dan Makan ; 
  4. Matras ; 
  5. Gas ; 
  6. Terpal ; 
  7. Senter & Lampu Makan ; 
  8. Bahan Makanan (Beras, daging (lauk), sayur & buah – buahan) : 
  9. Obat – obatan Pribadi. 

Perlu untuk diperhatikan, ketika mendaki gunung, pastikan tubuh Anda mendapatkan makanan yang cukup dan bergizi, karena tubuh Anda melakukan aktivitas luar biasa/ tidak normal, jangan sampai tubuh Anda drop karena kurangnya asupan gizi dan makanan.

Merupakan kebiasaan para pendaki di Indonesia, membawa makanan – makanan cepat saji ketika melakukan pendakian, karena pertimbangan lebih murah, mudah diolah dan yang penting kebersamaan dengan teman – teman. Menurut pandangan kami, hal itu tidak salah, namun alangkah baiknya supaya aktivitas liburan Anda lebih menyenangkan, berilah tubuh Anda makanan yang bergizi dan berkualitas.


Informasi Tambahan
Bagi Anda yang berniat mencari informasi tambahan mengenai Gunung Rinjani, misalnya, apakah Gunung Rinjani sudah bisa didaki, tarif masuk yang terbaru dan informasi-informasi lainnya, bisa menghubungi :
1.    Taman Nasional Gunung Rinjani (Rinjani National Park)
Nomor telepon : 0370-6608874 dan website : www.rinjaninationalpark.com
Pada website resmi Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Anda akan medapat banyak informasi tentang wisata alam Gunung Rinjani.

2.    Rinjani Trekking Club
Nomor telepon : 0370-693202 dan website : www.info2lombok.com

Terima kasih, Apabila Anda merasa tulisan kami ini bermanfaat dan membantu, silahkan bantu share ke sosial media Anda (Facebook, Twitter, Google Plus, Instagram dan socmed lainnya), untuk membantu teman – teman lainnya yang membutuhkan informasi ini. Mari Jelajah Indonesia kita.

Reactions:
    email this       edit

0 comments:

Posting Komentar