Jumat, 16 November 2018

Published November 16, 2018 by with 0 comment

Informasi Lengkap Desa Wisata Tetebatu, Sikur, Lombok Timur

Tetebatu


Desa Wisata Tetebatu, kami rasa nama ini sangat asing di telinga Anda, bahkan mungkin tidak pernah mendengarnya sekalipun.


Desa Wisata Tetebatu ini memang kurang populer bagi wisatawan dalam negeri, namun bagi wisatawan mancanegara, daerah ini cukup sering dikunjungi.

Mengapa kurang populer atau bahkan tidak diketahui banyak wisatawan dalam negeri? Menurut pendapat kami, mayoritas wisatawan dalam negeri adalah tipikal wisatawan yang senang mengunjungi obyek wisata yang sudah populer/ dikenal banyak orang. Keinginan mengeksplor daerah lain atau obyek wisata lain yang lebih unik atau kurang populer, kurang begitu menarik bagi wisatawan dalam negeri. Namun, tidak semua demikian, karena kami yakin beberapa wisatawan dalam negeri senang mengeksplore daerah – daerah tertentu yang anti mainstream, karena lebih menantang serta menimbulkan kepuasan tertentu.

Berbeda dengan mayoritas wisatawan dalam negeri, wisatawan mancanegara cenderung berkeinginan mengeksplore daerah – daerah yang menurut mereka menantang dan tidak ditemukan di daerah asalnya. Karena pastinya, hal tersebut menjadi pengalaman baru bagi mereka, karena sejatinya mereka berpetualang/ travelling untuk menambah pengalamannya.

Berdasarkan pengamatan dan hasil wawancara kami kepada pelaku usaha wisata yang berada di Desa Wisata Tetebatu bahwa kebanyakan pengunjung di Desa Wisata Tetabatu adalah wisatawan mancanegara (bule) dan mereka akan bertanya – tanya apabila ada wisatawan dalam negeri yang datang ke lokasi tersebut (sanking jarangnya).

Kali ini kami akan memberikan tulisan tentang informasi lengkap tentang Desa Wisata Tetebatu dan kami bagi ke dalam beberapa sub judul, diantaranya sebagi berikut:

  1. Apa yang menarik di Tetebatu 
  2. Bagaimana cara menuju Tetebatu 
  3. Pilihan Penginapan di Tetebatu


Apa yang menarik di Tetebatu
Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa Tetebatu merupakan salah satu jalur menuju Gunung Rinjani, namun bukan jalur resmi Taman Nasional Gunung Rinjani. 

Bagi Anda yang mau mencoba mendaki gunung rinjani dari sudut pandang atau pemandangan yang berbeda, mungkin bisa mencoba pendakian lewat Tetebatu. Namun berdasarkan informasi yang kami peroleh, Anda tidak akan bisa menjangkau puncak Gunung Rinjani, karena jalurnya tidak memungkinkan untuk mencapai puncak.

Tetebatu identik dengan sawah dan padi, karena wilayah ini merupakan tempat penanaman padi bagi masyarakat Lombok Timur, hal ini didukung oleh lahan yang subur dan air yang melimpah. 

Aktivitas menanam padi, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara, karena hal tersebut tidak biasa mereka lakukan dan lihat di negara asalnya. 

Tetebatu sering disamakan dengan daerah Ubud Bali, namun perbedaannya adalah obyek wisata Ubud sudah tertata dengan rapi dan fasilitasnya lengkap. Berbeda dengan Tetebatu yang lingkungannya masih sangat tradisional dan suasana perkampungan, selain itu fasilitas pendukung wisata juga masih minim. Sepertinya pemerintah daerah belum banyak campur tangan, fasilitas yang tersedia masih hasil dari pelaku wisata di tetebatu.

Aktivitas lainnya yang bisa Anda lakukan di Tetebatu adalah, mengunjungi air terjun dengan cara trekking dan air terjun yang sudah sangat terkenal di Taman Wisata Tetebatu adalah Air Terjun Jukut. Bagi Anda yang baru pertama kali ke daerah ini, kami sarankan menggunakan jasa guide untuk mendampingi Anda ke Air Terjun Jukut dengan tarif Rp 150.000,- per guide. Selain untuk keamanan, juga membantu perekonomian masyarakat setempat.

Bagaimana cara menuju Tetebatu
Lokasi tetebatu, jauh dari pusat kota Mataram dan juga Bandara Internasional Lombok, karena lokasinya yang berada di kaki Gunung Rinjani. Jadi apabila Anda berniat mengunjungi Tetebatu, lama perjalanannya adalah sekitar 1,5 jam dari kota Mataram dan dari bandara Internasional Lombok ke tetebatu sekitar 2 jam. 

Ada dua pilihan cara menuju Tetebatu, yaitu:
1.    Transportasi Umum (Hemat)
Tidak ada transportasi umum yang khusus ke Tetebatu, jadi Anda tetap harus pindah dari transportasi umum yang satu ke yang lainnya (ngeteng).

Pertama, Anda harus ke Terminal Mandalika, menaiki transportasi dengan tujuan lombok timur atau Sumbawa dan Anda pesan ke supirnya supaya diturunkan di Daerah Pomotong dan untuk ongkosnya sekitar Rp 20.000,-/ orang. Sampaikan saja ke supirnya, kalau Anda mau menuju Tetebatu.

Setibanya di Pomotong, Anda harus melanjutkan perjalanan ke Tetebatu menggunakan ojek dan biayanya relatif sekitar Rp 30.000 s.d. Rp 50.000 permotor. Silahkan nego ke pemilik ojeknya saja, masalah tarifnya.

Kelebihan opsi ini adalah lebih murah / low budget

Kekurangannya adalah waktu Anda akan lebih banyak habis di perjalanan, karena harus menyesuaikan/ menunggu bus/mobil dari Terminal bus Mandalika. Selain itu, kepastian adanya tukang ojek yang standby di pangkalannya.

2.    Sewa Mobil atau Sewa Motor
Opsi lainnya adalah Anda memutuskan untuk sewa mobil ataupun sewa motor di Lombok.

Untuk informasi sewa mobil di Lombok, sudah pernah kami bahas sebelumnya, silahkan baca tulisan kami : Informasi Lengkap (Review) : 7 Sewa Mobil Lombok Murah, Lepas Kunci & Recommended

Untuk informasi sewa motor di Lombok, sudah pernah kami bahas sebelumnya, silahkan baca tulisan kami : Informasi Lengkap 10 Sewa Motor di Lombok (Rental Motor di Lombok : Mataram, Senggigi & Praya)

Kelebihan opsi ini adalah Waktu yang Anda habiskan di jalan lebih optimal dan lebih tenang karena didampingi supir. Tenaga Anda juga tidak habis di perjalanan.

Kekurangannya : Sebenarnya tidak ada, hanya biayanya relatif lebih mahal dibandingkan menggunakan transportasi umum. Namun, apabila Anda menggunakan sepeda motor, malah lebih hemat dan pasti untuk waktu di perjalanannya.

Pilihan Penginapan di Tetebatu
Saat ini sudah banyak sekali penyedia jasa akomodasi (penginapan) di Tetebatu dan untuk biaya sewa permalamnyapun bervariasi mulai harga Rp 100.000,- s.d. Rp 650.000,- tergantung lokasi, fasilitas dan kenyamanannya.

Untuk sementara ini, kami menginformasikan tiga penginapan/hotel yang berada di Tetebatu, yaitu:
1.    Tetebatu Mountain Resort
Lokasi : Jalan Raya Tetebatu - Jeruk Manis, Benteng Daye, Kembang Kuning, Lombok Timur

Telepon : 085903138111



Tarif kamar mulai dari Rp 150.000,- s.d. Rp 800.000, Fasilitas yang didapat di penginapan ini adalah :
·         Free wifi ;
·         Air Panas (shower) ;
·         Makanan lokal dan barat
·         Sarapan.

2.    Tetebatu Mountain Resort
Lokasi : Jalan Air Terjun, Tetebatu, Lombok Timur

Telepon : 085337540777 atau 087763044447



Total kamarnya ada 16 dan Tipe Kamarnya, ada 3 tipe yaitu :

  • Mountain View Bungalow (Rate : Rp 800.000,- /2 pax) 
  • Sunrise View Bungalow (Rate : Rp 700.000,- /2 pax)
  • Inline Bungalow (Rate : Rp 500.000,- /2 pax)
Fasilitas yang didapat di penginapan ini adalah :
·         Free wifi ;
·         Kolam renang ;
·         Air Panas (shower) ;
·         Makanan lokal dan barat
·         Sarapan.

3.    Pondok Resort
Lokasi : Kembang Kuning, Sikur, Lombok Timur

Telepon : 081803737407



Tipe Kamarnya, ada 3 tipe yaitu :
·         Small Bungalow (Rate : Rp 200.000,- /bungalow)
·         Family  Bungalow (Rate : Rp 400.000,- / bungalow)
·         Large Bungalow (Rate : Rp 450.000,- / bungalow)

Fasilitas yang didapat di penginapan ini adalah :
·         Makanan lokal dan barat
·         Sarapan.


Terima kasih, Apabila Anda merasa tulisan kami ini bermanfaat dan membantu, silahkan bantu share ke sosial media Anda (Facebook, Twitter, Google Plus, Instagram dan socmed lainnya), untuk membantu teman – teman lainnya yang membutuhkan informasi ini. Mari Jelajah Indonesia kita.
Reactions:
    email this       edit

0 comments:

Posting Komentar