Minggu, 01 Oktober 2017

Published Oktober 01, 2017 by jelajah indonesiaku with 4 comments

Rekomendasi Tempat Makan dan Makanan Khas Lombok


Gbr. Ayam Taliwang - Rekomendasi Tempat Makan dan Makanan Khas Lombok

Meskipun Lombok adalah pulau yang kecil, namun pulau ini sangat kaya akan budaya dan tradisi unik. Tidak hanya seni budayanya yang unik, Lombok juga memiliki citarasa masakan yang gurih dan menggoda. Di Lombok Anda bisa menikmati masakan padang, masakan jawa bahkan chinese, korea dan arab, tetapi akan lebih menyempurnakan liburan Anda jika mencicipi masakan khas Lombok seperti Ayam Taliwang, Sate Rembiga atau Pelecingannya yang pedas memancing selera makan.



Berikut ini rumah makanan dan makanan khas Lombok yang direkomendasikan oleh Tim Jelajah Indonesiaku, diantaranya sebagai berikut:

      1.     Sate Rembiga


Sate Rembiga adalah salah satu masakan khas Lombok yang terkenal gurihnya. Rembiga adalah nama salah satu kampung tempat dimana sate dengan cita rasa menggoda ini dibuat secara turun temurun. Konon sate ini dibuat untuk konsumsi para raja di zaman lampau. Oleh sebab itu, jika ingin mencicipi selera para raja, maka cobalah untuk menyantap sate rembiga.

Untuk informasi Rumah Makan Sate Rembiga yang recommended menurut tim Jelajah Indonesiaku, bisa dibaca disini: Rekomendasi Rumah Makan Sate Rembiga Di Lombok

      2.   Ayam Taliwang
Ayam Taliwang adalah salah satu masakan khas Lombok yang dibuat di sebuah kapung bernama Taliwang. Taliwang adalah nama tempat di Sumbawa. Orang-orang di kampung Taliwang Mataram merupakan pendatang dari Taliwang Sumbawa yang menetap secara turun-temurun. Tradisi pembuatan ayam bakar ini, diwariskan kepada penduduk dan dijadikan sebagai mata pencaharian. Penduduk Taliwang Mataram berjualan Ayam Taliwang di banyak tempat di wilayah Mataram. Yang unik, dari kuliner ini adalah ayam yang digunakan sebagai bahan dasarnya merupakan ayam kampung muda yang baru berusia 3—5 bulan. Itu sebabnya Ayam Taliwang renyah dan bisa dinikmati hingga tulang-tulangnya. Jika Anda datang ke Lombok, jangan lupa untuk mencicipi masakan khas yang terkenal ini.

Untuk informasi Rumah Makan Ayam Taliwang yang recommended menurut tim Jelajah Indonesiaku, bisa dibaca disini: Rekomendasi Rumah Makan Ayam Taliwang Dan Plecing Kangkung Di Lombok

      3.    Plecing Kangkung
Plecing Kangkung terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar plus sambal tomat. Sambal tomatnya dibuat dari rajikan cabai rawit, garam, terasi, dan tomat. Plecing Kangkung biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti tauge, kacang panjang, kacang tanah goreng ataupun urap.
Kangkung yang digunakan untuk memasak Plecing ini juga sangat khas. Kangkung di daerah ini memang sangat terkenal, teksturnya lembut sehingga tidak terasa alot walaupun kita makan hingga ke batangnya. Tak heran jika kangkung Lombok menjadi alternatif oleh-oleh khas Nusa Tenggara Barat.

Untuk informasi Rumah Makan yang menyediakan Plecing Kangkung yang recommended menurut tim Jelajah Indonesiaku, bisa dibaca disini: Rekomendasi Rumah Makan Ayam Taliwang Dan Plecing Kangkung Di Lombok

      4.   Sate Bulayak
Kurang pas rasanya kalau berkunjung ke berbagai tempat wisata di Lombok Barat tapi tidak mencicipi kuliner khasnya. Salah satu kuliner khas Lombok Barat adalah Sate Bulayak. Sate ini disajikan segar di beberapa objek wisata Lombok Barat seperti Sesaot, Suranadi, dan Narmada. Kita bisa memilih bahan dasar sate sesuai selera. Biasanya bahan dasar sate terbuat dari daging sapi, daging ayam, atau usus sapi. Yang membuat sate bulayak semakin menggugah selera adalah aroma bumbu sate yang sedang dipanggang. Asapnya mengepul dan mengirim aroma gurih sate. Setelah dipanggang, sate ini diberi bumbu lagi, dan siap disajikan bersama bulayak. Bulayak adalah sejenis lontong yang dibungkus dengan daun aren berbentuk memanjang seperti spiral sehingga untuk membukanya harus dengan gerakan memutar.

Untuk informasi tempat makan Sate Bulayak yang recommended menurut tim Jelajah Indonesiaku, bisa dibaca disini: Rekomendasi Tempat Makan Sate Bulayak Di Lombok

      5.    Nasi Balap Puyung
Salah satu kuliner khas Lombok Tengah yang harus dicoba adalah sajian Nasi Balap Puyung. Nasi Balap Puyung terkenal dengan racikan bumbunya yang pedas menggigit. Meskipun pedas, masakan ini banyak diburu pelanggan yang rela antri untuk mendapatkannya. Nasi Balap Puyung yang kini menyebar di berbagai tempat di Mataram awalnya dibuat oleh Inaq Esun di Puyung, Lombok Tengah. Inaq Esun mewariskan keterampilannya meracik bumbu pedas kepada keluarganya.
Sajian dalam satu porsi Nasi Balap Puyung cukup sederhana yaituterdiri dari nasi, kedelai, ayam suwir dan telur asin. Meskipun sederhana, namun nasi balap ini bisa membuat penyuka dan penikmat kuliner pedas ketagihan dengan cita rasanya.

Untuk informasi Rumah Makan Nasi Balap Puyung yang recommended menurut tim Jelajah Indonesiaku, bisa dibaca disini: Rekomendasi Rumah Makan Nasi Balap Puyung Di Lombok

      6.   Ayam Rarang
Kalau Anda berwisata ke destinasi wisata di Lombok Timur, jangan lupa mampir dan mencicipi ayam khas Rarang. Ayam Rarang adalah sajian makanan dengan bumbu segar yang menggoda selera. Rarang sendiri adalah nama desa temapat Ayam Rarang pertama kali diperkenalkan. Seporsi Ayam Rarang terdiri dari satu mangkuk sayur bayam, ayam goreng kering, dan Ayam Rarang yang diberi bumbu spesial khas Rarang. Rasa spesialnya terdapat pada bumbu ayam itu sendiri.

Untuk informasi Rumah Makan Ayam Rarang yang recommended menurut tim Jelajah Indonesiaku, bisa dibaca disini: Rekomendasi Rumah Makan Ayam Rarang Di Lombok

      7.    Sate Tanjung
Sate Ikan Tanjung merupakan kuliner khas desa Tanjung, Lombok Utara. Kuliner yang satu ini berbahan dasar ikan. Pada mulanya hanya disajikan pada acara keagamaan dan hajatan. Seiring waktu, kuliner ini menjadi kebutuhan banyak orang sehingga dapat dinikmati setiap hari. Banyak wisatawan asing yang suka dengan Sate Ikan Tanjung. Masyarakat lokal memiliki racikan khusus yang menghasilkan cita rasa yang berbeda. Bahan dasarsate ini berasal dari ikan Cakalang atau ikan Langoan. Para penjual biasanya berjajar di pinggir jalan sekitar Pasar Tanjung atau sekitar Terminal Tanjung.

Untuk informasi tempat makan Sate Tanjung yang recommended menurut tim Jelajah Indonesiaku, bisa dibaca disini: Rekomendasi Tempat Makan Sate Tanjung Di Lombok

    email this       edit

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Baik pak/bu, salam kenal

      Semoga informasinya bermanfaat dan membantu liburan Anda.

      Terima Kasih, Mari Jelajah Indonesia Kita.

      Hapus
  2. Gan ada info rekomendasi ayam taliwang di lombol?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi,

      Untuk rekomendasi rumah makan ayam taliwang di Lombok bisa dilihat di tulisan kami berikut:
      http://www.marijelajahindonesiaku.com/2017/10/rekomendasi-rumah-makan-ayam-taliwang.html

      Semoga bermanfaat, Mari Jelajah Indonesia kita.

      Hapus