Senin, 24 September 2018

Published September 24, 2018 by jelajah indonesiaku with 117 comments

Semua Tentang Gili Trawangan


Gili Trawangan merupakan pulau terbesar diantara gili lainnya (Three Gili's) dan juga pulau yang paling lengkap fasilitasnya. Kali ini saya akan memberikan beberapa informasi yang sekiranya bisa bermanfaat, diantaranya adalah :



Transportasi di Gili Trawangan
Ada dua jenis alat transportasi yang bisa digunakan di Gili Trawangan yaitu Cidomo (Delman) dan sepeda. Perlu untuk diketahui bahwa di Gili Trawangan ada larangan penggunaan kendaraan bermotor di dalam pulau dan saya juga sangat mendukung aturan tersebut. Ketika berjalan menyusuri pulau, maka kita akan dihadapkan dengan pengunjung-pengunjung berlalulalang menggunakan sepeda maupun Cidomo. 


CIDOMO - Gili Trawangan
Tarif dan Rute Cidomo - Gili Trawangan
Apabila Anda berencana untuk mengelilingi Gili Trawangan, maka bisa menggunakan Cidomo dengan tarif Rp 125.000 dan maksimal diisi oleh 3 orang penumpang. Hal tersebut sudah merupakan aturan yang sudah disepakati disana, padahal menurut saya Cidomo tersebut bisa diisi sampai dengan 5 orang. Ya, itulah strategi mereka mencari penghasilan, mari kita dukung saja. Selain digunakan untuk mengelilingi pulau, Cidomo juga menjadi alat transportasi untuk mengantar penumpang dari satu tempat ke tempat lainnya dan lagi-lagi tarif (ongkosnya) sudah ditentukan (kayaknya hukum penawaran ga berlaku disini). Bagi para turis asing (bule) harganya mungkin masih terjangkau, tapi bagi kita orang Indonesia harga tersebut masih tergolong mahal. Kalau saya lebih memilih pola hemat dan sehat alias jalan kaki aja mengelilingi pulau. haha...


Rental Sepeda - Gili Trawangan

Selain Cidomo, transportasi yang lainnya adalah sepeda. Banyak sekali penyedia rental sepeda di Gili Trawangan dan harga sewanyapun tidak semahal Cidomo. Tarif sewa perjamnya adalah Rp 15.000, tetapi apabila mau menyewa seharian maka harga sewanya bervariasi mulai dari Rp 50.000 s.d. Rp 100.000 sepanjang hari. Untuk kasus yang satu ini, hukum penawaran masih berlaku (hehe..).


Penyewaan alat Snorkeling

Bermain dan berjemur diatas pasir putih merupakan ritual wajib bila berkunjung ke Gili Trawangan, namun tidak lengkap rasanya bila tidak menikmati bawah lautnya. Menikmati bawah laut tidak harus dengan cara diving, tetapi kita dapat menikmatinya dengan cara bersnorkeling. Jangan khawatir bila Anda tidak memiliki alat-alat bantu buat bersnorkeling, karena di Gili Trawangan sudah banyak penyewaan alat-alat snorkeling. Untuk harga sewa perjamnya adalah Rp 15.000 dan harga sewa perharinya adalah Rp 45.000. Namun Anda bisa dapat harga miring, apabila menyewa lebih dari sehari (nah.. tergantung bagaimana Anda nego dengan penyewanya). Dan peralatan yang kita peroleh adalah kaki katak, googling (kaca matanya), & snorkel. Sementara untuk pelampung disewa terpisah, dengan harga Rp 15.000 seharian.


Area Snorkeling di Gili Trawangan
Snorkeling merupakan suatu kegiatan menikmati bawah laut menggunakan alat bantu pernapasan sederhana yang bentuknya seperti selang. Kita akan menemukan banyak pengunjung yang bersnorkeling ria di sepanjang pantai Gili Trawangan dan saya yakin mereka hanya melihat ikan-ikan kecil diantara karang-karang yang sudah mati. Namun, tahukan Anda dimana spot area snorkeling yang sejenak mampu memanjakan kita dengan keindahan karang disertai ikan-ikan berwarna-warni. Lokasinya berada di dekat hotel Villa Ombak dan bila Anda dari dermaga, ambillah jalan ke kiri sampai ketemu hotel tersebut. Namun Anda harus terlebih dahulu berenang sejauh 50 meter dari pantai, baru ketemu spot area yang saya maksud. 
Kondisi Karang di Spot Area yang saya maksud
Para Penghuninya.. hihi..
Menurut saya belum banyak yang mengetahui lokasi tersebut, karena tiga kali saya snorkeling di tempat tersebut, kurang dari lima orang yang snorkeling di tempat tersebut. Kebanyakan pengunjung melakukan kegiatan snorkeling di sekitar penangkaran penyu (apabila dari dermaga, posisinya disebelah kanan), namun karang di tempat tersebut sudah rusak. So.. tertarik bersnorkeling di spot area yang saya maksud? :-) INGAT.. Lokasinya di dekat Hotel Villa Ombak (acuannya : tenda berwarna pink).
Lokasi Spot Area (karang)

Warung Makan


Di Gili Trawangan akan banyak kita temukan tempat-tempat makan, namun didominasi oleh makanan dari Eropa. Bagi kita orang Indonesia, yang lidahnya sudah terbiasa dengan cita rasa kampung, pastinya kurang cocok dengan masakan ala Eropa. Selain itu harganya juga masih kurang cocok dengan kantong, karena harga yang ditawarkan mulai dari Rp 30.000 s.d. Rp 100.000 perporsinya. Namun jangan khawatir, di Gili Trawangan sudah tersedia kok warung-warung dengan cita rasa nusantara, seperti warung padang ataupun warung jawa dan harganya relatif lebih murah.
Lokasi warung makan padang tidak jauh dari dermaga kapal Gili Trawangan, hanya berjarak sekitar 30 meter. Menurut saya harga makanannya lumayan mahal dan harganya dikisaran Rp 20.000 s.d. Rp 40.000 perporsinya (tergantung makanan yang kita pilih). Tapi jangan khawatir, ada satu warung makan nasional yang harganya bisa dikategorikan murah dan rasanya tidak "murahan" loh. Nama Warungnya adalah Green Cafe yang berlokasi di dekat pasar seni Gili Trawangan, dari dermaga kapal belok kiri dan berjalan sekitar 100 m. Harganya mulai dari Rp 10.000 s.d. Rp 25.000 dan kita bisa memilih langsung makanan yang disajikan di stelengnya (walaupun ada daftar menu makanannya). Dan jangan sungkan untuk meminta nasi dengan porsi "segunung", penjualnya baik dan maklum kok. hehe...


ATM (Automatic Teller Machine)
Bagi Anda pengguna ATM, tidak perlu khawatir kehabisan uang cash di Gili Trawangan selama uang di rekening masih ada. Karena di Gili Trawangan sudah tersedia mesin ATM dari beberapa bank yang ada di Indonesia, diantaranya adalah: 

1. ATM Bank Mandiri

ATM Mandiri di Gili Trawangan
Lokasi ATM ini berada di dekat Villa Ombak dan apabila kita berjalan dari dermaga dan ketemu jalan utama, maka harus belok ke kiri.

2. ATM Bank Rakyat Indonesia (BRI)

ATM BRI di Gili Trawangan
Lokasi ATM BRI berada di dekat dermaga Gili Trawangan dan hanya berjarak sekitar 15 meter dari dermaga.

3. ATM Bank Nasional Indonesia 46 (BNI 46)

ATM BNI 46 di Gili Trawangan 
Lokasi ATM BNI 46 berada di dekat dermaga Gili Trawangan dan hanya berjarak sekitar 15 meter dari dermaga.

4. ATM Bank Internasional Indonesia (BII)

ATM BII di Gili Trawangan 
Lokasi ATM BII berada di dekat Villa Ombak dan tepat di sebelah ATM Bank Mandiri. Apabila kita berjalan dari dermaga dan ketemu jalan utama, maka harus belok ke kiri.

5. ATM CIMB Niaga

ATM CIMB Niaga di Gili Trawangan
Lokasi ATM CIMB Niaga berada di dekat dermaga Gili Trawangan dan hanya berjarak sekitar 30 meter dari dermaga. Apabila kita berjalan dari dermaga dan ketemu jalan utama, maka harus belok ke kanan.

6. ATM Commonwealth Bank

ATM Commonwealth Bank di Gili Trawangan 
Lokasi ATM Commonwealth berada di dekat dermaga Gili Trawangan, tepat disebelah ATM Bank BRI dan hanya berjarak sekitar 15 meter dari dermaga.


    email this       edit

117 komentar:

  1. kalau dari bandara ke penyebrangan gili trawangan berapa lama mas ? biaya nya kira2 berapa ?

    trus penyebrangan ke gili itu dari jam berapa ke jam berapa ??

    trimakasih banyak..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. I am glad that I saw this post. It is informative blog for us and we need this type of blog thanks for share this blog, Keep posting such instructional blogs and I am looking forward for your future posts. Python Projects for Students Data analytics is the study of dissecting crude data so as to make decisions about that data. Data analytics advances and procedures are generally utilized in business ventures to empower associations to settle on progressively Python Training in Chennai educated business choices. In the present worldwide commercial center, it isn't sufficient to assemble data and do the math; you should realize how to apply that data to genuine situations such that will affect conduct. In the program you will initially gain proficiency with the specialized skills, including R and Python dialects most usually utilized in data analytics programming and usage; Python Training in Chennai at that point center around the commonsense application, in view of genuine business issues in a scope of industry segments, for example, wellbeing, promoting and account. Project Center in Chennai

      Hapus
  2. Dari Bandara ke pelabuhan Bangsal Pemenang (tempat penyeberangan ke gili) sekitar 2,5 s.d. 3 jam perjalanan.

    Dari Bandara naik Bus Damri ke Senggigi (ongkos Rp 25.000) dan dari Senggigi naik ojek ke pelabuhan Bangsal Pemenang (ongkos Rp 20.000 s.d. Rp 30.000). Boleh juga naik angkutan umum dari Sengigi ke pelabuhan, tapi sangat jarang (nunggunya lama). Atau bisa naik taksi (ongkos Rp 50.000).

    Kalau penyeberangan dari pelabuhan Bangsal Pemenang ke Gili Trawangan mulai dari jam 08.00 s.d. 17.00 WITA.

    Infonya ada di blog saya juga, dibaca aja yak. ^_^

    http://marijelajahindonesiaku.blogspot.com/2012/07/informasi-penyeberangan-ke-gili-air.html

    sekian informasi yang bisa saya bantu, terima kasih udah berkunjung. :-)

    Mari Jelajah Indonesia kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. penyebrangan paling larut yakin jam 17.00 WITA, karna saya diberitahu warga lokal jam 16.00 WITA paling telat? Informasi yang benar yang mana ya? Pesawat saya tiba di lombok pukul 13.25 apakah bisa sampai ke bangsal sebelum pukul 16.00. saya menggunakan jemputan kendaraan pribadi.

      Hapus
    2. Yakin mbak, penyeberangan terakhir jam 17.00 WITA. Dulu memang sempat penyeberangan terakhir sampai pukul 16.00 WITA. Dan informasi saya valid kok, karena saya sudah menanyakan langsung ke petugasnya. :-)
      Kalau menggunakan kendaraan pribadi sih, seharusnya bisa tiba di pelabuhan bangsal kurang dari jam 5 sore. Karena lama perjalanan sekitar 2 jam, bahkan kurang (Asumsi lewat pusuk).
      Saran saya, bilang ama supirnya, kalau mau ke pelabuhan bangsal mending lewat pusuk saja, jangan lewat senggigi. Karena lebih cepat setengah jam perjalanan. Sekian dari saya, semoga membantu.
      Mari Jelajah Indonesia kita. :-)

      Hapus
    3. kalo cara book cidomo gmna ya mas ?

      Hapus
  3. iya mas... blog mas sangat membantu.. banyak info ttg lombok

    kami rencana ke lombok september nannti,,,
    klo liat tiket perkiraan kami nympe lombok pukul 15:45....b'arti harus nginap dulu sebelum besok pagi ke gili trawangan,,,,

    mas ada info ga,,,hotel ato homestay di lombok yang murah dan aman hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mbak/ mas.. :-)

      Kalo pesawatnya tiba pukul 15.45, sebaiknya nginap dulu di Mataram. Ada banyak penginapan kok di Mataram, informasinya baca aja disini yak... :-)

      http://marijelajahindonesiaku.blogspot.com/2012/08/informasi-penginapan-murah-di-mataram.html

      Saran saya : dari bandara naik bus Damri aja, tapi turun di pool Damrinya. Supaya ongkosnya jadi Rp 15.000 perorang, kemudian dari pool Damri naik taksi menuju penginapan yang ada di Mataram. (jarak pool Damri ke kota Mataram sekitar 6 km)
      Soalnya kalo kamu naik bus Damri dari Bandara dan turunnya di kota Mataram, ongkosnya jadi Rp 25.000 dan harus naik taksi lagi ke penginapan.

      Jadi menurut saya, kalau kalian lebih dari 2 orang mending turun di pool Damri kemudian lanjut naik taksi ke penginapan. Jatuhnya jadi lebih hemat.

      Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga membantu. ^_^

      Hapus
  4. mohon infonya,,jika saya naik taksi dari bandara ke bangsal,,itu berpa lama yah waktu tempuhnya?dan estimasi biayanya??terimakasih

    BalasHapus
  5. Kalau naik taksi dari Bandara ke pelabuhan Bangsal Pemenang, lama perjalanannya sekitar 2 jam dan biayanya sekitar 250 rb s.d. 300 rb.

    Saran saya, naik bus Damri aja dari Bandara (BIL) ke Sengigi (ongkosnya Rp 25.000/ penumpang). Kemudian lanjut naik taksi dari Senggigi ke Pelabuhan Bangsal Pemenang (ongkos taksinya sekitar Rp 100.000anlah).
    Lebih hematkan. :-)

    Tapi seandainyapun harus naik taksi dari Bandara ke Pelabuhan Bangsal Pemenang, saya sarankan supaya taksinya lewat jalur Pusuk saja (jangan lewat Sengigi), karena jarak tempuhnya lebih dekat dan pastinya lebih hemat.

    terima kasih telah berkunjung di blog saya, semoga membantu. ^_^

    Mari Jelajah Indonesia kita.

    BalasHapus
  6. Om, klo kita dari BIL mw ke Bangsal tapi turun Damri-nya di perempatan Rembiga terus dilanjut naik engkel sampe Bangsal bisa ga?

    BalasHapus
  7. Maaf baru bls, br turun dari gunung rinjani. :)

    Bisa kok, kamu bilang aja turun di perempatan rembiga. Karena bus damrinya pasti melewati perempatan rembiga.

    Semoga membantu, terima kasih telah berkunjung.
    Mari Jelajah Indonesia kita. ^_^

    BalasHapus
  8. mau numpang nanya nih mas, kalau boleh milih, lebih baik berkunjung ke pantai kuta, tanjung aan, atau lgsg senggigi aja/ soalnya saya mau ke lombok tapi cuma 2 hari aja,
    mohon masukannya,,
    maacihh ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau boleh tahu, kamu nyampe jam berapa di Lomboknya?
      Kalau seandainya tiba pagi ataupun siang, berkunjung ke pantai kuta dan Tanjung Aan, merupakan pilihan yang tepat. Karena dari Bandara Internasional Lombok (BIL) ke Pantai Kuta, bisa ditempuh kurang dari 1 jam. :) Dan kalo sempat, kunjungi Desa Sade juga (sekitar 20 menitlah dr Bandara).

      Tetapi kalau tiba di lomboknya, agak sorean. Sebaiknya langsung ke Senggigi aja menggunakan Damri, supaya lebih hemat (25 rb).

      Semoga bisa membantu dan salam kenallah. :)
      Met menjelajah Pulau Lombok.

      Hapus
  9. Terima kasih sekali lagi infonya, rupanya ada Damri dari BIL ke Mtaram Mohon rekomendasinya penginapan di Senggigi - Gili Trawangan - Kuta/Lombok dan Kuta Bali.
    Salam dan Terima Kasih.

    BalasHapus
  10. Mau tanya lagi nih..kalau dari gili trawangan ke pelabuhan bangsal itu penyebrangan terkhir jam brapa yah??trus klo aku mau lanjutin perjlanan ke desa senaru itu naik apa untuk transportasinya??ada kendaraan umum menuju sana tidak yah?dan berapa lama perjalanannya,,terimakasih untuk infonya,,aku tunggu ^_^

    BalasHapus
  11. Halo mas,
    Wah sy baca sangat membantu ini.. Skalian mau tanya.
    Sy rencana ke lombok..dan ini pertama kalinya..beserta istri dan putra 6 th.
    Rencana pesawat tiba tgl 1 jan pk.12 siang..dan tgl 1 - 3 jan. Menginap di gili trawangan di ombak sunset. Dan tgl 3 nya di novotel smp tgl 5. Naah yg mau ditanyakan:
    1. Perjalanan: klo dari dermaga Bangsal ke novotel brapa lama ya mas...sy lihat dipeta kok ya lumayan... Dan transportasinya apa yah? Klo taxi mahal ya...?
    2. Selama 2 malam di gili trawangan dan 2 malam di daerah kuta.. Kegiatan atau tmp recomanded apa ya mas?
    3. Iseng2 nih mas..ada spot mancing yg tahu nggak...hehehehehehe.
    Maaf banyak tanya..semga mas bisa membantu..

    Thx ya

    BalasHapus
  12. Thanks a lot infonya ni gan.
    Berguna banget buat ane yg mau ke gili dgn low budget jumat ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. OK mas bro/ mbak bro. hhehe..

      Met bersenang2 ya.

      Mari Jelajah Indonesia KIta.

      Hapus
  13. Halo masnya, info-info tentang lombok dan gili-nya sangat membantu saya dalam merencanakan trip saya besok.. terima kasih ya mas :)

    BalasHapus
  14. halo, salam kenal. mo tanya penginapan di trawangan yang recommended. makasih ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo ritasan, salam kenal juga. :-)
      coba ke Icha cottages, menurut saya murah dan nyaman, pernah nanya ratenya : 150 rb, udah kamar mandi dalam.

      coba hubungi di 081907114399.

      Mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  15. halo bung Nando, saya mau minta jasa tour guide pulau Lombok, tolong dong saya minta rekomendasinya. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo jg bung KOKONICKO, ada email ato no hp yang bisa dihubungi?
      biar gampang komunikasinya. thx.

      mari jelajah Indonesia kita. :-)

      Hapus
  16. Saya dengan istri dan anak laki2 dewasa akan ke lombok dari denpasar. Tanggal 26 juni siang sampai lombok dan sudah pesan rental mobil untuk menjemput. Kami akan menginap di hotel jayakarta senggigi. Tanggal 27 juni berencana ke gili trawangan. Tanggal 28 juni siang baru kembali ke denpasar dengan pesawat.
    Mohon info:
    [1] sebaiknya dari bandara langsung wisata kemana sblm sorenya checkin hotel?
    [2] untuk tgl 27 juni apakah kami perlu rental mbl untuk mengantar dari hotel ke bangsal, dan mobil nunggu selama kami di gili trawangan (berapa jarak hotel ke bangsal dan apakah ada alternatif angkutan umum ?
    [3] berapa lama biasanya orang menghabiskan waktu ?
    Respon sangat ditunggu ya .....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo bapak, salam kenal.

      Kalo lokasi wisata yang dekat dari bandara itu:
      1. Desa Sade (sekitar 15 menit dari bandara)
      2. Pantai kuta lombok (sekitar 35 menit dari bandara)
      3. Tanjung Aan (sekitar 60 menit dari bandara)

      Ketiga lokasi tersebut searah, jadi biasanya rutenya dari bandara ke desa sade kemudian lanjut ke pantai kuta kemudian lanjut ke Tanjung Aan.

      Dan kalo Anda menginap di Hotel Jayakarta, maka lama perjalanan dari Tanjung Aan ke Hotel Jayakarta sekitar 1,5 s.d. 2 jam perjalanan.
      Tapi klo Anda takut kesorean tiba di hotel, sebaiknya hanya mengunjungi desa sade dan pantai kuta.


      2. Perlu saya informasikan, di lombok sangat sulit ditemukan angkot , sama halnya seperti di bali. :)
      Tetapi menurut saya, tidak usah sewa mobil untuk antar jemput, mendingan naik taksi aja dari hotel jayakarta ke bangsal. Kalo menggunakan argo, mungkin sekitar 100 ribu.

      3. Berapa lama tinggal di gili trawangan, saya rasa relatif ya. :) tapi kalo untuk wisman, mereka pasti berminggu2tinggal di gili trawangan. Tapi klo untuk orang Indonesia, biasanya nginap 1 malam sudah cukup kok. :)
      Kembali lg, tergantung keluarga Anda, klo emang niatnya pengen diving, pastinya ga cukup satu hari. Hehe....

      Tapi kalo punya banyak waktu dan dana, dua hari nginap di gili trawangan sepertinya opsi yang tepat.

      Perlu saya ingatkan, minggu lalu saya ke gili trawangan, tamu sudah sangat penuh. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pemesanan kamar mulai dari sekarang. :)


      Sekian info dari saya, semoga bisa membantu. Met bersenang2 di lombok.

      Mari Jelajah Indonesia kita. ^_^



      Hapus
  17. Maaf ada kurang kata pada email sebelumnya:

    [3] berapa lama biasanya orang menghabiskan waktu di gili trawangan?

    Salam

    BalasHapus
  18. Terimaksih banyak atas informasinya, sangat bermanfaat. Sayang sekali kami tidak akan menginap di Gili Trawangan, karena sudah booking hotel jayakarta untuk 2 malam. Mohon info tambahan: berapa waktu yang diperlukan untuk keliling gili trawangan kalau dgn cidomo, naik sepeda, atau berjalan kaki ?
    Salam.

    BalasHapus
  19. Waktu yang dibutuhkan untuk keliling gili trawangan :
    - cidomo : sekitar 30 menit (125 ribu) & maksimal 3 orang di cidomonya;
    - sepeda : sekitar 45 s.d. 60 menit, tergantung kecepatan Anda. :) (40 ribu/ sepeda);
    - jalan kaki : sekitar 1,5 s.d. 2 jam, tergantung kecepatan dan ketahanan fisik. (6 ribu perorang, buat beli 2 botol Aqua) hahaha... #becanda. :D

    Met bersenang2 bersama keluarga di pulau eksotik. :)

    Mari Jelajah Indonesia kita.

    BalasHapus
  20. Tengkyu banget infonya ....
    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok mas bro, semoga bermanfaat.

      salam kenal juga.

      by Traveler Kere, Kece & Hepi.

      Mari Jelajah Indonesia kita. ^_^

      Hapus
  21. selamat pagi pak...
    saya mau nanya, saya akan melakukan perjalanan bulan madu. namun hanya dua hari, karena lanjut ke bali.
    saya ingin ke gili trawangan ,tetapi sya baru tiba di lombok sekitar jam15.20wita tgal 1 juli bsok
    kemudian, pswat saya ke bali tgal 2 jam 21.10... mhn sarannya, trimaksh

    BalasHapus
  22. Halo bung Nando salam kenal.

    Saya ingin menanyakan transportasi ke bangsal. saya berangkat untuk bulan desember tanggal 24 sampai di LOP jam 12:05.

    1. Jika dari Bandara International LOP tinggal naik Damri ke senggigi saya sudah mengerti, tetapi untuk menuju bangsal dari Senggigi itu naik apa ya? senggigi kan luas banget tuh, bisa tau naik dari senggigi sebelah mana dan naik apa itu bisa di jelaskan dengan tarif nya juga?

    2. untuk balik dari bangsal menuju LOP itu naik apa ya? apakah sama dengan yang diatas cuman di balik saja?

    Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru balas. :-)
      kalau dari senggigi ke bangsal ada 3 pilihan :
      1. Taksi (nyaman,gampang dapatnya & mahal sekitar 130 ribu);
      2. ojek (gampang dapatnya dan ga terlalu mahal sekitar 30 - 50 ribulah);
      3. angkutan umum (lebih murah, tapi kalo udah sore susah carinya).

      2. Kalau mau lebih murah, mending naik angkutan umum yang lewat jalur bangsal, ntar bilangin di turunkan di POOL DAMRI (sweta - Mataram), ongkosnya sekitar 15 ribu.

      terima kasih, semoga membantu.

      by Traveler Kere, Kece & Hepi.

      Mari Jelajah Indonesia kita. ^_^

      Hapus
  23. Wah Informatif Banget Postinganya Buat Referensi Traveler Yang Mau Pergi Ke Gili Trawangan. Salam Kenal Gan ya, Mau Numpang Share neh. Mau Promosikan Rental Mobil Mobil Murah Di Bali. Seandainya Agan Dan Pembaca Web SEMUA TENTANG GILI TRAWANGAN INI Ada Yang Berniat Pergi Ke Bali dan Butuh Jasa Sewa Mobil Murah Untuk Berwisata Di Bali Termasuk Sopir bisa Kontak Saya di AGP SEWA MOBIL MURAH DI KUTA LEGIAN SEMINYAK BALI Semoga Info Ini Membantu

    BalasHapus
  24. Halo Jelajah Indonesiaku salam kenal.

    Mau nanya donk, untuk bulan September/ Oktober ini, kira2, kondisi gelombang untuk penyebrangan dari Lombok ke Gili Trawangan bgmn ya ? karena saya & keluarga berencana berlibur ke G Trawangan di bulan2 tsb.


    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. allow mas bro avis, salam kenal juga. :-)

      untuk bulan september dan oktober ini, gelombang laut dari bangsal ke Gili Trawangan lumayan Gede. ya bisa bikin mabauklah. hehe... tapi sepertinya aman kok, kapten kapalnya sudah sukup pengalaman dengan medan disana. selain itu ada pelampung juga kok. :-D

      terima kasih.

      Mari Jelajah Indonesia kita. :-)

      Hapus
  25. Halo mas, makasi bnyk infonya :D mau tanya, kalo misal dalam sehari mau ngejar keliling Gili Trawangan dan sunset senggigi cukup ga ya waktunya? Pake penyebrangan bangsal yg paling pagi tentunya ke Gili Trawangannya. Mksh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak rani, salam kenal. :-)

      Saya rasa cukup mbak, jam 8 nyeberang ke gili Trawangan. dan sekitar jam 3 sore, nyeberang dari Gili Trawangan. Ntar dapat kok Sunset di Malimbu ataupun Senggigi. ^_^

      Terima Kasih semoga membantu perjalanan Anda.

      by Traveler Kere, Kece & Hepi.

      Mari Jelajah Indonesia kita. ^_^

      Hapus
  26. hiii... q mw klombok by citilink tp nyampai BIL jam 17.30 kira2 untuk menuju k mataram kota naik apa y???klo naik taxi kira2 hbs brp??? klo naik damri msh ada gak y??? soalnya q ditinggal temen yg terbang duluan pagi harinya... hiks... jadi solo trip deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, selamat mbak, dapat tiket murahnya citilink. hihi... (saya juga dapat) hahha.. :-D

      tenang, kalau jam segitu DAMRI masih ada kok. :-)

      Saran saya, mending naik DAMRI aja, ntar turun di POOL DAMRI sweta. Setelah itu, ngojek aja ke penginapan, paling ongkosnya sekitar 10 ribu s.d. 20 ribu, dinego aja ama mang ojeknya, hehe...

      Terima Kasih semoga membantu perjalanan Anda.

      by Traveler Kere, Kece & Hepi.

      Mari Jelajah Indonesia kita. ^_^

      Hapus
  27. Halo mas... Info2nya bermanfaat skali, mo nanya nih sy berencana akhir sept ini ke gili trawangan, kira2 ombak penyebrangannya gmn ya? Cuaca bersahabat tidak ya, agak deg2an jg nih, ada yg blg ombaknya dsana besar..
    Trus sarannya gmn mas klo nyebrang ke gili trawangan lbh baik pakai fast boat atau public boat?

    Thanks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allow juga mas bro/ mbak sis. :-)

      untuk bulan september dan oktober ini, gelombang laut dari bangsal ke Gili Trawangan lumayan Gede. ya bisa bikin mabuklah. hehe... tapi sepertinya aman kok, kapten kapalnya sudah sukup pengalaman dengan medan disana. selain itu ada pelampung juga kok. :-D

      Kalau mau hemat sih naik public boat aja mbak. Kalo naik fast boat dari bangsal, sepertinya tidak ada, kecuali kalo mbak/ mas nya berangkat dari Bali.

      Terima Kasih semoga membantu perjalanan Anda.

      by Traveler Kere, Kece & Hepi.

      Mari Jelajah Indonesia kita. ^_^

      Hapus
  28. Mas, blog nya memberikan pencerahan. tlg bantu rute donk mas..heheh..rncana smpe lombok jam 9 pagi, ke kuta-tanjung aan-desa sade. baru ke senggigi untuk menikmati matahari terbenam, tadinya dari senggigi mau balik lagi ke kuta untuk menginap di novotel. tapi stlh membaca blog mas, trnyata ke bangsal pemenang harus melewati senggigi jg yah?kebanyakan bolak balik yah kl nginep di kuta lagi, lebih baik bermalam di senggigi yah? ada saran destinasi gk untuk menghabiskan waktu sebelum senja di senggigi? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. ho iyah kalau mau beli tenunan lombok dimana yah mas? untuk penyewaan snorkeling yang seharian itu sm jasa perahunya kan untuk mengantar ke spot yg bagus. nah spot yg mas blg di dekat vila ombak itu harus sendiri yah kesana, gk ada perahu? ada gk yang menyewakan snorkeling ke 3 gili dalam sehari? wiskul yang wajib dicoba disana apa mas? hehehe, maaf yah banyak tanya, perdana banget soalnya :D

      Hapus
    2. Halo mbak Tirta Kristina, salam kenal ya. :-)

      Baiklah, saya kasih beberapa saran aja ya. hehe...
      1. Rute : Bandara Internasional Lombok - Desa Sade - Pantai Kuta - Tanjung Aan - Batu Payung (iklan Dunhil itu loh) - Senggigi;

      2. Kalau rutenya sudah ke Senggigi, sebaiknya nginapnya di Senggigi aja. Kecuali ke Senggiginya di cancel, jadi hanya samoai kuta saja, sebaiknya nginap di Novhotel Lombok;

      3. Ada dua jalur menuju Bangsal yaitu jalur Senggigi dan Jalur Pusuk (monkey Forest);

      4. Menghabiskan senja di Senggigi : View Sunset di Malimbi Satu atau Malimbu Dua ;

      5. Kalau beli kain Tenun, ada banyak di Lombok, seperti di perkampungan2 asli suku sasak ataupun di toko ole2 yang ada di Mataram. Saran saya sih ke Slamet Riyadi aja, kualitas kainnya bisa dijamin baguslah dan ada kelas2nya juga. hehe.. yang bagus ya lebih mahal. :-D ;

      6. Di Gili Trawangan, banyak tawaran paket snorkeling trip ke tiga pulau (Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air), harga paketnya Rp 125.000 (include makan siang di Gili Air + peralatan snorkeling). Tapi kita harus udah standbay di Gili Trawangan sebelum jam 10 pagi, kerena ngetripnya mulai Jam 10 pagi s.d. jam 3 sore (bahkan sisa lebih) ;

      7. Wisata Kuliner : Ayam Taliwang, Kangkung Plecing, Nasi Balap, Sate Rembiga, Sate Bulayak, Telur Asin, Dodol Rumput Laut. Kurang lebih itu mbak untuk wisata Kulinernya. hehe..

      Terima Kasih semoga membantu perjalanan Anda. :-)

      by Traveler Kere, Kece & Hepi.

      Mari Jelajah Indonesia kita. ^_^

      Hapus
    3. wahh.. makasih yah.. perjalanan sengigi (sunset house lombok) ke bangsal brp lama mas? terus transport ke bangsal dari sunset house apa yah dan kisaran biayanya brp? :D
      tenkiu very much

      Hapus
  29. halooo.. salam kenall. Blognya keren sekali... semoga kapan2 bisa joint di next trip ala backapackernya..:)
    Mohon infonya dong, penginapan selama di gilitrawangan. Kami akan kesana akhir Januari ber delapan.. makasihhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba Famunaya Homestay... stau saya harga paling murah 120ribu include breakfast Omelete, Pancake, Toast n Jam sama Telor Rebus. Kalo tanpa sarapan kena 100rebu buat 2 org. 081907991028 , gw rencana nginep disana tgl 10 Oct ini. Yg asik nya lagi org homestay nya bakal jemput kita di Dermaga so ga buang wkt cr alamat.

      Hapus
  30. Halo mas, mau tanya dong, kalau misalnya mau nyebrang di bangsal pake kapal biasa tapi bawa koper ukuran kecil ribet ga ya atau masih memungkinkan? makasihh....

    BalasHapus
  31. Mas broo..... nanya ya... di Bangsal ada penginapan murah kagak yak... ?

    BalasHapus
  32. Mas bro nanya lagi... nginep di LOP boleh ga ya ? Btw Damri paling pagi dari LOP ke sengigi jam brapa tau ga mas broo... ?

    BalasHapus
  33. Hello Mas,
    Saya dan suami mau ke gili trawangan bulan january tahun depan.. (masih lama sih tapi aku suka planning and research dulu) hehehe.. blognya mas sangat membantu tapi saya punya pertanyaan2:

    1. Kalo pesawat tiba di LOP jam 1 siang, boleh ga kami ke Desa Sade, Pantai Kuta, Tanjung Aan, Batu Penyu, dan Senggigi sebelum ke Pelabuhan Bangsal? (Ga akan lama2 sih... palingan foto2 trus jalan lagi)

    2. Kalau waktunya ga cukup, bisa ga recommend tempat2 yang searah ke pelabuhan yg must see kalo ke lombok?

    3. Berapa yah kira2 buat bayar taxi? Apa ada alternatif lain? Misalkan sewa mobil?

    4. Di Gili Trawangan kami mau nginap di traditional rumah sasak. Saya liat di Agoda ada Manta Dive Hotel & Cotton Tree Cottage tapi saya bingung mau pilih yang mana.. hehehe.. bisa tolong rekomendasinya yah.. :)

    Maaf yah kebanyakan tanya. Thank you soooo much..

    BalasHapus
  34. maksud saya Batu Payung. Sorry..LOL.

    BalasHapus
  35. haii salam kenal ya mas :)

    mas mau nanya2 boleh ya..:

    1.Kebetulan bulan april nanti mau ke lombok mumpung dpt tiket promo hihii..tp pesawatnya tiba malam di lombok, sekitar jam 9 malam.Enaknya nginep dmn ya mas (tp yg low cost).Sy sempat baca di artikel mas yg lain, kalo di mataram itu banyak yg murah..besoknya mau ke gili,kira2 enakan nginep di senggigi or mataram ya mas biar dekat, soalnya sy baca bberapa rekomendasinya dari senggigi qiqiqi..

    2.kalo nginep di senggigi or mataram objek wisata pantai yg bs dikunjungi dmn aja ya?

    Makasih yaa mas sebelumnya ^^..

    BalasHapus
  36. Hallo mas..mw tnya nie transportrasi dr pelabuhan bangsal menuju bandara ada gak ya???.mohon infox

    BalasHapus
  37. halo mas..kira2 kalo bawa anak 1 tahun bisa ga ya?
    thanks

    BalasHapus
  38. Mas nanyaaaaa.... Saya sendirian k lombok nih, stay d kebon vilas senggigi tgl 19 feb. Pesawat landing d BIL jam 10an. Mau bgt nikmatin pura bolong lanjut penginapan. Dari bandara naik apa yah? Turun dmana? Ada info bisa gak ikut tour gili kl cuma 1org doank. Pliiiiizzz jawabanny mas... Dadakan... hehe.. makasiihhh..

    BalasHapus
  39. Mas mau nanya kalau untuk penginapan mobil di bangsal ada ngga ya mas? Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  40. Halo, bro Bonando!
    Salam kenal.
    Mau tanya nih, lebih tepatnya mohon petunjuk. Saya berencana utk liburan di Lombok selama 4 hari, 3 malam. Start dari Gili Trawangan (± jam 2 siang) dan 3 hari setelahnya bertolak ke Jakarta (± jam 6 sore dari bandara).
    Target tempat wisata mana saja yg sebaiknya dikunjungi (rute terbaik, minus Gunung Rinjani), bro?
    Terima kasih banyak sebelumnya. :)

    BalasHapus
  41. Buat anda yang masih bingung mencari-cari tempat untuk menginap jika anda punya planning untuk traveling ke gili trawangan, saya menawarkan fasilitas hotel yang kami miliki, Harga/ malam pun sesuai kantong orang-orang indonesia..

    silahkan cek www.dejavuhotel.blogspot.com
    Atau bisa cek di facebook fanpage kami : Dejavu Hotel Gili Trawangan

    BalasHapus
  42. Desember 28 ini kami mau menyeberang ke gili trawangan dari bali. Bagaimana ombak? Moga2 menang ya... Makaciiiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah ketik... Maksud rania, moga2 tenang :)

      Hapus
    2. wah mba rania berapa orang? saya juga rencana sekitar tanggal segitu mau ke gili..
      boleh minta contactnya mba?

      Hapus
  43. wah keren nih infonya lengkap dan dsangat bermanfaat bagi ya yg ingin ke gili trawangan..

    Paket Wisata Lombok
    Mutiara Lombok

    BalasHapus
  44. malam mas, saya ada rencana ke lombok lewat bali awal agustus. rencana dari padang bai sekitar j 8 pagi akan di lombok hanya 2 hari 1 malam dan pulang ke bandung melalui lombok dgn pesawat j 2 siang. Tempat yg ingin dikunjungi desa Sade dan snorkling di gili.
    Tlg minta masukan rutenya, saya hanya berdua dengan ibu, apakah lebih baik dgn kendaraan umum ke desa sade atau ada rekomen penyewaan motor. Dan kalau kami pagi dari gili trawangan apakah sempat mengejar pesawat j 2, bagaimana kondisi penyebrangan? trims

    BalasHapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  46. Selamat malam. Saya nanti rencananya mau nanjak Rinjani naik via Sembalun dan turun via Senaru. Nah dari Senaru rencananya mau ke Desa Sade.
    Kalau boleh tau, dari Senaru ke Sade naik transportasi apa dan kira-kira berapa lama ya?
    Terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam, Kalau dari Senaru ke Desa Sade, kamu naik mobil tigaperempat tujuan Mataram, biasanya pagi hari dari Senaru.

      Selanjutya dari Mataram, naik taksi atau sewa motor. Karena sepengetahuan kami, tidak ada transportasi publik ke Desa Sade.

      Hapus
  47. Siang, Mau nanya donk.
    Rencana nginap di Tanjung Ringgit. Jadi dari LOP langsung ke Tanjung Ringgit. Nah bsknya mau mampir ke Tanjung Aan & Kuta.
    Kira-kira perjalanan berapa jam yah??
    Dan bisa ditempuh menggunakan apa yah??
    Bawa koper euy..
    Thanks ditunggu infonya :)

    BalasHapus
  48. Wah kalau bawa koper saya sarankan rental mobil saja, biar lebih nyaman jalan-jalannya
    Kalau dari bandara ke Tanjung Ringgit kurang lebih satu setengah jam lebih (kecepatan sedang ya)
    Enjoy Lombok :)

    BalasHapus
  49. Siang,
    Mau tanya lagi nih.
    Berapa ya biayanya kalo rental mobil?
    Ada info rental mobil?
    Thanks dan ditunggu reply nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Info sewa mobil di Lmbok sudah pernah kami bahas, silahkan baca disini saja mbak.

      http://www.marijelajahindonesiaku.com/2016/08/informasi-rental-mobil-di-lombok.html

      Kami sih merekomendasikan Lombok Car Transport, contact personnya 081396175375.

      Hapus
  50. Di gili trawangan ada pemukiman penduduk tidak min? Terimakasih utk jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Yani Aryani,

      Di Gili Trawangan ada pemukiman penduduk kok.

      Terima kasih, mari jelajah Indonesia kita.

      Hapus
  51. salam kenal, sy bertiga dr bandung tiba di lombok pukul 22.00 ......rencananya, mau menginap di gili trawangan 1 hari, kemudian hari ke duanya keliling lombok (1 hari) ..sarannya gimana om? (anngaran terbatas)

    makasih banyak atas bantuannya.... kl tdk keberatan bisa minta no WA nya ? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Orosyid,

      Salam Kenal

      Karena kamu tiba malam di Lombok, kami sarankan untuk sewa kendaraan atau menggunakan travel. Karena disini jarang angkutan umum.

      bisa dibaca ditulisan kami sebelumnya, cara menuju Gili Trawangan :

      http://www.marijelajahindonesiaku.com/2016/01/transportasi-dari-bandara-ke-gili.html


      Terima kasih, semoga informasi kami bermanfaat, Mari Jelajah Indonesia Kita. :)

      Hapus
  52. halo gan sya tgl 7 jaunuari ke gili apakah ada yang bisa di hub utuk guide di gili tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ayu N

      Salam kenal

      Mohon maaf, sementara ini kami tidak punya info perihal guide di Gili Trawangan.

      Terima kasih.

      Hapus
  53. Permisi mau bertanya. Kalau misal dari mataram jam 8 pagi, naik pesawat jam 3 sore. Kira2 waktu kosong antara jam 8 pagi sampai jam 2 siang bisa kah dipakai untuk mengunjungi desa sade + pantai mawun + pantai kuta + tanjung aan kemudian ke bandara? Terima kasih informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ibu Myrna Adeline

      Salam kenal

      Kami rasa waktunya cukup, alasannya:

      1. karena perjalanan dari Mataram ke Desa Sade sekitar 1 jam perjalanan (35 km);

      2. Perjalanan dari Desa Sade ke Pantai Kuta sekitar 20 menit (10 km);

      3. Perjalanan dari Pantai Kuta ke Tanjung Aan sekitar 30 menit (jalanannya tidak bagus);

      4. Perjalanan dari Tanjung Aan ke Pantai Mawun sekitar 1 jam;

      5. Kami sarankan jam 1 siang harus sudah menuju Bandara, karena perjalanannya kurang lebih 45 menit;

      6. Rute yang kami sarankan : Dari Desa Sade ke Pantai Kuta ke Tanjung Aan kemudian ke Mawun;

      7. Pantai Mawun dan Tanjung Aan beda jalur dan pantai kuta berada diantara keduanya. ibarat kata Pantai Mawun ada di Barat dan Tanjung Aan di Timur;

      8. Kalau memang waktu tidak cukup, saya sarankan pilih salah satu : Tanjung Aan atau Pantai Mawun. Dan sebagai gantinya, apabila memilih Tanjung Aan, ibu bisa juga mengunjungi bukit merese dan pantai seger (karena satu jalur) . Dan apabila memilih Pantai Mawun, ibu bisa juga mengunjungi pantai Selong Belanak.

      9. Dan untuk menjangkau semua hal tersebut, kami sarankan ibu menggunakan kendaraan pribadi atau sewa kendaraan. untuk info sewa kendaraan (mobil) sudah pernah kami bahas sebelumnya, bisa dibaca disini :

      http://www.marijelajahindonesiaku.com/2016/08/informasi-rental-mobil-di-lombok.html


      Terima kasih, semoga informasi kami bermanfaat, Mari Jelajah Indonesia Kita. :)

      Hapus
    2. Wah terima kasih banyak atas informasinya. Sangat membantu :)

      Hapus
    3. Baik Ibu Myrna Adeline.

      Mari Jelajah Indonesia Kita. :)

      Hapus
  54. Selamat Pagi Bang,

    saya berencana untuk ke Lombok tanggal 2 Juli 2018.

    rencana destinasi saya ingin ke Taman Wisata Pusuk Sembalun, apakah ini rekomended?berencana akan menyewa motor.

    Lalu untuk di Gili Trawangan apakah bisa dilakukan dengan bulak balik?

    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Ramz Poetra,

      Apabila kamu menyukai suasana pegunungan, desa dan daerah yang sejuk, kami rasa Sembalun rekomended untuk dikunjungi. Dan kami menyarankan supaya kamu menginap satu malam di Sembalun, supaya kamu bisa merasakan sejuknya daerah pegunungan.

      Apabila kamu menginap di Mataram atau Senggigi, kami rasa tidak ada masalah untuk bolak balik ke Gili Trawangan.

      Terima kasih, semoga membantu
      mari Jelajah Indonesia kita. :)

      Hapus
  55. Good JOb
    Jelajah Indonesiaku ­čÖĆ

    BalasHapus
  56. Hello
    Please i just took up LABRADOR PUPPIES breeding as a hobby after my mom passed away because they were her favorite PUPPIES. Despite the fact that they are very intelligent, am finding it very difficult getting them to mate.
    For any information CLICK HERE http://championlabradorhomes.company.com/. THANKS

    BalasHapus
  57. Hello Yorkies From Elvis Yorkshire Terrier - Specializing in Teacup Yorkies
    We are small breeders whose goal is to produce healthy, high quality little teacup size Yorkie puppies for sale. In order to have puppies for sale most of the time we have teamed up with a couple of other Yorkie breeders that have the same goals in mine. In fact we have some of their Yorkie breeders and they have some of our breeders.
    yorkies for sale, teacup yorkie puppies for sale, Yorkie puppies for sale
    yorkie for sale, teacup yorkies for sale

    BalasHapus
  58. All kittens adopted from royaltykitten.com Sphynx Cattery come with current vaccinations, dewormings, written sales contract, Two year health guarantee, health record, Spayed or Neutered, 30 days of free pet insurance for your kitten,
    sphynx cats for sale, sphynx kittens for sale, hairless kitten for sale, hairless cats for sale, and a kitten care package which includes food, litter and several surprises for you and your kitten. sphynx cat for sale near me, sphynx kitten for sale, hairless cats for sale near me

    BalasHapus
  59. I absolutely agree with the above. In addition, I would encourage using a service like Yorkie puppies for sale, sphynx cats for sale

    BalasHapus
  60. The dachshund was bred in Germany hundreds of years ago to hunt badgers. https://www.poodlespring.com/ "Dach" means badger and "hund" means dog. The three varieties of dachshund, smooth-, Dachshund puppies for sale wire-,and long-coated, originated at different times. The smooth was the first and arose from a mixture of a miniature French pointer and a pinscher. The breed also comes in two sizes: standard and miniature, with the standard the original size.
    The dachshund has short, strong legs that enable the dog to dig out prey and go inside burrows. Larger versions of the breed were used to chase deer or fox. Smaller dachshunds Dachshund puppy for sale were bred for hunting hares and ferrets.
    The breed is still used for hunting, primarily in Europe, nine in dachshunds puppies for sale ches in height.All three types are known
    The dachshund's coat may be shades of red, black, chocolate, white or gray. Some have tan markings or are spotted or dappled. Dachshunds live about 12 to 15 years. toy poodle for sale espite their size, dachshunds are known for their courageous nature and will take on animals much larger than themselves. Some may be aggressive toward strangers and other dogs.
    As family dogs, dachshunds are loyal companions and good watchdogs. They are good with children if treated well. They can be slightly difficult to train.
    Some dachshund fanciers say there are personality differences among the different varieties of the breed. For instance, the long-coat dachshund is reportedly calmer teacup poodles for sale than the smooth-coat variety,

    BalasHapus
  61. Dachshunds are bred and shown in two sizes: Standard and Miniature. https://www.cutespupsforsale.com/ Standard Dachshunds of all varieties (Smooth, Wirehair, and Longhair) usually weigh between 16 and 32 pounds. Miniature Dachshunds of all varieties weigh 11 pounds and under at teacup poodle for sale maturity. Dachshunds that weigh between 11 and 16 pounds are called Tweenies. Some people who breed exceptionally small Dachshunds advertise them as Toy Dachshunds, but this is purely a poodles for sale marketing term, not a recognized designation. He's bred for perseverance, which is another way of saying that he can be stubborn. Dachshunds have a reputation for being dachshund puppies sale entertaining and fearless, but what they want most is to cuddle with their people. Longhairs are calm and quiet, and Smooths have dachshund for sale a personality that lies somewhere in between. Some Mini Dachshunds can be nervous or shy, but this isn't correct for the breed. Avoid puppies that show these characteristics.Like every dog, Dachshunds need early socialization-exposure to many different people, dachshund puppies for sale near me sights, sounds, and experiences-when they're young. Socialization helps ensure that your Dachshund puppy grows up to be a well-rounded dog. .

    BalasHapus
  62. The breed became very popular in the early 1900s, and in 1913 and 1914, https://oneshoppharmacy.com they were among the 10 most popular entries in the Westminster Kennel Club Show. During World War I, however, the breed fell on hard times in the U.S. and England because they were poodle for sale closely associated with Germany. Dachshund owners sometimes were called traitors and their dogs stoned. After
    World War I, some U.S. breeders dachshunds for sale imported some Dachshunds from Germany and the breed started to become popular once again. The breed faced a similar fate during World War II, but not nearly so severely as during World War I.
    In the 1950s, Dachshunds became one of the most popular family dogs in the U.S. again, a status they have enjoyed ever
    since. While Dachshunds mini dachshund puppy for sale rarely are used as hunting dogs in the U.S. or Great Britain, in other parts of Europe, especially France, they still are considered hunting dogs. mini dachshund puppies for sale Dachshunds also love a challenge, and as long as you incorporate plenty of opportunities to chase and find things, you’ll miniature dachshund for sale have a happy dog.These dogs love their human parents, and really don’t want them to leave.

    BalasHapus
  63. I love what you guys are usually up too. This sort of clever work and coverage! Keep up the excellent works guys I’ve you guys to my own blogroll.
    ragdoll kittens for sale near me


    Hi, of course this piece of writing is actually fastidious and I have learned lot
    of things from it concerning blogging. thanks.
    ragdoll kitten near me

    https://thegorgeousdoodles.com/
    https://www.fluffyhavanese.com/
    https://www.pomeranianpuppiesforsales.com/
    https://thegorgeousragdolls.com/

    BalasHapus
  64. At this time I am going away to do my breakfast, afterward having my breakfast coming over again to read further news
    ragdoll cat for sale


    Usually I don’t read post on blogs, but I wish to say that this write-up very compelled me to try and do it!
    Your writing taste has been surprised me. Thank you, very nice article.
    ragdoll cats for sale

    Hi, I do think this is a great blog. I stumbledupon it ­čśë I may come back once again since I saved as a favorite it.
    Money and freedom is the greatest way to change, may you be rich and continue
    to guide others.
    aussiedoodle for sale

    Wonderful article! That is the kind of info that are supposed to be shared around the net.
    Shame on the seek engines for now not positioning this publish upper!
    Come on over and discuss with my website . Thank
    you =)
    bernedoodles for sale

    What’s Going down i’m new to this, I stumbled upon this I have found It positively useful and it has aided me out loads.
    I hope to give a contribution & help different users like its aided me.
    Good job.
    goldendoodle for sale

    BalasHapus
  65. Generally I don’t learn post on blogs, but I would like
    to say that this write-up very pressured me to try and do so!
    Your writing taste has been surprised me. Thanks, quite
    great article.
    ragdoll kitten for sale


    whoah this blog is excellent i love studying your articles.
    Keep up the good work! You recognize, lots of individuals are looking around for thisinfo, you could help them greatly.
    ragdoll kittens for sale


    Good post. I certainly love this website.
    Continue the good work!
    mini goldendoodle for sale

    Hey! I’m at work browsing your blog from my new iphone
    3gs! Just wanted to say I love reading through your blog
    and look forward to all your posts! Keep up the outstanding work!
    mini bernedoodle puppies for sale

    I’m new to the blog world but I’m trying to get started and create my own. Do you need any html coding
    expertise to make your own blog? Any help would be really appreciated!
    mini aussiedoodles for sale

    BalasHapus
  66. Hey! are using WordPress for your blog platform?

    I’m new to the blog world but I’m trying to get started and create my own. Do you need any html coding
    expertise to make your own blog? Any help would be really appreciated!
    doodle puppies


    Thank you for the good writeup. It in reality was a enjoyment account it.

    Look complicated to far introduced agreeable from you!
    By the way, how could we communicate?
    aussiedoodle puppies for sale


    Good post. I certainly love this website.
    Continue the good work!
    bernedoodle puppies for sale


    Hey! I’m at work browsing your blog from my new iphone
    3gs! Just wanted to say I love reading through your blog
    and look forward to all your posts! Keep up the outstanding work!
    goldendoodle puppies for sale

    BalasHapus
  67. Thanks for sharing your thoughts. I truly appreciate your efforts and I will be waiting for your further
    write ups thanks once again
    pomeranian puppies for sales


    This information is invaluable. Where can I find out more?
    pomeranian for sale


    This is the right webpage for anyone who hopes to understand this topic.
    You realize a whole lot its almost hard to argue with you (not that I really would want to…HaHa).
    You definitely put a fresh spin on a topic that’s been discussed for a long
    time. Great stuff, just excellent!
    teacup pomeranian for sale near me


    It’s amazing to pay a quick visit this website and
    reading the views of all colleagues concerning this article,
    while I am also zealous of getting familiarity.
    pomeranians for sale near me


    I take pleasure in, result in I discovered exactly what I used to be taking a look
    for. You’ve ended my 4 day lengthy hunt! God Bless you man. Have a nice
    day. Bye
    pomeranian teacup for sale

    BalasHapus
  68. Ahaa, its nice dialogue about this piece of writing at this place at this webpage,
    I have read all that, so at this time me also commenting here.
    havanese dogs for sale

    Hi, I do believe this is a great website. I stumbledupon it ;) I am going to revisit yet
    again since I book-marked it. Money and freedom is the greatest way to
    change, may you be rich and continue to help other people.
    havanese puppies for sale


    I used to be suggested this website by means of my cousin. I’m now not sure whether
    this submit is written by him as nobody else know such detailed approximately my problem.
    You’re incredible! Thanks!
    teacup havanese puppy


    Hi my family member! I want to say that this
    post is awesome, nice written and include almost all
    important infos. I’d like to peer more posts like this
    chocolate havanese puppy for sale


    Hello, constantly i used to check blog posts here early in the
    daylight, since i like to find out more and more.
    havanese puppy for sale

    BalasHapus
  69. you will need support or suggestions, write me privately.
    I interested in your implementation/use case.
    the best situs slot terbaik
    Togel2win

    BalasHapus
  70. It is really a very informative and interesting article. I want to say more thankyou about this beautiful blog. It is the best time to apply for a Turkey visa online . All Museums, Attractions, Restaurants, Nightclubs, Bards are Open. And this time the temperature of Turkey is also very favorable to visit.

    BalasHapus
  71. Hi there

    Very nice content and blog, I found it very informative and useful, hope to read more nice articles like this one around here,

    Keep sharing the best content,

    Best regards!

    Your follower

    Salvatore from:

    Compra de Ingresso on-line – Os ingressos para visitar o Patrim├┤nio Mundial Natural e uma das 7 Maravilhas da Natureza, que abriga as Cataratas do Igua├žu, s├úo limitados e vendidos exclusivamente on-line, com agendamento de dia e hor├írio para o passeio no site Tour Cataratas. Conhe├ža tamb├ęm: Hotel das Cataratas do Igua├žu ├ë importante lembrar que n├úo existe a op├ž├úo de compra de bilhete f├şsico no parque. ├ë necess├írio adquirir o ingresso de entrada no Parque Nacional do Igua├žu com anteced├¬ncia em sites autorizados.

    Thanks and take care

    BalasHapus

  72. Hey there! Wonderful post! Many people ask, How to apply for a Turkey e visa? Citizens of eligible countries are allowed to apply and obtain a Turkey evisa after the submission of an online application. Eligible travelers only need a good internet connection and a computer, laptop or tablet to complete and submit a visa application

    BalasHapus