Gili Nanggu dan Gili Kedis si "Aquarium Alam"

Pulau Lombok yang terletak di Nusa Tenggara Barat dan bertetangga dengan Pulau Bali, merupakan wilayah yang memiliki keindahan alam yang sangat komplit dan eksotis. Walaupun Pulau Lombok belum setenar Bali, namun bagi saya keindahan alamnya masih lebih unggul dibandingkan Bali. Pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat juga tidak tinggal diam untuk memajukan potensi pariwisata yang dimiliki, beberapa tahun belakangan ini pemprov NTB menyuarakan “VISIT LOMBOK & SUMBAWA”. Pemerintah provinsi NTB pastinya menyadari potensi wisata yang ada di Nusa Tenggara Barat khususnya Pulau Lombok, akan mampu meningkatkan penerimaan daerah ataupun meningkatkan penerimaan devisa dari sektor pariwisata. Hal ini terbukti dengan semakin banyak wisatawan dalam negeri dan mancanegara yang mengunjungi daerah-daerah wisata yang ada di Pulau Lombok.

Pulau Lombok ini terkenal dengan keindahan lautnya yang biru, pantai pasir putih,  dunia bawah lautnya, air terjun dan juga gunungnya. Hobby traveling telah membawaku ke beberapa obyek wisata yang ada di pulau Lombok ini, baik itu obyek wisata yang sudah terkenal ataupun masih dalam proses untuk jadi terkenal. Apabila Anda mau berlibur, maka Pulau Lombok adalah salah satu pilihan terbaik untuk menjalani liburan Anda baik bersama keluarga, kekasih, ataupun sahabat. Oleh karena itu saya akan memberikan informasi mengenai obyek wisata yang wajib Anda kunjungi apabila berlibur ke Pulau Lombok dan informasi serta foto yang akan saya paparkan merupakan pengalaman pribadi.

Salah satu obyek wisata yang wajib dikunjungi di Pulau Lombok, yaitu :

Gili Nanggu dan Gili Kedis
Gili Nanggu dan Gili Kedis merupakan pulau-pulau kecil yang berada di barat daya pulau Lombok, sebenarnya ada dua pulau lagi yang berdekatan dengan kedua pulau tersebut yaitu gili Tangko dan gili Sudak. Gili-gili tersebut berada di desa Batu Kijuk (daerah Sekotong Barat) dan berjarak sekitar 25 Km dari kota Mataram. Satu hal yang perlu diketahui adalah tidak ada angkutan umum masyarakat dengan rute Mataram ke desa Batu Kijuk, jadi alternatif untuk menuju desa tersebut adalah menggunakan Taksi ataupun menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Lama perjalanan yang akan ditempuh dari mataram ke desa Batu Kijuk  adalah sekitar 1 jam (asumsi kecepatan kendaraan 60 km/jam), sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk menyeberang ke gili-gili tersebut sekitar 20 menit. Untuk mencapai pulau-pulau tersebut, maka kita harus menyewa perahu nelayan seharga Rp 200.000 seharian.

Gili Kedis, Lombok (NTB)
Snorkeling di sekitaran Gili Kedis
Kondisi Terumbu Karang di Gili Kedis
A.K.U.
Penghuni Bawah Laut, Gili Kedis
Sahabatku - Rivanda Tarigan
Ketemu Ubur-ubur (Serasa sudah di Kakaban, KalTim)
Betapa Indahnya titipan Tuhan buat Indonesia

Pada saat perahu mulai mendekati gili Kedis, maka mata kita akan dimanjakan dengan beningnya air laut serta warna biru yang menyegarkan dan juga pantai berpasir putih. Gili kedis merupakan pulau yang sangat kecil dan tidak butuh waktu yang lama untuk mengelilingi pulau ini, cukup 5 menit saja untuk mengelilingi Gili Kedis. Selain dimanjakan dengan keindahan pantainya, kita juga akan terkagum-kagum dengan karang-karang disekitaran Gili Kedis yang masih banyak dan cukup beragam. Kita juga dapat melihat tingkah ikan-ikan yang berenang bebas di sekitaran karang. Apabila Anda membutuhkan liburan yang tenang dan tanpa banyak pengunjung, maka Gili Kedis merupakan pilihan yang sangat tepat untuk liburan Anda.

Pantai Gili Nanggu
Karang di Gili Nanggu
A.K.U. di Pantai Gili Nanggu
Setelah puas bermain di Gili Kedis, maka Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Gili Nanggu. "Gili Nanggu si Aquarium alami," kataku ketika kunjunganku yang pertama ke pulau tersebut. Secara umum pantai di Gili Nanggu tidak jauh berbeda dengan pantai di Gili Kedis ataupun Gili Trawangan. Namun perbedaannya adalah dunia bawah lautnya, di Gili Nanggu ini kita dapat bermain dan memberi makan ikan secara langsung. Apabila kita menyemprotkan roti yang sudah dimasukkan ke dalam botol kepada ikan-ikan yang ada di Gili Nanggu, maka ikan-ikan tersebut akan berkerumun di sekitar kita. Betapa serunya bermain bersama ikan-ikan yang dihidupi oleh alam. Bukanlah hal yang sulit untuk menemukan ikan-ikan tersebut, karena Sekitar lima meter dari bibir pantai dan dikedalaman kurang dari dua meter , kita sudah bisa bermain bersama ikan-ikan tersebut.

Memanjakan para penghuni Gili Nanggu
Bermain bersam ikan-ikan
"Daya Tarik" Gili Nanggu
Bukti Kepedulian kepada Lingkungan
Ada satu hal yang unik di Gili Nanggu ini yaitu ketika kita menggemgam botol kosong ke arah ikan, maka ikan-ikan tersebut akan tetap mendekat ke arah botol kosong tersebut. Mungkin ikan tersebut sudah terbiasa dimanja para pengunjung dengan memberi mereka makan melalui botol. Apabila dibandingkan karang di Gili Nanggu dengan Gili Kedis, maka saya mengatakan karang di Gili Kedis lebih banyak dan lebat. Namun, kalau berbicara mengenai kepuasan melihat dan bermain bersama ikan maka Gili Nanggu masih yang terbaik. Apalagi bila disandingkan dengan Gili Trawangan, keindahan bawah laut Gili Kedis dan Gili Nanggu masih lebih unggul. Perbedaannya hanya pada fasilitas saja, fasilitas di Gili Trawangan sudah sangat lengkap dan terpenuhi sementara di Gili Kedis tidak ada fasilitas dan di Gili Nanggu hanya terdapat Home Stay yang dikelolah oleh pihak swasta.
Informasi Tambahan :
  1. Nomor telepon kapal penyeberangan ke Gili Nanggu & Gili Kedis : 087865197794 (Bpk. Munasip);
  2. Biaya penyeberangan : Rp 200.000 /hari (mengunjungi seluruh pulau);
  3. Biaya masuk Gili Nanggu : Rp 5.000/ orang;
  4. Nomor telepon taxi Blue Bird Mataram : (+62370) 627000;
  5. Informasi penyewaan motor di Lombok
  6. Harga penginapan/ Home Stay di Gili Nanggu : Rp 240.000 s.d. Rp 350.000/ malam;
  7. "DILARANG MEMANCING di AREA GILI NANGGU".
Tips dan Saran :
  • Bawalah bekal/ makanan dan minuman dari Mataram, karena di Gili Nanggu tidak ada penjual makanan dan minuman;
  • Usahakan tiba di Gili Nanggu sebelum jam 12 siang dan disarankan sudah tiba disana pukul 11, supaya bisa melihat warna biru laut yang lebih "jreng". :-D ;
  • Bawa botol kosong sebagai tempat untuk memberi makan ikan;
  • Jangan lupa bawa Sun Block, supaya kulit tidak rusak dan memerah. :-)
 

9 comments:

  1. Hehe.. Tengkyu mas bro. :)

    Ajak keluarga liburan ke Gili Nanggu, soalnya tempatnya cocok buat keluarga. Hehe...

    Mari Jelajah Indonesia kita. :-D

    BalasHapus
  2. terima kasih itslidwina, telah berkunjung ke blog saya.

    Semoga informasinya bisa membantu. :-)

    Mari Jelajah Pulau Lombok. hehe..

    BalasHapus
  3. keren fr nya gan..
    sewa kapal 200rb itu muat brp org ya? 6org ckp gak.
    trus itu termasuk paket alat snorkle & life jacket gak?

    thx gan,

    BalasHapus
  4. transportasi umum ada kok friend... naik di Gerung jurusan ke Pelangan, minta turun di Tawun ratenya 10 ribu ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mw tanya nemas bro... klo dr tawun dah lsg bisa nyebrang yah... kira2 brp jam menuju lokasi??? klo pink beach jaoh g neh??? sorry bnyk nanya, bth bnyk pencerahan

      Hapus
  5. Kalo di gili nanggu kan ga boleh mancing...kalo di gili kedis boleh ga mas broo...

    BalasHapus
  6. Ternyata alam Indonesia indah bangat min :)
    Salam Kenal min.

    Bagi agan-agan yang ingin merasakan lebih dekat keindahan GILI NANGGU dengan foto virtual. Bisa lihat di sini:

    http://indonesiavirtual.com/index.php?option=com_jumi&fileid=11&Itemid=109&id_img=256

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.