Rabu, 26 September 2018

Transportasi Hemat Dari Bandara Lombok ke Gili Trawangan


Buat teman – teman pejalan yang mau memaksimalkan biaya (dana) perjalanannya selama di Lombok, kami sarankan untuk menggunakan opsi ini. 

Pilihannya ada dua yang kami rekomendasikan, yaitu:
  1. Sewa Motor dari Bandara Lombok Internasional Praya; &
  2. Menggunakan transportasi umum dengan cara menyambung (ngeteng).

Transportasi yang kami sarankan adalah sebagai berikut :

1. Sewa Motor dari Bandara Lombok Internasional Praya
  • Rute Bandara Lombok ke Pelabuhan Bangsal
    Pilihan Transportasinya adalah Sewa Motor Lombok di Bandara Praya.
    Bagi Anda yang mau berwisata ke Gili Trawangan, Gili Air & Gili Meno, namun berencana untuk singgah ke obyek wisata lain misalnya Pantai Kuta Lombok, Wisata Kuliner di Mataram atau singgah di Pantai Senggigi. Kami sarankan Anda untuk menyewa sepeda motor yang bisa antar ke Bandara Lombok, karena ini sangat memudahkan untuk mengeksplor tempat-tempat wisata di Lombok.

    Tetapi kami tidak menyarankan kepada Anda yang berlibur menggunakan koper, karena tidaklah nyaman mengendarai sepeda motor sambil membawa koper dan juga untuk keselamatan Anda di jalan.

    Untuk biaya sewa motor di Lombok, kami rasa tidak berbeda jauh alias antar jasa sewa kendaraan tarif sewanya kurang lebih sama, mulai dari Rp 75.000 s.d. Rp 90.000, tergantung jenis kendaraan yang Anda gunakan dan tahun pembelian kendaraan. Untuk sepeda motor Honda Beat 110cc, biasanya tarifnya Rp 75.000 s.d. Rp 80.000 dan Honda Vario 125cc, biasanya tarifnya Rp 80.000 s.d. Rp 90.000, untuk penggunaan 1 hari (24 jam). Dan biasanya dikenakan biaya antar dan jemput kendaraan di Bandara, mulai dari Rp 50.000 s.d. Rp 125.000 untuk pulang pergi, mengingat lokasi penyedia jasa sewa motor tidak ada yang berada di dekat Bandara Internasional Lombok Praya. Biasanya lokasi mereka berada di kota Mataram dan Senggigi.

    Pesan kami kepada Anda yang berencana melakukan sewa motor lombok di Bandara Praya, jangan sampai tergihur dengan tarif sewa yang terlalu murah, karena bisa jadi kendaraan yang Anda gunakan adalah motor tahun lama, bisa sekitar 10 tahun yang lalu. Selain berpotensi mengalami masalah selama di perjalanan, misalnya mogok atau tarikan sepeda motornya yang tidak lagi kuat, mengingat kondisi jalanan di Lombok di beberapa titik berupa bukit/tanjakan. Karena, ada informasi dari beberapa pejalan dan teman yang mengalami masalah dengan sewa motor di Lombok yang murah, tetapi kondisi sepeda motornya kurang layak.

    Ingat, Anda ke Lombok untuk berlibur, bukan membuat masalah untuk kesalamatan Anda, jadi jangan karena sesuatu yang terkesan lebih murah, malah membuat liburan Anda terganggu. :)

    Untuk informasi sewa motor lombok di Bandar Udara Internasional Lombok Praya, sudah kami bahas juga sebelumnya disini : Informasi Lengkap : 5 Penyedia Sewa Motor Lombok di Bandara yang Murah & Recommended

  • Rute Pelabuhan Bangsal ke Gili Trawangan
    Pilihan transportasi hemat menuju Gili Trawangan, yaitu :

    Kapal Lambat (Kayu)

    Tarif penyeberangannya adalah Rp 15.000 per penumpang, namun kapal harus terisi penuh terlebih dahulu baru melakukan penyeberangan ke Gili Trawangan. Lama perjalanan sekitar 45 menit dan informasi terakhir apabila gelombang laut lagi besar, maka akan kerasa guncangannya.
Untuk informasi penyeberangan ke Gili Trawangan sudah pernah kami bahas sebelumnya, bisa Anda baca informasinya di link berikut (Informasi Penyeberangan ke Gili Trawangan).

Jadi, apabila Anda memilih opsi ini, maka total dana yang Anda keluarkan adalah :
  1. Sewa Motor      : Rp 80.000
  2. Biaya antar        : Rp 50.000
  3. Parkir inap         : Rp 10.000
  4. Kapal Kayu        : Rp 15.000
  5. Total                   : Rp 155.000

 2. Menggunakan transportasi umum dengan cara menyambung (ngeteng)
  • Rute Bandara ke kota Mataram
    Pilihan Transportasinya adalah Bus Damri (AC).
    Kami sarankan supaya Anda menginformasikan terlebih dahulu kepada petugasnya supaya diturunkan di Pool Damri Mataram, supaya ongkos/ tarifnya Rp 30.000,-. Lama perjalanan dari Bandara ke Pool Damri menggunakan Bus Damri adalah 50 menit.

    Ada catatan penting yang harus kami informasikan yaitu Bus Damri beroperasi sampai penerbangan terakhir setiap harinya alias jangan khawatir sekiranya Anda menggunakan penerbangan paling akhir/ malam menuju Lombok, Bus Damri menuju kota Mataram ataupun Senggigi masih tersedia. Dan loket pembelian tiket berada di dekat pintu ketibaan domestik.

    Atau Anda bisa juga menghubungi jasa sewa mobil di Lombok. Untuk informasi sewa mobil di Lombok, sudah kami bahas juga sebelumnya disini : Informasi Lengkap : 7 Penyedia Sewa Mobil di Lombok yang Murah & Recommended
     
  • Rute kota Mataram ke Pelabuhan Bangsal
    Pilihan transportasi hemat menuju Pelabuhan Bangsal, yaitu :


    Sewa Motor 
    Apabila Anda ingin cepat – cepat atau segera ke Gili Trawangan ataupun berencana mengeksplor wisata Lombok (selain Gili Trawangan tentunya), kami sarankan untuk terlebih dahulu menyewa motor di kota Mataram. Selain lebih mengoptimalkan waktu Anda, menurut kami lebih menghemat biaya perjalanan. Karena di Lombok sangat sulit menemukan transportasi umum seperti angkot ataupun bus antar kota, kalau taksi ada banyak di Lombok.

    Untuk biaya sewa motor di kota Mataram sekitar Rp 75.000 s.d. 80.000 perharinya, tidak termasuk bensin. Anda bisa melakukan pemesanan motor dengan menghubungi adminnya terlebih dahulu dan motor akan diantar langsung ke Pool Damri. Salah satu penyewaan motor di Mataram adalah Lombok Motor Bike Rental, Anda bisa menghubungi adminnya di 087765448040 (CALL/TEXT/WHATSAPP) atau check langsung di website mereka di link berikut www.lombokmotorbike.com  . Rental motor ini memberikan fasilitas antar motor ke Pool Damri sehingga mempermudah para pejalan yang ingin langsung ke Gili Trawangan.  Selain itu, penyewa juga diberikan gratis peta pulau Lombok.

    Untuk informasi penyewaan motor di kota Mataram sudah pernah kami bahas sebelumnya, bisa Anda baca informasinya di link berikut (Informasi Penyewaan Motor di Kota Mataram).

    Informasi terakhir, Anda tidak usah khawatir perihal “Bagaimana dengan motornya, kalau saya menyeberang ke Gili Trawangan?”. Jawabannya adalah motor tidak bisa dibawa menyeberang ke Gili Trawangan, Anda harus memarkirkannya di Pelabuhan Bangsal. Terdapat banyak tempat parkir inap di sekitar Pelabuhan Bangsal dengan tarif Rp 10.000 per malam, namun kami sarankan untuk memilih tempat parkir yang indoor, supaya lebih aman.
    Parkir motor di Pelabuhan Bangsal

  • Rute Pelabuhan Bangsal ke Gili Trawangan
    Pilihan transportasi hemat menuju Gili Trawangan, yaitu :

    Kapal Lambat (Kayu)

    Tarif penyeberangannya adalah Rp 15.000 per penumpang, namun kapal harus terisi penuh terlebih dahulu baru melakukan penyeberangan ke Gili Trawangan. Lama perjalanan sekitar 45 menit dan informasi terakhir apabila gelombang laut lagi besar, maka akan kerasa guncangannya.
Untuk informasi penyeberangan ke Gili Trawangan sudah pernah kami bahas sebelumnya, bisa Anda baca informasinya di link berikut (Informasi Penyeberangan ke Gili Trawangan).


Jadi, apabila Anda memilih opsi ini, maka total dana yang Anda keluarkan adalah :
  1. Bus Damri         : Rp 30.000
  2. Motor                  : Rp 75.000
  3. Parkir inap         : Rp 10.000
  4. Kapal Kayu        : Rp 15.000
  5. Total                   : Rp 130.000
Dan apabila berdua bisa lebih murah (hemat).

Apabila Anda membawa barang dan tidak nyaman untuk berkendara, kami sarankan untuk menggunakan jasa travel saja dari Bandara Lombok Praya ke Gili Trawangan , Air & Meno, bisa langsung cek di website mereka di link berikut ini www.lombokcartransport.com atau bisa baca infonya di tulisan kami sebelumnya di link berikut ini Transportasi Dari Bandara Lombok ke Gili Trawangan, Gili Air & Gili Meno

Demikian informasi dari kami terkait Transportasi Hemat dari Bandar Udara Internasional Lombok ke Gili Trawangan, semoga membantu perjalanan Anda.

Pesan terakhir dari kami, Jangan Lupa untuk Menjadi Pejalan Cerdas a.k.a. Smart Traveller.



Share:
Location: Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia

0 comments:

Posting Komentar

About me

About Me

Catatan Perjalanan Keliling Indonesia dan berbagi informasi tentang obyek wisata di Indonesia.

Read More

Total Pengunjung Blog

Labels

Blog Archive