Rabu, 26 September 2018

Informasi Penyeberangan ke Gili Air, Meno, dan Trawangan by Fast Boat & Slow Boat


Informasi Terbaru per 1 Desember 2017

Berikut ini informasi terbaru (per 2 Desember 2017) mengenai biaya dan jadwal penyeberangan ke Three Gili's yaitu Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan. Sebelum saya memulainya, ada baiknya saya memperkenalkan terlebih dahulu mengenai ketiga gili tersebut.  Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan merupakan tiga pulau kecil yang terletak di sebelah barat daya pulau Lombok. Ketiga pulau tersebut merupakan destinasi favorit wisatawan domestik dan asing. Gili Air merupakan pulau yang paling dekat dengan pulau Lombok sedangkan Gili Meno merupakan pulau yang berada diantara Gili Air dan Gili Trawangan.

Untuk informasi detail rute dari Bandar Udara (Bandara) Internasional Lombok ke Gili Trawangan/ Pelabuhan Bangsal, kamu bisa baca di link berikut ini: Transportasi Dari Bandara Internasional Lombok ke Gili Trawangan (Bangsal)

Atau Anda bisa juga menghubungi jasa sewa mobil di Lombok. Untuk informasi sewa mobil di Lombok, sudah kami bahas juga sebelumnya disini : Informasi Lengkap : 5 Penyedia Sewa Mobil di Lombok yang Murah & Recommended

Public boat at Gili Trawangan

Untuk bisa mencapai ke pulau-pulau tersebut, maka kita harus menyeberang dari pulau Lombok. Starting point penyeberangan ke Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan yaitu dari pelabuhan Bangsal Pemenang dan Teluk Nara. Teluk Nara merupakan tempat penyeberangan para penumpang yang akan mencharter perahu atau kapal. Namun jangan khawatir, karena ada transportasi publik menuju ketiga pulau tersebut yaitu melalui pelabuhan Bangsal Pemenang. Pelabuhan ini dikelola oleh pihak swasta (Karya Bahari) dan berada dibawah pengawasan pemerintah daerah Kabupaten Lombok Utara. Sehingga tarif penyeberangannya pun sudah ditetapkan berdasarkan peraturan pemerintah daerah dan harganya relatif murah.

"Bagi Anda yang masih bingung dengan rute dan obyek wisata yang akan dikunjungi di Lombok, Silahkan Anda baca disini: Informasi Lengkap 5 Pilihan Itinerary 4 Hari 3 Malam di Lombok  "                  

Kali ini kami akan memberikan informasi terkait informasi penyeberangan ke Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno, dengan beberapa pilihan, diantaranya sebagai berikut:
  1. Pilihan Nyaman dan Cepat by Speed Boat / Fast Boat ke Gili Trawangan, Air & Meno
  2. Pilihan Murah (hemat) by Slow Boat ke Gili Trawangan, Air & Meno.
1. Pilihan Nyaman dan Cepat

Bagi teman-teman yang memilih opsi ini untuk ke Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno maka akan menaiki speed boat / fast boat (kapal cepat) dan melalui pelabuhan Teluk Nara .
Adapun keuntungan dari memilih opsi ini adalah 
  • Waktu yang digunakan lebih efisien, karena setibanya di pelabuhan Teluk Nara, Anda bisa langsung menyeberang ke Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno, tanpa harus menyesuaikan jadwal speed boat / fast boat atau tamu lain;
  • Waktu tempuh untuk menyeberang lebih singkat, karena Anda langsung dibawa ke tujuan, tanpa harus singgah-singgah ke pulau-pulau lain, seperti halnya kalau menggunakan kapal penyeberangan untuk publik (umum). Lama perjalanan menyeberang ke Gili Trawangan biasanya ditempuh sekitar 7 menit saja;
  • Lebih nyaman, karena isi di dalam speed boat / fast boat hanya grup (kelompok) Anda saja dan satu speed boat / fast boat bisa menampung s.d. 7 orang;
  • Tidak ada biaya tambahan seperti biaya tiket masuk obyek wisata (seperti halnya di kapal penyeberangan untuk publik/ umum);
  • Jam operasionalnya 24 jam, mau menyeberang di malam hari juga akan dilayani;
  • Untuk biaya penyeberangan menggunakan opsi inipun bervariasi, mulai dari Rp 350.000 s.d. Rp 450.000 untuk sekali jalan.
Ada beberapa pihak yang menawarkan jasa penyeberangan ke Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno melalui pelabuhan Teluk Nara, berikut ini informasi mengenai jasa penyeberangan ke GIli Trawangan, diantaranya:
  1. NARA SPEED BOAT (penyebrangan ke Gili Trawangan - Recommended)
    Lokasinya berada di pelabuhan Teluk Nara.
    Untuk tarifnya bisa dicek / dilihat di websitenya yaitu WEBSITE NARA TRANSPORT
    Atau hubungi langsung call centernya , bisa dihubungi via Whatsapp juga
    Untuk melihat galeri fotonya bisa cek di  Instagram Nara Speed Boat

    Mengapa Recommended??? karena setibanya tamu di pelabuhan, langsung menyeberang dan tanpa menunggu lama. Kemudian
    speed boat / fast boat nya masih bagus, disiapkan pelampung alias safety first. Dan terakhir jam operasionalnya 24 jam.

2. Pilihan Murah (hemat)

Ada beberapa hal yang perlu diketahui terkait penyeberangan ke Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air, yaitu :
  1. Penyeberangan dari pelabuhan Bangsal Pemenang ke Gili Trawangan

    Karcis Hijau - Tiket penyeberangan ke Gili Trawangan (Foto Tahun 2012)

    Penyeberangan dari Bangsal ke Gili Trawangan atau sebaliknya merupakan jalur yang paling banyak dilayani, hal ini karena banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke pulau tersebut. Penyeberangan dibuka setiap hari yaitu mulai pukul 08.00 WITA dan tutup pada pukul 17.00 WITA, tahun 2010 yang lalu jalur penyeberangan tutup pukul 15.00. Hal tersebut membuktikan, dalam dua tahun terakhir semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Gili Trawangan.
    Biaya penyeberangan menggunakan public boat adalah Rp 15.000/orang untuk sekali jalan. Namun kita bisa menyewa/ mencharter perahu ke Gili Trawangan dengan tarif Rp 500.000 untuk sekali jalan dan Rp 950.000 untuk pulang pergi.
    Ketika membeli tiket penyeberangan, maka petugasnya akan meminta dan mencatat nama calon penumpang. Kemudian petugas akan memberikan karcis dan penumpang yang akan menyeberang dikelompokkan sesuai dengan warna karcisnya (maksudnya adalah penumpang yang memiliki warna yang sama akan berada pada kapal yang sama juga). Warna karcisnyapun beragam yaitu putih, kuning, hijau, biru dan pink.
    Lama perjalanan dari Bangsal ke Gili Trawangan yaitu sekitar 25 s.d. 35 menit (tergantung besarnya gelombang).

  2. Penyeberangan dari  pelabuhan Bangsal Pemenang ke Gili Meno
    Penyeberangan dari Bangsal ke  Gili Meno hanya ada tiga kali setiap harinya yaitu pukul 09.00 WITA, 14.00 WITA dan 17.00 WITA. Sedangkan biaya penyeberangan menggunakan public boat adalah Rp 10.000/orang untuk penyeberangan pukul 09.00 WITA dan Rp 25.000 untuk penyeberangan pukul 14.00 & 17.00 WITA (untuk penyeberangan siang, walaupun penumpangnya hanya dua orang, tetap dilakukan penyeberangan) .  Namun kita bisa menyewa/ mencharter perahu ke Gili Meno dengan tarif Rp 450.000 untuk sekali jalan dan Rp 850.000 untuk pulang pergi.
    Lama perjalanan dari Bangsal ke Gili Meno yaitu sekitar 20 s.d. 30 menit  (tergantung besarnya gelombang).

  3. Penyeberangan dari  pelabuhan Bangsal Pemenang ke Gili Air
    Penyeberangan dari Bangsal ke Gili Air dimulai pukul 08.00 WITA s.d. 11.00 WITA setiap harinya. Setelah pukul 11.00 WITA tidak ada lagi penyeberangan ke Gili Air. Sedangkan biaya penyeberangan menggunakan public boat adalah Rp 12.000/ orang untuk sekali jalan. Namun kita bisa menyewa/ mencharter perahu ke Gili Air dengan tarif Rp 360.000 untuk sekali jalan dan Rp 700.000 untuk pulang pergi.
    Lama perjalanan dari Bangsal ke Gili Air yaitu sekitar 20 s.d. 30 menit  (tergantung besarnya gelombang).

  4. Penyeberangan antar pulau (Hoping Island)
    Selain melayani penyeberangan dari pelabuhan Bangsal Pemenang ke tiga pulau tersebut (Three Gili's), pihak Karya Bahari juga melayani penyeberangan antar pulau yaitu dari Gili Air ke Gili Trawangan (singgah di Gili Meno) atau sebaliknya. Dalam sehari melayani dua kali penyeberangan yaitu pukul 09.00 WITA dan 15.00 WITA, baik itu penyeberangan dari Gili Air maupun Gili Trawangan.
Informasi mengenai biaya dan jadwal penyeberangan saya peroleh pada bulan Februari 2016 dan sewaktu-waktu bisa berubah. Apabila Anda berniat mengunjungi Gili Air dan Gili Meno, maka sebaiknya datang lebih cepat ke pelabuhan Bangsal Pemenang.



INFORMASI TAMBAHAN :

  1. Saat ini untuk menikmati obyek wisata Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan (Three Gili's), setiap pengunjung dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 2.500 (untuk wisatawan domestik) dan pembayarannya dilakukan di loket pembelian tiket penyeberangan. Perincian mengenai biaya tambahan ini adalah :

  • Tiket Masuk Rekreasi Pantai
    Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Lombok Utara Nomor 5 Tahun 2010, maka setiap pengunjung yang masuk wilayah rekreasi pantai dikenakan retribusi (biaya masuk). Sedangkan tarif retribusi (biaya) yang dikenakan adalah Rp 5.000 untuk wisatawan mancanegara (asing), Rp 1.000 untuk wisatawan domestik (anak-anak)  dan Rp 2.000 untuk wisatawan domestik (dewasa).
  • Pelayanan Terminal Penumpang Laut Kelas C
    Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 14 Tahun 2000 tentang tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada Kementerian Perhubungan, maka setiap penumpang laut kelas C dikenakan biaya sebesar Rp 500 per orang atau per penumpang kapal. 

 2. Untuk Informasi transportasi dari Bandara Internasional Lombok menuju Gili Trawangan ada di link berikut Transportasi Bandara ke Gili
Share:

0 comments:

Posting Komentar

About me

About Me

Catatan Perjalanan Keliling Indonesia dan berbagi informasi tentang obyek wisata di Indonesia.

Read More

Total Pengunjung Blog

Labels

Blog Archive