Rabu, 20 Desember 2017

Published Desember 20, 2017 by jelajah indonesiaku with 6 comments

Kabar Baik Bagi Traveller : Kalender Event Wisata Lombok Sumbawa 2018


Kalender Event Pariwisata Lombok Sumbawa 2018

Rabu, 13 Desember 2017 yang lalu Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui Dinas Pariwisata telah melaunching Calendar of Event 2018 yang diadakan di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.


Hal ini bermula karena Nusa Tenggara Barat telah ditetapkan menjadi salah satu dari 10 destinasi utama di Indonesia atau sering disebut “10 Bali Baru”. Hal ini bukan tanpa alasan, karena potensi pariwisata dan kondisi alam yang dimiliki oleh NTB yaitu Pulau Lombok dan Sumbawa yang menakjubkan.

Semua ada di Lombok-Sumbawa, Potensi alam (nature) NTB berupa keindahan bawah laut, pantai, gunung, hutan, aneka ragam hayati, serta potensi budaya (culture) yang menempatkan pariwisata NTB memiliki daya saing kuat dimata dunia.

Lombok-Sumbawa memiliki kekayaan budaya yang unik dan heterogen, berupa suku, bahasa, tradisi dan adat istiadat seperti Bali, Sasak, Samawa dan Mbojo.

Hal itu mendorong Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Pariwisata terus memacu perkembangan di sektor pariwisata. Salah satunya dengan melaunching Calendar Of Event 2018 sesuai dengan arahan Menteri Pariwisata Arief Yahya yang berpesan agar setiap daerah wajib memiliki calender of event-nya dalam satu tahun penuh.

Event yang akan dilaksanakan tersebut diantaranya :
1.     Lombok Sumbawa Great Sale 28 Januari-28 Februari 2018
2.     Festival Pesona Bau Nyale, 20 Februari 2018
3.     Tour de Lombok Mandalika (tgl 5 – 9 April 2018)
4.     Festival Pesona Tambora (tgl 9 – 11 April )
5.     Multilateral Naval Exercise Komodo ( tgl 4-9 Mei 2018)
6.     Rinjani 100. (tgl 5-7 Mei 2018)
7.     Pesona Khazanah Ramadhan ( tgl 16 Mei s.d 13 Juni 2018)
8.     Mantar Paragliding xc Open ( tgl 15-18 juli 2018 )
9.     Bulan Pesona Lombok Sumbawa (tgl 18 Agustus – 16 Sepetember 2018)
10.  Festival Pesona Moyo ( tgl 10 September- 8 Oktober 2018)
11.  Festival Pesona Senggigi ( tgl 16-20 Sepetember 2018)
12.  Sail Saleh Moyo Tambora (tgl 12-20 September 2018)
13.  Rinjani Golf Tournament ( November 2018 )
14.  Pesona Desa Wisata ( November 2018 )
15.  Festival Lawata ( November 2018 )

Lombok Sumbawa - World Best Halal Tourism Destination

Berikut ini adalah informasi detail tentang event-event yang akan diadakan di Lombok sepanjang tahun 2018.

1.   LOMBOK SUMBAWA GREAT SALE
Jadwal event : 28 Januari s.d. 28 Februari 2018
Merupakan  event  promosi  bagi  setiap  wisatawan  mancanegara  dan  wisatawan  nusantara (domestik) yang akan berkunjung/ berwisata ke Lombok dan Sumbawa.
Lombok Sumbawa Great Sale 2018
Wisatawan akan mendapatkan potongan harga mulai dari tiket, paket tour dan bahkan  diskon  belanja.  Pada  bulan  ini  semua  wisatawan  akan  dimanjakan  dengan  segala  kemudahan  dan kesenangan  berbelanja.


2.   FESTIVAL PESONA BAU NYALE
Jadwal Event  : 20 Februari 2018
Festival Rakyat Bau Nyale merupakan core event kegiatan budaya di pesisir pantai selatan pulau Lombok tepatnya di pantai   Kute (area Kuta Mandalika), pantai Seger dan pantai Aan di Lombok Tengah.
Bau Nyale ini merupakan suatu kejadian  alam  yang  diabadikan  dalam  legenda    “Putri  Mandalika” yang  bijaksana  yang  menjadi   rebutan  dan  ingin  dipersunting  oleh  beberapa  putra  mahkota  kerajaan-kerajaan  di  Lombok.
Untuk menghindari terjadinya perang, maka sang putri memilih mengorbankan dirinya dengan menceburkan dirinya  ke  laut.    Setelah  kejadian  itu  dikisahkan  sang  putri  berubah  menjadi nyale  (cacing wawo) agar bisa dinikmati oleh semua  masyarakat. Legenda  ini  masih melekat dikalangan masyarakat Lombok.


3.   TOUR DE LOMBOK MANDALIKA
Jadwal Event  : 5 s.d. 9 April 2018
Tour de Lombok adalah perlombaan sepeda jalan raya (road race) berkategori UCI 2.2 yang digagas untuk memberikan nilai kompetisi, hal ini seiringan dengan meningkatnya antusiasme dunia terhadap olahraga Sepeda di Indonesia dan Dunia.

Tour De Lombok Mandalika 2018
Selain itu perhelatan ini dapat dijadikan salah satu wadah baru untuk menemukan bakat-bakat baru yang dimiliki Indonesia dalam Olahraga Sepeda.

Dari sisi lain Olahraga, ajang Tour de Lombok ini ingin memperkenalkan salah satu potensi wisata terbesar yang dimiliki oleh Indonesia yaitu Lombok & Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.



4.   FESTIVAL PESONA TAMBORA
Jadwal Event    : 9 s.d. 11 April 2018
Tanggal 10  April  1815,  Gunung  Tambora  di  Nusa  T enggara  Barat  meletus  dengan  sangat  dahsyat, bahkan jauh  lebih  dahsyat dari letusan  Gunung Krakatau tahun 1883.
Tahun 2018, peristiwa ledakan  mahadahsyat  tersebut  akan  memasuki usianya  yang  ke-203.
Festival Pesona Tambora 2018
Untuk  memperingati meletusnya  gunung  tersebut,  pemerintah  Provinsi  Nusa  Tenggara  Barat  akan  menggelar festival  peringatan  yang  diberi  nama  “Festival  Pesona  Tambora.”
Festival  ini  akan  menampilkan seni  dan tradisi  Pulau Sumbawa (Sumbawa Besar,  Dompu dan Bima) antara  lain  : festival  kopi, pacuan kuda,  pawai  budaya  serta  acara  puncaknya  bertempat  di  Doro  Ncanga  Tambora,  Kabupaten  Dompu.


5.   MULTILATERAL NAVAL EXERCISE KOMODO 2018
Jadwal Event    : 4 s.d. 9 Mei 2018
Event ini merupakan salah satu bentuk dukungan TNI AL untuk mendukung target kunjungan wisatawan NTB. Rencananya akan ada 29 kapal Angkatan Laut dari 42 negara, berkumpul di laut Lombok, untuk mengikuti Komodo Exercise, dengan harapan dapat memberi nuansa yang berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya.
Nantinya kegiatan ini diharapkan dapat membawa manfaat positif bagi perkembangan industri kecil dan menengah di NTB, termasuk mempromosikan dan menggaungkan nama NTB di mata dunia.


6.   RINJANI 100
Jadwal Event    : 5 s.d. 7 Mei 2018
Lomba  lari  jarak  jauh  ini  merupakan  event  tahunan  yang  diikuti  oleh  kurang  lebih  18  negara  yang dilaksanakan pada bulan Mei 2018. Pada ajang ini para peserta lomba lari dapat menguji nyali mereka untuk  berlari  di  area  kaki  Gunung  Rinjani  yang  memiliki  keindahan  yang  luar  biasa. 
Rinjani Run 100 Lombok - 2018
Kegiatan  lari  ini dimulai  pada  tengah  malam hingga  berakhir  menjelang subuh.  Lomba  lari  jarak  jauh  ini  di  ikuti  oleh pelari-pelari  ternama,  baik  dari  dalam  negeri  maupun  dari  luar  negeri.



7.   PESONA KHAZANAH RAMADHAN – BUMI SERIBU MESJID
Jadwal Event    : 16 Mei s.d. 13 Juni 2018
NTB merupakan salah satu tujuan wisata halal di Indonesia.  Selama bulan Ramadhan, Pemprov NTB akan  menghadirkan  para  Imam  Besar  dari  4  negara  Timur  Tengah  dalam  kegiatan  Khazanah Ramadhan  dan  diharapkan  Umat  yang  berasal  dari  seluruh  Indonesia  maupun  mancanegara, khususnya  Asia  akan  hadir  di  NTB  untuk  menjalankan  Ibadah  yang  lebih  baik  lagi  dan  khusyuk  selama bulan  suci  Ramadhan.
Sehingga  kegiatan  ini  bisa  menjadi  alternatif  serta  daya  tarik  bagi  para  Umat  untuk  memaknai Ramadhan dengan penuh arti selama bulan Ramadhan sekaligus mempererat tali silaturahim antar Umat  dengan  diramaikannya  aneka  kegiatan  pendukung  seperti  pameran/bazar ,  aneka  lomba, talkshow ,  kegiatan  sosial  dan  lain  sebagainya.


8.   MANTAR PARAGLIDING XC OPEN WEST SUMBAWA
Jadwal Event    : 15 s.d. 18 Juli 2018
Paralayang  merupakan  olah  raga  dirgantara  bergengsi  yang  mengutamakan  ketepatan/akurasi mendarat  selain  dapat  menjadi  olah  raga  rekreasi.  Setelah  sukses  melaksanakan  kejuaraan  dunia paralayang  di tahun  2017 lalu,  yang  bertempat  di Mantar Kabupaten  Sumbawa  Barat dan diikuti oleh 147 peserta dari 20 negara, maka Provinsi NTB akan mengulang kesuksesan event tersebut di tahun 2018.
Mantar Paragliding West Sumbawa Lombok 2018
Melalui sport tourism diharapkan potensi wisata yang ada di Sumbawa Barat ini akan semakin dikenal luas  di  dunia  international.


9.   BULAN PESONA LOMBOK SUMBAWA
Jadwal Event    : 18 Agustus s.d. 16 September 2018
Bulan  Pesona  Lombok  Sumbawa  adalah  salah  satu  bentuk  kegiatan  dalam  usaha  memajukan pariwisata  di  Nusa  T enggara  Barat.  Dalam  pelaksanaannya  pemerintah  daerah  bekerjasama  dengan  para seniman,  budayawan,  stake  holder  pariwisata  dan  komunitas  olahraga  serta  pihak  terkait  lainnya.

Bulan Pesona Lombok Sumbawa 2018
Kegiatan akan dijadikan sebagai ajang  promosi  pariwisata  daerah,  pameran  dan  pagelaran  seni,  parade  kesenian  dan  pertunjukan  daerah, Sport  Tourism  dan  International  Halal  Travel  Fair  yang  diadakan  sebulan  penuh  dari  bulan  Agustus sampai  dengan  bulan  September  2018.


10.       FESTIVAL PESONA MOYO
Jadwal Event    : 10 September s.d. 8 Oktober 2018
Festival  Pesona  Moyo  dihajatkan  sebagai  event  berskala  nasional  dan  internasional  dalam  nuansa  budaya Sumbawa dengan konsep lokasi  menyatu dengan alam/dilaksanakan di kawasan destinasi wisata.

Festival Pesona Moyo 2018
Event ini  melibatkan  peserta  dari  dalam  dan  luar  Kabupaten  Sumbawa  serta  dari  berbagai  negara  di  dunia, dengan tujuan  memperkenalkan  Sumbawa  sebagai  daerah yang  memiliki potensi  wisata bernilai eksotis tinggi  kepada  dunia  internasional. 
Kegiatan  ini  merupakan  sebuah  konsep  brand  dari  nilai  eksotis Sumbawa  yang  telah  menjadi  agenda  festival  tahunan  di  Sumbawa  dan  Indonesia.

11.       FESTIVAL PESONA SENGGIGI
Jadwal Event    : 16 s.d. 20 September 2018
Festival Pesona Senggigi ini merupakan bagian dari kegiatan promosi pariwisata di kabupaten Lombok Barat,  khususnya  daerah  wisata  Pantai  Senggigi.

Festival Pesona Senggigi 2018
Sebagai  bentuk  realisasi  pengembangan  pemasaran pariwisata  yang  dilaksanakan  secara  rutin  tiap  tahun,  secara  berkesinambungan,  yang  disesuaikan dengan  nuansa  potensi  lingkungan  sosial,  seni  budaya  dan  ekonomi  kreatif .

12.       SAIL SALEH MOYO TAMBORA
Jadwal Event    : 12 s.d. 20 September 2018
Sail  SAMOTA (Saleh  Moyo  Tambora)  adalah  salah  satu  bentuk  usaha  Pemerintah  Provinsi  NTB meningkatkan  kunjungan  wisatawan  ke  Nusa  Tenggara  Barat  (NTB)  khususnya  daerah  Sumbawa.


Sumbawa   memang  memiliki  kekuatan  adat  istiadat,  budaya,  dan  juga  peninggalan  sejarah  yang  menarik untuk  ditelusuri.  Dengan  ragam  potensi  tersebut,  para  yachter  dan  wisatawan  bisa  mengetahui  lebih  jauh keindahan  destinasi  sekaligus  keragaman  ethnic  daerah  Sumbawa. 
Dengan  adanya  Sail  Samota  ini diharapkan bisa menumbuhkan potensi lingkungan  sosial, seni budaya dan ekonomi kreatif masyarakat Sumbawa  bisa  lebih  baik  kedepannya.

13.       RINJANI GOLF TOURNAMENT 2018
Jadwal Event    : November 2018
Provinsi  Nusa  T enggara  Barat  dalam  rangka  memperluas  jenis  objek  wisata.  Pada  tahun  2018  akan menitikberatkan  pada  wisata  &  olahraga/sport  tourism. 
Rinjani Golf Tournament 2018
Salah  satu  bentuk  event  sport  tourism  yang digelar  adalah  Rinjani  Golf  Tournament. 
Rinjani  Golf  Tournament  digelar  sebagai  event  olahraga  tahunan Dinas Pariwisata Provinsi Nusa T enggara Barat yang dirangkai dengan peringatan HUT NTB.
Pada tahun 2018,  Rinjani  Golf  T ournament  diprediksi  akan  diikuti  lebih  banyak  peserta  dari  berbagai  Negara.


14.       PESONA DESA WISATA
Jadwal Event    : November 2018
“DESA WISATA” biasanya berupa kawasan pedesaan yang memiliki beberapa karakteristik khusus yang layak untuk menjadi daerah tujuan wisata. Di kawasan ini, penduduknya masih memiliki tradisi dan budaya yang relatif masih asli.
Pesona Desa Wisata Lombok 2018
Selain itu, beberapa faktor pendukung seperti makanan khas, sistem pertanian dan sistem sosial turut mewarnai sebuah kawasan desa wisata. Di luar faktor-faktor tersebut, sumber daya alam alam dan lingkungan alam yang masih asli dan terjaga merupakan salah satu faktor penting dari sebuah kawasan desa wisata.

15.       FESTIVAL LAWATA
Jadwal Event    : November 2018
FESTIVAL LAWATA sebagai salah satu program besar Pemprov NTB. Kegiatan ini biasanya dipusatkan di pantai Kalaki yang berjarak sekitar 5 km dari Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima.

Festival Lawata NTB 2018
Festival Teluk Bima terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yaitu : parade perahu/sampan tradisional, pentas seni budaya, lomba mendongeng atau dikenal dengan Mpama Kade'e, lomba menangkap bebek di laut dan beberapa kegiatan hiburan lainnya.

Apabila Anda merasa, informasi yang kami berikan bermanfaat, silahkan bantu kami dengan menshare info ini ke sosial media kamu dan juga komen apabila ada yang didiskusikan atau ditanyakan.

Pesan terakhir dari kami, Jangan Lupa untuk Menjadi Pejalan Cerdas a.k.a. Smart Traveller.
"Mari Jelajah Indonesia Kita."

    email this       edit

6 komentar: