YANG HARUS KAMU KETAHUI TENTANG AKTIVITAS SNORKELING



Snorkeling in Bali
INFO JELAJAH INDONESIAKU - SERI AKTIVITAS SNORKELING

Snorkeling adalah aktivitas berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa snorkel, masker dan fin (kaki katak). 

Kaki katak berfungsi untuk menambah daya dorong pada kaki, sehingga lebih mudah dan leluasa bergerak.

Snorkeling adalah kegiatan rekreasi air yang populer, terutama di wilayah pantai tropis. Dengan bersnorkeling kita bisa mengamati beraneka ragam flora dan fauna bawah laut seperti: terumbu karang, ikan, kerang, bintang laut, rumput laut, ubur-ubur, udang, dan penyu.

Snorkel adalah bagian dari snorkeling gear atau peralatan selam berupa selang berbentuk huruf J dengan pelindung mulut di bagian ujung sebelah bawah.

Alat ini berfungsi sebagai jalan masuk udara ketika bernapas dengan mulut tanpa harus mengangkat muka dari permukaan air.

Pemandangan bawah air bisa dilihat sambil berenang dengan wajah menghadap ke dasar laut dan bernapas melalui snorkel.

Kegiatan snorkeling bisa dilakukan semua orang. Bagi yang tidak bisa berenang atau tidak bisa mengapung, kami sarankan mengenakan baju pelampung.

Kemudian, saran dari kami, ketika menyelam di air bersuhu rendah, penyelam memakai baju selam untuk menjaga tubuh dari kedinginan. 

Selain itu, baju selam merupakan pelindung tubuh dari luka tergores terumbu karang atau sengatan ubur-ubur.

Hal yang penting pada saat melakukan aktivitas snorkeling adalah menguasai cara bernapas dengan mulut melalui snorkel. Karena ada kalanya kita lupa bernapasnya, yaitu bernapas melalui hidung, sehingga membuat panik.

Bagi pemula yang belum pernah melakukan aktivitas snorkeling bisa mempelajarinya dalam waktu singkat dari pemandu selam. 

Bagaimana cara mengenakan masker, snorkel, dan fin (kaki katak) bisa dipelajari dari pemandu selam atau tempat penyewaan alat selam di pinggir pantai. Namun, kami sarankan sebelum snorkeling di laut, alangkah baiknya latihan terlebih dahulu di kolam.

Menurut tim Jelajah Indonesiaku, wilayah di Indonesia yang menjadi destinasi terbaik untuk melakukan aktivitas snorkeling adalah Friwen Bonda di Raja Ampat dan Pulau Menjangan di Bali. 

Snorkeling Bali ini menjadi pilihan yang lebih terjangkau biayanya ketimbang harus ke Raja Ampat, pilihan lainnya setelah Bali adalah snorkeling di Lombok.

Untuk di Pulau Lombok, beberapa spot snorkeling yang kami rekomendasikan, seperti di Gili Nanggu, Gili Trawangan, Pantai Senggigi.

Tertarik untuk snorkeling di Laut????
Jangan lupa, latihan dulu di kolam air tawar, untuk melatih teknik pernapasan dan keseimbangan tubuh di air.

Terima kasih, Mari Jelajah Indonesia Kita.

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.