7 Pantai di Lombok Yang Wajib Dikunjungi

Lombok merupakan sebuah pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebagai salah satu daerah di Indonesia yang menjadi tujuan wisatawan domestik maupun mancanegara, Lombok  memiliki pesona berupa keanekaragaman yang yang tentunya menjadi sebuah daya tarik bagi wisatawan mulai dari Budaya, Keindahan alam, dan berbagai aktifitas wisata yang tentunya menarik bagi wisatawan yang sedang berkunjung atupun yang ingin berkunjung  ke daerah Lombok(NTB) ini.

Kali ini kami akan membahas 7 keindahan pantai yang paling sering dikunjungi wisatawan ketika berada di Lombok (NTB).
1.    1. Pantai Senggigi
Pantai senggigi merupakan objek wisata pantai yang jaraknya paling dekat dengan pusat kota Mataram, sekitar 17 km dan dapat ditempuh dengan waktu ± 30 menit dengan menggunakan sepeda motor ataupun mobil.

Ketika berkunjung ke objek wisata ini kita akan banyak menjumpai wisatawan mancanegara dan biasanya pengunjung mancanegara ataupun lokal lebih senang menghabiskan waktu dengan berenang, bermain di tepian pantai, atau hanya sekedar berjemur. 

Selain itu di daerah pantai senggigi ini ada salah satu spot untuk surfing, bagi pengunjung yang ingin mencoba atau sekedar melihat orang yang sedang melakukan aktivitas ini bisa langsung datang ke senggigi.

Di daerah senggigi juga banyak terdapat fasilitas-fasilitas umum ataupun pendukung pariwisata seperti Tourist Information, ATM Centre, Minimarket, toko souvenir, Cafe/Restaurant dan Hotel/Villa akan banyak dijumpai ketika kita berkunjung ke senggigi. Daerah ini cukup ramai dikunjungi wisatawan dari pagi sampai malam hari.

Untuk lokasi persisi Pantai Senggigi, bisa kamu lihat di google maps dan kamu bisa memanfaatkan google maps untuk menuju Pantai Senggigi dari lokasi kamu saat ini, bisa dilihat disini (silahkan diklik) : Petunjuk arah ke Pantai Senggigi (GOOGLE MAPS)

Pilihan Transportasi ke Pantai Senggigi ada banyak, diantaranya bisa menggunakan taksi, bisa menggunakan sepeda motor (sewa) dan sudah pernah kami bahas sebelumnya, bisa kamu baca disini Informasi Sewa Motor di Lombok atau bisa juga dengan menggunakan mobil sewaan dan sudah pernah juga kami bahas sebelumnya, bisa kamu baca disini Informasi Sewa Mobil di Lombok . Perlu kami informasikan bahwa angkutan umum seperti angkot, susah ditemukan di Lombok.

2.  2. Pantai Pink Lombok (Pantai Tangsi)
Pantai pink Lombok atau Pantai Tangsi merupakan satu dari tujuh pantai di dunia yang berwarna pink, dan salah satu dari 2 pantai di indonesia yang memiliki keunikan yaitu pasir pantainya yang berwarna pink. 

Ciri khas yang dimiliki pantai ini terjadi dikarenakan pasir putih yang menyatu dengan butiran terumbu karang berwarna merah yang mati dan lebur sehingga berefek kemerahan setelah bercampur dengan air laut dan kemudian terkena pantulan sinar matahari dan membuat warna pink pada pasir semakin terlihat.  

Objek wisata ini terletak di pesisir bagian timur pulau lombok, tepatnya di desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Untuk menuju Pantai pink ini terdapat 2 jalur yang dapat di tempuh yaitu yang pertama melalui jalur darat langsung menuju objek wisata Pantai Pink. Untuk menuju objek wisata ini, kita akan menempuh jarak ± 80km dan dengan waktu tempuh ± 2jam. Untuk informasi tambahan ± 5 km sebelum tiba di Pantai Pink teman-teman akan menghadapi kondisi jalanan yang berlubang dan di beberapa titik tidak beraspal, kami sarankan untuk tetap berhati-hati apalagi ketika hujan.  

Tiba di pintu masuk,  kamu harus membayar tiket masuk sebesar  Rp 5.000 dan dijaga oleh masyarakat setempat. 

Jalur kedua yaitu melalui Pelabuhan Tanjung Luar, Pelabuhan Tanjung Luar merupakan tempat penyebrangan bagi wisatawan yang dikelola oleh pemerintah dan sebuah koperasi yang menyediakan perahu untuk dapat disewakan. 

Untuk harga tiket masuk wisatawan dikenakan  harga Rp 1.000/ orang dan untuk Asuransi sebesar Rp 2.000/orang. Harga sewa untuk perahu yang dikelola sebuah koperasi ini dengan harga sewa Rp.600.000 untuk satu perahu dengan muatan maksimal 12 orang dalam satu perahu. 

Jika dari Mataram jarak tempuh menuju pelabuhan ini sekitar 1 jam 30 menit dan biasanya ketika sampai pelabuhan kendaraan yang digunakan wisatawan dapat diparkirkan di pelabuhan ini dan perjalanan akan dilanjutkan dari pelabuhan tanjung luar langsung menuju Pantai Pink dengan perjalanan  sekitar 20-40 menit jika sambil mengunjungi pulau-pulai kecil selama perjalanan. wisatawan dapat menjelajah dan menikmati pemandangan bukit-bukit dan pulau-pulau kecil yang ada ketika melakukan perjalanan dari pelabuhan tanjung luar menuju pantai pink/tangsi seperti Pulau Pasir, Gili Petelu, Pink 2, Gili Gambir, Gili Sunut dan tujuan utama ialah Pantai Pink/Tangsi. Wisatawan juga dapat melakukan aktvitas  snorkeling di Gili Petelu dan Gili Gambir yang merupakan spot yang sangat cocok untuk aktivitas ini. Wisatawan tidak perlu khawatir jika tidak memiliki peralatan untuk snorkeling, karena koperasi ini juga menyediakan alat-alat snorkeling yang dapat disewakan dengan harga Rp.25.000/orang.

3.  3. Pantai Selong Belanak
Pantai Selong Belanak merupakan pantai yang terletak di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. 

Jika dari kota mataram menuju objek wisata ini dapat ditempuh dengan jarak ± 49km dengan waktu tempuh ± 1 jam jika menggunakan transportasi darat. 

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang paling sering dikunjungi dengan garis pantainya yang membentuk lengkungan seperti bulan sabit atau setengah lingkaran dan dengan pasir putihnya yang lembut dan hamparan pegunungan hijau yang membentang disekeliling pantai ini menjadikan sebuah pesona yang membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung ke objek pantai selong belanak ini.

Bagi pengunjung yang ingin berselancar tempat ini adalah tempat yang cocok namun lebih cocok untuk peselancar yang masih pemula karena ombaknya tidak terlalu besar selain itu aktivitas yang juga dapat dilakukan di objek ini, wisatawan dapat menghabiskan waktu dengan berjemur, berenang dan juga memancing.

Untuk lokasi persisi Pantai Selong Belanak, bisa kamu lihat di google maps dan kamu bisa memanfaatkan google maps untuk menuju Pantai Selong Belanak dari lokasi kamu saat ini, bisa dilihat disini (silahkan diklik) : Petunjuk arah ke Pantai Selong Belanak (GOOGLE MAPS)

4.  4. Pantai Gili Meno
Gili Meno merupakan salah satu dari tiga pulau yang posisinya berada ditengah-tengah antara Gili Trawangan dan Gili Air. Objek ini terletak di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Untuk meuju pulau ini jika dari dari Pusat Kota Mataram menuju Pelabuhan Bangsal wisatawan dapat  menempuh jarak ± 26km dengan waktu tempuh ±45 menit  dengan menggunakan transportasi darat. Kemudian dilanjutkan dari pelabuhan bangsal dengan menggunakan kapal cepat ±10 menit  menuju gili meno. untuk menuju gili meno perahu cepat yang tersedia memiliki waktu yang terjadwal namun tidak perlu lama untuk menunggu karena hampir ada setiap jamnya Untuk harga yang diberikan untuk menaiki boat ini adalah  Rp.85.000/orang. Hal yang membedakan gili meno dengan 2 gili lainya adalah suasana di objek ini lebih sunyi karna lebih sedikitnya penduduk dan wisatawan dibandingkan 2 gili lainya, hal tersebut tentunya menjadikan pantai ini lebih bersih, tenang, dan nyaman bagi wisatawan. Untuk aktivitas yang dapat dilakukan diobjek ini, wisatawan dapat snorkeling & diving menikmati pemandangan bawah air dengan ikan-ikan dan terumbu karangnya yang indah serta wisatawan juga dapat memancing ikan dan mnikmati ketenangan objek ini ini dengan berjemur di pantai gili meno. Biasanya pengunjung yang datang ke objek wisata ini. Namun jika kita berkunjung ke lombok biasanya akan menjelajahi 3 gili  yang salah satunya gili meno agar lebih puas untuk berlibur ke lombok, karna jaraknya yang juga berdekatan. Untuk lebih memudahkan wisatawan, banyak penyedia paket wisata 3 gili untuk satu hari mulai dari harga Rp. 100.000/orang sampai dengan Rp.200.000/orang kita puas menjelajahi 3 gili ini dan menikmati spot-spot snorkeling yang masing-masing memiliki keunikan dan pesona yang berbeda.
5.  5. Pantai Tanjung Aan
Pantai Tanjung Aan merupakan pantai yang terletak di Desa Pengembur, Sengkol, Pujut Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Lokasi dari pantai ini hanya beberapa kilometer saja dari pantai Kuta di Lombok. untuk menuju objek wisata ini kita dapat menempuh jarak ±57km dan dengan waktu ± 1jam 30menit jika memulai perjalanan dari Kota Mataram. Pantai ini memiliki pasir yang sangat lembut/halus dengan garis pantainya cang cukup panjang  yaitu sekitar 2km. Untuk aktivitas yang dapat dilakukan, wisatawan dapat berenang di objek ini dengan kualitas airnya yang masih jernih, ombak yang tenang dan pantai ini tidak terlalu dalam. Selain itu tempat ini sangat cocok untuk wisatawan yang  ingin merasakan ketenangan dengan menikmati pemandangan alam pantai dan bukit-bukit yang indah yang ada disekitarnya objek wisata ini sambil berjemur.

6.  6. Pantai Kuta
Pantai Kuta merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB , Indonesia. Desa ini dapat ditempuh dengan jarak ±51km dan dengan waktu ±1 jam jika berkendara menggunakan mobil ataupun speda motor dari pusat Kota Mataram. Objek ini menjadi salah satu destinasi yang paling sering dikunjung oleh wisatawan, selain pantai terdapat juga sebuah bukit yang dapat dikunjungi untuk menikmati pantai kuta dari ketinggian, bukit ini disebut bukit Mandalika. salah satu daya tarik yang membuat objek ini ramai dikunjungi apalagi antara bulan Februari-maret di desa ini mengadakan sebuah Upacara Bau Nyale dalam perayaan ini nelayan mencari cacing nyale yang merupakan bentuk perubahan dari rambut seorang putri yang bernama mandalika. menurut sebuah legenda setempat dahulunya ada seorang putri, bernama Putri Mandalika, yang sangat cantik, banyak pangeran dan pemuda yang ingin menikah dengannya. Karena ia tidak dapat mengambil keputusan, maka ia terjun ke air laut. Ia berjanji sebelumnya bahwa ia akan datang kembali satu kali dalam setahun. Rambutnya yang panjang kemudian menjadi cacing Nyale tersebut. selain itu pesona yang dimiliki desa ini adalah pantainya yang memiliki panjang garis pantai sekitar 7,2km membentang dengan sangat indah dengan pasir putih yang halus dan juga dengan air lautnya yang bening. Di pantai ini juga menyediakan fasilitas rekreasi air seprti jetski, windsurfer, dan banana boat. Atau wisatawan juga dapat melakukan aktivitas hanya sekedar berenang ditepian dengan kondisi air yang jernih dan cukup tenang dan juga menikmati keindahan alam objek ini.

Untuk lokasi persisi Pantai Kuta Lombok, bisa kamu lihat di google maps dan kamu bisa memanfaatkan google maps untuk menuju Pantai Kuta Lombok dari lokasi kamu saat ini, bisa dilihat disini (silahkan diklik) : Petunjuk arah ke Pantai Kuta Lombok (GOOGLE MAPS)


Sebagai informasi tambahan, kami akan menampilkan review orang - orang di Google Review yang sebelumnya sudah pernah ke Pantai Kuta Lombok. Bisa kamu baca disini Review Tentang Pantai Kuta Lombok (GOOGLE REVIEW)

7.  7. Pantai Mawun
Pantai Mawun adalah salah satu nama pantai yang cukup terkenal dilombok. Terletak di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Untuk menuju objek wisata ini kita dapat menggunakan transportasi darat seperti speda motor atau mobil, jika kita memulai perjalanan dari mataram akan menempuh waktu sekitar 1.20 menit dengan jarak ±52km. merupakan salah satu pantai indah yang ada di lombok membuat pantai ini cukup dinikmati oleh pengunjung yang datang. Kondisi alamnya yang masi asri dan cukup sedikit orang yang berkunjung kepantai ini membuat suasana dipantai ini menjadi tenang. Untuk aktivitas yang dapat dilakukan di objek wisata ini pengunjung dapat berjemur, bermain di pantai dengan pasir yang sangat lembut dan juga pengunjung dapat sekedar bermain air sambil berenang di pinggiran pantai dengan kondisi air yang masih sangat jernih. Dan bagi pengunjung yang  hoby photegrapher, tempat ini sangat cocok untuk menuangkan hoby tersebut. karena di objek ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan posisi pantai yang posisinya terletak diantara dua bukit  hijau yang membuat pantai ini semakin menarik untuk menikmati pemandangannya.


Semoga info dari Jelajah Indonesiaku bermanfaat, apabila kamu merasa informasi yang kami berikan bermanfaat, bantu share di sosial media kamu ya dan jangan lupa komen juga disini.  Terima kasih.

"Mari Jelajah Indonesia Kita"


0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.