5 Makanan Khas Lombok yang Wajib Kamu Coba Ketika Liburan di Lombok

Ayam Taliwang
1.     1. Ayam Taliwang
Ayam Taliwang merupakan masakan khas Lombok yang sudah dikenal oleh banyak orang, karena beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan Bali sering kali kita temukan menjual makanan ini.
Ayam Taliwang ini awalnya dibuat di sebuah kampung bernama Taliwang dan Taliwang ini merupakan nama satu tempat di Pulau Sumbawa (pulau tetangganya Pulau Lombok). Dan saat ini di kota Mataram terdapat sebuah kampung bernama kampung Taliwang yang isinya pendatang dari Taliwang Sumbawa yang sudah menetap secara turun temurun. 

Yang unik dari kuliner khas Lombok ini adalah ayam yang digunakan sebagai bahan dasarnya merupakan ayam kampung muda yang masih berumur 3 s.d. 5 bulan dan akan disajikan dalam bentuk satu ekor ayam utuh. Hal tersebutlah yang membuat ayam ini semakin nikmat untuk disantap karena dagingnya yang lunak, sedikit manis dan bumbu khas lombok yang sangat terasa.

Ada beberapa pilihan Ayam Taliwang yang bisa dinikmati diantaranya Ayam Taliwang Pelecing (cocok bagi penikmat pedas), Ayam Taliwang Bakar Madu dan Ayam Taliwang Goreng. Makanan ini akan terasa semakin nikmat ketika dipadu dengan bumbu tomat dan sayur kangkung sambal plecing.
Untuk harga Ayam Taliwang inipun bervariasi mulai dari Rp 45.000 s.d. Rp 100.000 perporsinya.

Ada banyak rumah makan di Lombok yang menyediakan Ayam Taliwang diantaranya Rumah Makan Taliwang Udin, Rumah Makan Taliwang Irama, Rumah Makan Taliwang DuaEm dan banyak rumah makan Taliwang lainnya, kebanyakan rumah makan ini berada di kota Mataram.

2.     2. Sate Rembiga
Makanan khas Lombok lainnya adalah Sate Rembiga, mengapa disebut Sate Rembiga. karena lokasi penjualan satenya berada di Kelurahaan Rembiga.
Sate ini konon dikonsumsi oleh raja-raja yang ada di pulau Lombok. Hal yang unik dari sate Rembiga ini, dibandingkan sate-sate lainnya adalah dagingnya sudah terlebih dahulu dibumbui, sehingga bumbunya lebih meresap di daging dan tidak ada bumbu tambahan seperti misalnya bumbu kacang. 

Ada tiga pilihan daging yang ditawarkan yaitu daging sapi, kambing dan ayam.
Untuk harga Sate Rembiga inipun bervariasi mulai dari Rp 15.000 s.d. 35.000 perporsinya.
Penjual Sate Rembigapun hanya berada di perempatan Rembiga dan ada beberapa rumah makan yang menjual sate Rembiga ini.

3.      3. Nasi Balap Puyung
Nasi Balap Puyung
 Salah satu kuliner khas Lombok lainnya dan wajib untuk dicoba adalah Nasi Balap Puyung. Nasi Balap Puyung terkenal dengan racikan bumbunya yang pedas. Meskipun pedas, masakan ini banyak diburu dan memiliki pelanggan yang rela antri untuk mendapatkannya. Nasi Balap Puyung yang kini menyebar di berbagai tempat di kota Mataram, awalnya dibuat oleh Inaq Esun di Puyung Lombok Tengah. Kemudian Inaq Esun mewariskan keterampilannya meracik bumbu pedas kepada keluarganya. 
  
 Sajian dalam satu porsi Nasi Balap Puyung cukup sederhana yaitu terdiri dari nasi, kedelai, ayam disuwir dan telur asin. Meskipun sederhana, tetapi nasi balap ini bisa membuat penyuka makanan pedas ketagihan dengan nikmatnya Nasi Balap Puyung.



1.      4. Ayam Rarang
Ayam Rarang adalah makanan khas dari Lombok Timur dan pertama kali diperkenalkan di suatu tempat dengan nama Rarang. Makanan ini disajikan dengan bumbu segar dan menggoda selera. Seporsi Ayam Rarang terdiri dari ayam kampung yang diberi bumbu spesial khas Rarang,  ayam goreng kering dan satu mangkuk sayur bayam.

2.     5. Nasi Kelor
Nasi Kelor merupakan masakan khas dari Lombok TImur, ciri khas dari makanan ini adalah sayur daun kelornya dengan kuah bening. Ditambah dengan lauk berupa daging ayam atau ikan laut, kemudian dipadu dengan sambal yang menggoda selera.
Tapi makanan ini bisa dinikmati di kota Mataram yaitu berlokasi di wilayah Sweta kota Mataram.

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.