Open Trip ke Pulau Komodo (April 2014)

Tahun 2014 ini saya akan melakukan perjalanan ke pulau Komodo yaitu pada tanggal 17 s.d. 21 April 2014. Perjalanan ini akan diawali dari kota Mataram (Lombok), kemudian melakukan perjalanan darat (by mini bus - AC) ke pelabuhan Sape dan dari pelabuhan Sape akan melanjutkan perjalanan menjelajah pulau Komodo selama 3 hari 3 malam. Perjalanan menjelajah kepulauan Komodo ini akan dilakukan menggunakan kapal dan kita akan di kapal selama 3 hari. Setelah selesai tiga hari menjelajah kepulauan Komodo, kita akan kembali ke pelabuhan Sape dan melanjutkan perjalanan darat menuju kota Mataram (Lombok). Total perjalanannya yaitu 5 hari 4 malam, 2 hari perjalanan darat & 3 hari perjalanan laut.

Bagi  kamu yang tertarik untuk bergabung, baca info berikut ini ya. Oiya, biaya untuk mengikuti perjalanan ini adalah Rp 1.999.999,- .

 
FASILITAS YANG DIPEROLEH :
  1. Transportasi AC (mini bus) dari kota Mataram (Lombok) ke Sape dan sebaliknya;
  2. Private Ship selama 3 hari;
  3. Makan pagi sebanyak 3 kali;
  4. Makan siang sebanyak 3 kali;
  5. Makan Malam sebanyak 4 kali;
  6. Tiket masuk pulau komodo;
  7. Air Mineral selama lima hari perjalanan;
  8. Dokumentasi selama ngetrip (sudah termasuk foto underwater);
  9. Pemandu wisata (guide);
  10. Peralatan Snorkeling;
  11. Tip guide.

Informasi lebih lengkapnya, bisa kamu download disini :
Klik disini dan silahkan Download Itinerary Komodo (5D4N)

Perlu untuk diperhatikan :
  1. Seluruh peserta harus sudah berada di kota Mataram sebelum pukul 17.30 WITA (17 April 2014). 
  2. Rute perjalanan yang akan dilakukan adalah :
    Kota Mataram (Lombok) – Pelabuhan Sape – Kepulauan Komodo – Pelabuhan Sape – Kota Mataram (Lombok).
     
  3. Perjalanan ini via Pelabuhan Sape bukan via Labuhan Bajo;
  4. Perjalanan tersebut akan ditempuh selama 5 hari 4 malam dengan kombinasi perjalanan darat & laut.
  5. Perlu diinformasikan kembali :
    • start point trip ini adalah : Kota Mataram (Lombok) 
    • end point trip ini adalah : Kota Mataram (Lombok)

Berikut itinerarynya :

HARI – 1

Pukul 17.30 WITA, seluruh peserta akan berangkat menuju pelabuhan Sape yaitu pelabuhan paling timur provinsi Nusa Tenggara Barat. Pelabuhan Sape merupakan pintu masuk memasuki kepulauan Komodo dan juga provinsi Nusa Tenggara Timur. Perjalanan dari Mataram ke pelabuhan Sape akan memakan waktu selama kurang lebih 13 jam perjalanan darat dan 1 jam perjalanan laut.

HARI – 2
Di hari kedua ada beberapa lokasi yang akan dikunjungi, diantaranya adalah :

1.      Pantai Pink (pulau Komodo);

2.      Kampung Komodo (pulau Komodo);

3.      Taman Nasional Komodo;

4.      Gili Lawa Darat.

Selama tiga hari kedepan, kehidupan kita akan dijalani di kapal dan selama tiga hari itu juga full tour menjelajah kepulauan Komodo, kalau istilah kecenya LOB alias Live on Board. :-)


Setibanya di pelabuhan Sape, seluruh peserta akan langsung menuju kapal dan sarapan di kapal. Sekitar pukul 07.00 WITA, saatnya memulai penjelajahan di bumi Nusa Tenggara Timur yaitu pulau Komodo dan pulau – pulau lainnya. Perjalanan dari pelabuhan Sape ke pulau Komodo biasanya ditempuh selama 6 jam perjalanan laut, namun bisa lebih lama apabila cuaca kurang baik. Dan apabila sudah tiba di pulau Komodo, lokasi yang pertama kali dikunjungi adalah Pantai Pink yaitu sebuah pantai yang memiliki keunikan berupa pasir pantainya yang berwarna merah dan juga surganya spot snorkeling (menurut informasi dari internet dan omongan orang – orang yang sudah pernah berkunjung). Setelah selesai di pantai Pink, perjalanan selanjutnya menuju kampung Komodo. Menurut kepercayaan orang asli kampung Komodo, mereka meyakini kalau mereka dan Komodo merupakan saudara sedarah, jadi dilarang untuk membunuh si Komodo. Dan mereka menyebut Komodo dengan sebutan ORA, ORA yang artinya Komodo, Komodo yang artinya ORA. Setelah selesai di kampung Komodo, selanjutnya seluruh peserta akan menuju Taman Nasional Komodo, disini seluruh peserta akan menyaksikan langsung hewan purbakala yang sudah terpilih menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia. Perjalanan menyaksikan Komodo di habitatnya langsung, akan dipandu oleh Ranger (pemandu). Perjalanan ini akan dilakukan kurang lebih 2 jam perjalanan. Setelah selesai menyaksikan Komodo di habitat aslinya, seluruh peserta naik ke kapal dan melanjutkan perjalanan ke Gili Lawa Darat dan disinilah kita akan menginap (tidurnya di kapal, bukan di pulau).

HARI – 3
Di hari ketiga ada beberapa lokasi yang akan dikunjungi, diantaranya adalah :

1.      Gili Lawa Darat;;

2.      Pulau Tatawa;

3.      Manta Point;

4.      Pulau Rinca.

Aktivitas yang akan dilakukan di hari ketiga adalah ngepantai, snorkeling, makan, lihat sunrise & sunset, habis itu tidur.

Hari ketiga diawali dengan mendaki bukit Gili Lawa Darat untuk menyaksikan sunrise. Setelah puas menyaksikan sunrise di puncak bukit tersebut, seluruh peserta kembali ke kapal untuk sarapan pagi. Setelah itu perjalanan dilanjutkan di pulau Tatawa, di pulau ini seluruh peserta akan melakukan aktivitas seperti snorkeling dan ngepantai. Sehabis dari pulau Tantawa, destinasi selanjutnya adalah snorkeling di manta point, jadi kepada peserta yang berminat untuk snorkeling di lokasi ini sambil menyaksikan si burung laut alias Pari Manta. Tidak usah khawatir, Pari Manta bukanlah makluk laut yang buas alias membunuh manusia, justru binatang ini bias dikategorikan sebagai makluk laut yang pemalu dan akan pergi menjauh ketika merasa terusik. Tetapi bukan berarti kita jadi lengah, tetaplah berhati – hati ketika bersnorkeling di spot ini.

Sehabis bermain di manta point, perjalanan dilanjutkan ke pulau Rinca yaitu sebuah tempat dimana bisa menemukan lebih banyak Komodo, di tempat ini seluruh peserta akan menyaksikan langsung kandang daripada Komodo. Jadi tetap berhati – hatilah dan jangan berisik, karena Komodo sangat banyak di lokasi ini. Tetapi tidak usah khawatir, karena ketika menjelajah pulau Rinca ini, seluruh peserta akan didampingi oleh ranger (pemandu). Petualangan menyaksikan rumah Komodo ini memakan sekitar 2 s.d. 3 jam perjalanan. Setelah selesai berpetualang di pulau Rinca, seluruh peserta kembali ke kapal. Dan untuk malam ini, seluruh peserta akan diinapkan di Loh buaya (teluk di pulau Rinca) dan malam kedua tidur diatas kapal.


HARI – 4
Di hari ke empat lokasi yang akan dikunjungi adalah :

1.  Pulau Padar

Aktivitas yang akan dilakukan di hari ketiga adalah ngepantai, snorkeling, makan, tidur siang dan kembali menuju pelabuhan Sape (Nusa Tenggara Barat).

Hari ini adalah hari terakhir di kepulauan Komodo dan destinasi wisata yang terakhir yaitu pulau Padar. Perjalanan kita awali dari pulau Rinca dan langsung menuju pulau Padar, setibanya di pulau Padar, seluruh peserta akan diajak untuk naik ke bukit untuk menyaksikan pantai dan laut pulau Padar dari atas (tidak wajib, bagi yang berminat saja). Sehabis mendaki bukit, kembali ke pantai dan dilanjutkan dengan snorkeling ataupun ngepantai. Setelah dirasa puas, sekitar pukul 12 seluruh peserta kembali ke kapal untuk makan siang dan melakukan pelayaran ke pelabuhan Sape. Setibanya di pelabuhan Sape, langsung dilanjutkan perjalanan darat menuju kota Mataram (Lombok).


HARI – 5
Diperkirakan tiba di kota Mataram pukul 07.00 WITA dan akan diturunkan di end point (informasinya menyusul). Dan berakhirlah petualangan menjelajahi eksotisme kepulauan Komodo.



Hubungi kami :
1. Bonando S P Siregar
- Call/SMS/WA : 087864935848
- BB : 29150584
- Facebook : https://www.facebook.com/bonces.ringo

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.