Panduan Hemat Menuju Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan
Kepulauan Derawan adalah sebuah kepulauan yang terletak di sebelah timur Pulau Kalimantan dan masuk ke dalam wilayah Kabupaten Berau. Kepulauan Derawan ini terdiri dari lima pulau besar antara lain Pulau Derawan, Pulau Maratua, Pulau Kakaban, Pulau Sangalaki dan Pulau Mamaki. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, pulau - pulau tersebut sebenarnya adalah satu rangkaian utuh sebuah keluarga. Derawan yang artinya perawannya (anak gadis), Maratua yang artinya mertuanya, Kakaban yang artinya kakaknya, Sangalaki yang artinya anak laki - lakinya dan terakhir Mamaki yang artinya mamaknya (ibu). Kelima pulau tersebut jaraknya lumayan terpaut jauh satu sama lain, namun bisa dikunjungi dalam waktu satu hari menggunakan speed boat.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum melakukan perjalanan ke Kepulauan Derawan, diantaranya adalah :
  1. Memilih lewat Kota Tarakan atau Kabupaten Berau;
  2. Informasi rute/ transportasi ke Kepulauan Derawan;
  3. Informasi penginapan dan biaya hidup di Pulau Derawan;
  4. Informasi penyewaan speed boat di Pulau Derawan;
  5. Rencana Perjalanan (Itinerary).
Apabila kita berencana mengunjungi kepulauan Derawan, ada dua pilihan menuju lokasi wisata tersebut yaitu melalui Kota Tarakan atau melalui Kabupaten Berau. Jarak antara Berau ke Kepulauan Derawan lebih dekat dibandingkan Tarakan ke Kepulauan Derawan. Di perjalanan sebelumnya, saya lebih memilih lewat jalur Kabupaten Berau. Berikut ini saya akan mengulas mengenai kedua pilihan tersebut, Cekidot.... :-D


1. Melalui Kota Tarakan

Apabila Anda memiliki banyak peserta (rombongan), maka memilih lewat jalur Kota Tarakan adalah keputusan yang tepat. Mengapa Begitu???

Yang Pertama adalah Tidak ada public boat dari Tarakan ke Kepulauan Derawan, sehingga harus menyewa (carter) speed boat atau perahu. Berdasarkan informasi yang saya peroleh di dunia maya, ada dua jenis speed boat yang disewakan yaitu speed boat kecil berapasitas maksimal 5 orang dengan tarif 4 juta untuk 3 hari dan Speed boat berukuran besar berkapasitas maksimal 13 orang dengan tarif 8 juta untuk 3 hari. Mahal bukan??? Maka dari itu, apabila memiliki peserta yang banyak, sharing costnya akan terasa ringan. Sebaliknya, ketika memiliki peserta sedikit, biayanya akan mahal sekali. Namun jangan khawatir, karena sudah ada beberapa agen travel di Kota Tarakan yang menawarkan perjalanan wisata ke Kepulauan derawan dengan biaya yang murah (sekitar sejuta rupiah). Dan Anda akan bergabung dengan peserta lainnya, yang juga mengikuti paket wisata tersebut.

Yang Kedua adalah Ongkos pesawat dari Jakarta/ Surabaya ke Kota Tarakan lebih murah, bila dibandingkan Jakarta/ Surabaya ke Kabupaten Berau. Kisaran harga tiket pesawatnya adalah 500 ribu s.d. 1,2 juta untuk satu kali penerbangan. Ada dua maskapai penerbangan yang melayani rute tersebut yaitu Lion Air dan Sriwijaya Air. Berikut ini, saya sajikan rute beserta jadwal penerbangannya.

Rute penerbangan : Jakarta ke kota Tarakan
No. Maskapai Penerbangan  Jam Berangkat Jam Tiba Keterangan
1 Lion Air 05.00 WIB 08.50 WITA Langsung
2 Lion Air 06.00 WIB 12.15 WITA Transit
3 Lion Air 11.55 WIB 16.45 WITA Transit
4 Lion Air 14.45 WIB 19.35 WITA Transit
5 Sriwijaya Air 06.10 WIB 11.00 WITA Transit
6 Sriwijaya Air 12.30 WIB 18.35 WITA Transit

Rute penerbangan : Jakarta ke kota Tarakan
No Maskapai Penerbangan Jam Berangkat Jam Tiba Keterangan
1 Lion Air 06.00 WITA 08.55 WIB Transit
2 Lion Air 12.55 WITA 17.45 WIB Transit
3 Lion Air 17.25 WITA 20.20 WIB Transit
4 Lion Air 19.20 WITA 21.10 WIB Transit
5 Sriwijaya Air 07.10 WITA 11.20 WIB Transit
6 Sriwijaya Air 11.30 WITA 14.20 WIB Transit
NB : Pesawat transit di Kota Balikpapan


Rute penerbangan : Surabaya ke kota Tarakan
No. Maskapai Penerbangan  Jam Berangkat Jam Tiba Keterangan
1 Lion Air 07.20 WIB 12.15 WITA Transit
2 Lion Air 11.40 WIB 16.40 WITA Transit
3 Lion Air 15.15 WIB 18.35 WITA Langsung
4 Lion Air 14.45 WIB 19.30 WITA Transit
5 Sriwijaya Air 11.10 WIB 15.30 WITA Transit

Rute penerbangan : Surabaya ke kota Tarakan
No  Maskapai Penerbangan Jam Berangkat Jam Tiba Keterangan
 Lion Air 06.00 WITA 09.45 WIB Transit
 Lion Air 09.30 WITA 10.50 WIB Transit
3  Lion Air 12.55 WITA 15.20 WIB Transit
4  Lion Air 17.20 WITA 21.25 WIB Transit
5  Sriwijaya Air 07.10 WITA 09.25 WIB Transit
6  Sriwijaya Air 11.30 WITA 18.15 WIB Transit
7  Sriwijaya Air 16.00 WITA 18.15 WIB Transit

NB : Bagi Anda yang berlokasi diluar dari Jakarta dan Surabaya, bisa melakukan penerbangan ke Balikpapan. Kemudian dari Balikpapan melanjutkan penerbangan ke Kota Tarakan.
Dan untuk memudahkan Anda dalam mencari harga tiket, bisa mengunjungi Utiket.


Berikut ini gambaran umum mengenai rute yang akan Anda jalani, apabila memutuskan melalui Kota Tarakan. Asumsi berangkat dari Jakarta, Maka dari Jakarta melakukan penerbangan ke kota Tarakan, setibanya di Bandar Udara Internasional Juwata (Tarakan) melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Tengkayu (lokasi penyeberangan menuju pulau Derawan) menggunakan taxi sekitar 15 menit perjalanan, kemudian melanjutkan ke pulau Derawan menggunakan speed boat selama 4 jam perjalanan di laut.


NB : Informasi melalui kota Tarakan tersebut, saya peroleh dari beberapa sumber di Internet dan bukan berdasarkan pengalaman penulis. Semoga bisa memberikan sedikit gambaran mengenai rute Kota Tarakan ke Pulau Derawan.


2. Melalui Kabupaten Berau

Bulan Mei 2012 yang lalu, saya melakukan perjalanan ke Kepulauan Derawan melalui Kabupaten Berau dengan alasan jumlah peserta yang sedikit yaitu sebanyak tiga orang. Dan setelah melakukan kalkulasi biaya dan membandingkan  antara lewat Kota Tarakan atau Kabupaten Berau, saya memutuskan lewat Tanjung Redeb (Kabupaten Berau) saja karena lebih hemat biaya dan waktu. Selain itu, dengan memilih lewat Kabupaten Berau maka kami berkesempatan mengunjungi Labuhan Cermin yang berada di Biduk-Biduk (sekitar 6 jam perjalanan darat dari Tanjung Redeb, Berau). Dan perjalanan melalui Kabupaten Berau ini merupakan pengalaman pribadi penulis, sehingga informasi yang disampaikan juga berdasarkan apa yang dialami langsung penulis.

Gambaran umum mengenai perjalanan dari Jakarta/ Surabaya ke Kepulauan Derawan yaitu naik pesawat dari Jakarta/ Surabaya ke Tanjung Redeb (Berau), setelah tiba di Bandar Udara Kalimarau (Berau) melanjutkan perjalanan ke Tanjung Batu (lokasi penyeberangan ke pulau Derawan) menggunakan travel,  setibanya di Tanjung Batu lanjut lagi menyeberang ke Pulau Derawan menggunakan speed boat dan akhirnya tiba di Pulau Derawan yang menawan. ^_^
NB : Bagi Anda yang berlokasi selain Jakarta/ Surabaya, dapat melakukan penerbangan langsung ke Balikpapan. Kemudian dari Balikpapan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Berau.

Hal pertama yang kita cari adalah tiket pesawat dari tempat kita berada ke Tanjung Redeb (Berau) dan perlu saya informasikan harga tiket pesawat ke Tanjung Redeb (Berau) relatif lebih mahal dibandingkan harga tiket ke Kota Tarakan. Kisaran harganya mulai dari 900 ribu s.d. 1,3 juta, apabila promo biasanya di harga 800 ribu (asumsi dari Jakarta/ Surabaya). Adapun maskapai penerbangan yang melayani ke Tanjung Redeb (Berau) yaitu Lion Air , Sriwijaya Air Kalstar, & Batavia Air. Untuk memudahkan pencarian harga tiket pesawat, Anda bisa mencek langsung ke website masing-masing penerbangan tersebut atau melihat di Utiket.

Selanjutnya, akan saya jelaskan mengenai rute perjalanan dari Bandar Udara Kalimarau (Berau) sampai tiba di Pulau Derawan.

1. Setibanya di Bandar Udara Kalimarau (Berau), Anda akan melanjutkan perjalanan ke Tanjung Batu menggunakan mobil travel (Avanza atau Xenia). Lama perjalanannya adalah sekitar 3 jam dengan kondisi jalan yang berkelok-kelok, sekitar 70% beraspal dan di beberapa titik jalanannya rusak.


Bandar Udara Kalimarau (Berau)
  • Nomor telepon supir travel : 081346499293 (Bapak Fahril) & 085246215534 (Mas Arif) ;
  • Biaya perjalanan (ongkos) dari Tanjung Redeb ke Tanjung Batu adalah Rp 50.000 (harga Mei 2012). Tapi kalau dijemput di Bandara, maka ongkosnya menjadi Rp 70.000. Sebaiknya ditanyakan saja sama supirnya, siapa tahu dia mau di harga normal (Rp 50.000);
  • Perlu diketahui, travel dengan rute tersebut tidak melayani 24 jam dan kalu tidak salah hanya sampe jam 2 siang saja dari Berau. Namun, tidak usah khawatir, Anda bisa kok mencharter kendaraan mereka dengan harga 300 ribu s.d. 350 ribu (tergantung nego);
  • Apabila Anda tiba di Bandar Udara Kalimarau kesorean bahkan kemalaman dan berencana bermalam di kota Tanjung Redeb (Berau), terdapat taksi di sekitaran Bandara dan jangan berpikir taksinya seperti yang kita lihat di kota-kota lain. :-D Tarifnya adalah Rp 50.000 (kayaknya sih bisa nego). Ini ada nomor supir taksinya : 085246163707. 
Kondisi jalan menuju Tanjung Batu
Kami foto bersama Pak Fahril & mobil travelnya

2. Setibanya di Tanjung Batu yaitu lokasi penyeberangan menuju Pulau Derawan, maka Anda akan melanjutkan perjalanan menuju Pulau Derawan menggunakan "Spid" alias speed boat. Lama perjalanannya adalah sekitar 45 menit ketika gelombang tenang, apabila gelombang kencang sekitar 1 jam perjalanan.


Dermaga di Tanjung Batu
  • Nomor telepon pemilik speed boat : 081350219621 (Mas Yudi) ;
  • Biaya perjalanan (ongkos) dari Tanjung Batu ke Pulau Derawan adalah Rp 50.000 perorang dan melayani sampe sore sekitar jam 5;
  • Anda bisa juga mencharter speed boat menuju Pulau Derawan dengan harga Rp 250.000 s.d. Rp 300.000 yang bisa diisi sampe 7 orang (diluar supir) dan Anda bisa dapat harga lebih miring lagi, kalau sewa speed boatnya untuk pulang pergi (PP);
  • Apabila Anda sendirian atau berdua, tidak usah khawatir dan tidak harus charter perahu. Tunggu saja penumpang-penumpang lain yang akan menyeberang ke Pulau Derawan, karena sepenglihatanku banyak kok orang-orang yang mau ke Pulau Derawan. So.. sabar aja menunggu. Kecuali malam hari ya. :-D
3. Setibanya di Pulau Derawan, carilah penginapan sesuai keinginan dan kantong Anda. :-D mulai dari harga Rp 100.000 s.d. Rp 600.000 tersedia disana. Kalau saya sih lebih memilih penginapan yang murah, nyaman, dan yang pasti di atas laut. haha.. :-D Kemarin saya tidak banyak cari-cari informasi penginapan lagi, karena sudah terlanjut kepincut dengan penginapan Lestari 1 yang berlokasi di pinggir pantai dan dengan harga yang miring juga. Jadi saya hanya bisa memberikan informasi penginapan Lestari 1. :-)


Penginapan Lestari 1
  • Nomor telepon pemilik penginapan Lestari 1 : 081347229636 & Lestari 2 : 08115401544
  • Tarif permalamnya ada 3 jenis yaitu : 
    • Rp 100.000 : Fasilitas : Fan, 3 buah Kasur & sarapan pagi buat 3 orang berupa teh dan gorengan;
    • Rp 150.000 : Fasilitas : AC, 3 buah Kasur & sarapan pagi buat 3 orang berupa teh dan gorengan;
    • Rp 250.000 : Fasilitas : AC, Single Bed, Kamar Mandi dalam & sarapan pagi.
  • Masih banyak penginapan lain di sekitaran Pulau Derawan, silahkan Anda cari-cari saja, sekalian jalan-jalan di sekitaran Pulau Derawan;
  • Harga makanan di Pulau Derawan tergolong sangat mahal yaitu di kisaran Rp 25.000. Saran saya, sebelum memesan makanan sebaiknya ditanyakan dulu harga makanan yang hendak Anda beli;
  • Setiap pagi, pasti ada ibu-ibu yang menjual nasi kuning seharga Rp 10.000. Silahkan Anda mencari sarapan, sembari berjalan-jalan di desa Pulau Derawan. :-)
  • Namun untuk menghemat uang yang Anda miliki, ada baiknya kalau Anda memasak makanan sendiri. Seperti yang kami lakukan selama 3 hari di Pulau Derawan dan itu sangat menghemat pengeluaran kami. Selain itu, sensasi kebersamaan yang kurasakan bersama dua orang temanku. ^_^
4. Tidak berkesan rasanya ke Kepulauan Derawan, apabila Anda tidak mengunjungi pulau - pulau seperti Pulau Maratua, Pulau Kakaban & Pulau Sangalaki. Lokasi ketiga pulau tersebut sangat jauh dari Pulau Derawan dan tidak ada transportasi umum ke pulau-pulau tersebut. Sehingga mengharuskan kita mencharter (sewa) speed boat atau kapal menuju pulau-pulau tersebut. Saran saya, sebaiknya menyewa speed boat ketimbang kapal, karena terkait waktu yang akan kita habiskan selama di perjalanan. Ada dua tipe speed boat yang bisa kita sewa yaitu yang berkapasitas 5 orang atau 13 orang.


Kepulauan Derawan
Speed boat yang kami gunakan
  • Nomor telepon pemilik speed boat : 082157186409 (Bapak Haji Jubair). Bapak ini recommended menurutku, selain baik, kocak dan mau ngasih harga miring. Bilang aja, informasinya saya peroleh dari 3 orang Surabaya yang bapak tunggu-tunggu dan ternyata yang ditunggu2 sama beliau sudah menginap di penginapan dia (Inilah akibat miss comunication). haha.. :-D Dia pasti kasih harga miring. :-)
  • Biaya sewa speed boat seharian penuh adalah 
    • Rp 900.000 untuk speed boat berkapasitas 5 orang, sementara yang lainnya Rp 1.200.000. Soalnya kami nanya-nanya harga ke orang lain, ga ada yang dibawah sejuta ;
    • Rp 2.500.000 untuk speed boat berkapasitas 13 orang dan hanya Bapak Haji Jubair yang memiliki Spid seperti itu. Harga masih bisa nego kok, omongin aja ama beliau. :-)
  • Rute yang akan dijalani adalah dari Pulau Derawan ke Pulau Maratua, setelah itu Pulau Kakaban, kemudian lanjut lagi ke Pulau Sangalaki, dan terakhir kembali lagi lagi ke Pulau Derawan. Di perjalanan pulang ke Pulau Derawan, jangan lupa untuk singgah di Pulau Pasir Putih yang kelihatan ketika air laut surut. :-)
  • Lama perjalanannya adalah :
    • Pulau Derawan ke Pulau Maratua : 6o menit ;
    • Pulau Maratua ke Pulau Kakaban : 30 menit ;
    • Pulau Kakaban ke Pulau Sangalaki : 30 menit.
  • Saran dari saya, berangkatlah sepagi mungkin dari Pulau Derawan sekitar jam 6 pagi atau paling lambat jam 7 pagi. Supaya waktu yang Anda habiskan lebih banyak di pulau-pulau tersebut.
5. Membuat rencana perjalanan, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan dan kita harus mencari informasi sebanyak mungkin. Apabila berencana mengunjungi Kepulauan Derawan, alangkah baiknya apabila Anda menyiapkan waktu selama 1 minggu. Supaya Anda lebih puas di perjalanan dan tidak terkesan buru-buru alias relatif lebih santailah. Saran saya, nikmatilah di Pulau Derawan selama 2 atau 3 hari, kemudian touring ke pulau-pulau lainnya selama sehari. Dan kalau Anda memiliki waktu dan duit berlebih, menginap di Pulau Maratua merupakan pilihan yang tepat. :-)


Berikut ini foto perjalananku di Kepulauan Derawan, selamat menikmati ^_^ 



Demikianlah sedikit informasi terkait perjalanan ke Kepulauan Derawan yang bisa saya berikan. Semoga kiranya memberikan gambaran mengenai biaya, seperti apa itu Kepulauan Derawan dan pastinya semoga bermanfaat bagi Anda. Apabila ada informasi yang mau ditanyakan atau bahkan meralat informasi yang saya sampaikan, bisa kita diskusikan di blog ini. :-) Sekian dari saya, selamat berpetualang dan menikmati pesona Kepulauan Derawan.


----------- Mari Jelajah Indonesia Kita -----------




23 comments:

  1. Balasan
    1. hehe.. Tengkyu brader, semoga bermanfaat. kapan ke Kepulauan Derawan?? :-P

      Hapus
  2. sempat mampir labuhan cermin kah?klo sewa boat brp?krn menurut info lbh cpt jalur laut drpd darat, trims :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, sempat ke Labuhan Cermin. Tapi kita lewat darat. Dulu nanya ama orang-orang yang di Pulau Derawan, emang lebih cepat lewat laut tapi lebih cepat duitnya habis alias kemahalan buat sewa speed boatnya.
      Tidak ada public boat yang melayani rute Derawan ke Biduk2 (lokasi Labuhan Cerminnya).

      Terima Kasih. Mari Jelajah Indonesia Kita. :)

      Hapus
  3. baru baca..keren ulasannya. Btw.. Kalo lewat darat ke
    Labuhan cermin jauh gak? Berapa lama kira2? Treknya gimana menuju ke Labuhan cermin? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas bro/ mbak sis. :)

      Kalau lewat darat lumayan jauh, kalau dari Berau sekitar 6 s.d. 7. Jam. Kalo medannya, nano2. Mas bro/ mbak sisi hehe.. Dalam artian ga semua jalanan di aspal, ada juga jalanan yg masih tanah, ataupun beraspal tapi berlubang dan juga jalanannya ada yg berkelok2 dan bergelombang. :)

      Dan menurut saya, labuhan cermin (biduk2) sangat rekomendasi buat dikunjungi, sumpah itu tempat keren bangat. Damainya pool... Hehe..

      By Traveler Kere, Kece & Hepi.

      Mari Jelajah Indonesia Kita. :)

      Hapus
  4. Balasan
    1. Okay mas bro, semoga bermanfaat bagi perjalanan Anda. :)

      By Traveler Kere, Kece & Hepi.

      Mari Jelajah Indonesia Kita.

      Hapus
  5. THANK YOU SO MUCH bro
    infonya sangat amat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okay, semoga bermanfaat ya. ^_^

      By Traveler Kere, Kece & Hepi.

      Mari Jelajah Indonesia Kita.

      Hapus
  6. wahh keren n mantap banget broo infonya ! lengkap bgt ! wah dr sby yaa ?? saya dr sda broo salam knal !
    semoga saya dkk bs segera kesana :D

    BalasHapus
  7. Waah...lengkap banget infonya...
    Kemaren ke derawan kemana aja ya mas? trus brp lama di sana?

    BalasHapus
  8. Beningnya derawan membuat makin pengen segera ke sana. Rencananya saya mau lewat berau mas, doakan segera yaa. Makasi tulisannya

    BalasHapus
  9. berapa kira" total kesana mas kalo dari bandara berau aja ampe pulang :)

    BalasHapus
  10. Kereennn..br agustus besok rencana ke derawan dr sby mas.

    BalasHapus
  11. Kereennn..br agustus besok rencana ke derawan dr sby mas.

    BalasHapus
  12. mantapppp... terimakasih banyak Kak

    BalasHapus
  13. Sekedar informasi. Berdasarkan pengalaman dan untuk kenyamanan sebaiknya jangan gunakan boat pak haji zubair (derawan), pak dadung (derawan) atau pak abom (maratua). Saya hrs bayar boat 2x lipat krn ketidak profesionalan mreka. Sm saja spt diperas

    BalasHapus
  14. Sekedar informasi. Berdasarkan pengalaman dan untuk kenyamanan sebaiknya jangan gunakan boat pak haji zubair (derawan), pak dadung (derawan) atau pak abom (maratua). Saya hrs bayar boat 2x lipat krn ketidak profesionalan mreka. Sm saja spt diperas

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.