Gua Kristal - Pesona Tersembunyi dari Kupang (NTT)


Gua Kristal a.k.a. Crystal Cave - Kupang, NTT

Gua Kristal yang dalam bahasa kerennya "Crystal Cave"
Please.. jangan membayangkan didalam gua tersebut dipenuhi kristal-kristal yang menawan dan memantulkan cahaya ketika disinari matahari. :-) Gua Kristal yang terdapat di Kupang ini adalah sebuah gua yang gelap dan di dalamnya terdapat ribuan liter air yang "terjebak". hehe.. Konon katanya penggunaan kata Kristal pada gua tersebut karena di dalam gua terdapat air yang sangat jernih dan ketika kena matahari dapat memantulkan cahaya kecil layaknya sebuah kristal. 


Gua Kristal - Kupang
Gua Kristal ini berada di daerah Bolok, sekitar 20 km dari kota Kupang. Saya berangkat menuju Gua Kristal bersama Donis dan dia tidak pernah mendengar ada Gua Kristal di Kupang. Kami tidak mengetahui dimana lokasi persisnya gua tersebut, informasi yang saya peroleh adalah Gua Kristal berada tidak jauh dari Kantor Polisi Perairan (Polair) Bolok. Dan Donis juga tidak tahu dimana letak kantor tersebut, tetapi untungnya dia tahu dimana daerah Bolok. Kamipun menuju Bolok menggunakan sepeda motor dan sekitar setengah jam kemudian kami sudah tiba di daerah Bolok. Selanjutnya kami menanyakan kepada masyarakat setempat, lokasi dari Gua Kristal dan jawaban yang kami peroleh adalah "tidak tahu". Memang benarlah, belum banyak yang mengetahui obyek wisata yang satu ini. Tetapi saya tidak kehabisan akal, kutanyakan lagi "kalau kantor Polair dimana pak?" dan syukurlah si bapak mengetahuinya.

Pertigaan jalan menuju Kantor Polair
Kantor Polisi Perairan - Bolok
Setibanya di Kantor Polisi Perairan (Polair), saya menanyakan kepada petugas yang ada disana mengenai lokasi Gua Kristal. Ternyata letaknya tidak jauh dari kantor tersebut, apabila Anda masuk dari pertigaan (lihat foto sebelumnya) maka berhentilah sekitar 50 meter sebelum Kantor Polair. Gua Kristalnya berada di sebelah kiri jalan dan untuk mempermudah Anda, maka carilah bekas jejak kaki yang ada di daerah tersebut. Ikutilah jejak kaki tersebut, Anda akan dihadapkan dengan kondisi tanah yang gersang, berkarang dan semak - semak belukar hidup liar. Sekitar 100 meter dari jalan utama, maka Anda akan mencoba mencari-cari dimana Gua Kristal tersebut. Hal ini karena pintu masuknya yang tidak kelihatan, namun mata kami tertuju pada sebuah tempat yang memiliki sebuah lubang yang tidak begitu besar. Kamipun mencoba masuk kedalamnya dan ternyata yang dicari-caripun sudah dihadapan mata.


Bonando Siregar - Di bibir Gua Kristal

Pintu Masuk Gua Kristal
Sayapun masuk ke dalam gua yang sempit dan minim penerangan, disusul oleh saudara Donis. Yang pertama keluar dari mulut si Donis adalah "aiii... ini angker eii" dengan logat kupangnya. haha... Dia yang awalnya bersemangat, akhirnya sedikit ciut melihat kondisi Gua Kristal ini. Tidak bisa saya pungkiri, ketika kita memasuki gua tersebut, maka bayang-bayang kengerian, horor, mistis, mungkin meyelimuti pikiran. Hal inilah yang mungkin membuat Gua Kristal ini kurang dikenal atau bahkan kurang diminati oleh masyarakat Kupang. Namun, bayang - bayang kengerian itu tidak kugubris, karena saya sudah terlanjur terpesona melihat ada air berwarna biru di bawah sana dan tak kusia-siakan momen tersebut untuk mengabadikannya di kameraku. Saat itu kondisi didalam gua sangat minim penerangan, walaupun ada sedikit sinar sang mentari yang masuk dari pintu masuk gua, namun tidak mampu menerangi seisi gua.

Dari awal saya berencana ke tempat ini, saya sudah niat akan berenang di kubangan air Gua Kristal. Dan kalau mau berenang di kolam kecil tersebut, kita harus terlebih dahulu turun sejauh 10 meter melewati bebatuan licin dan kondisi gua yang gelap. Untuk itu kita harus dituntut lebih berhati-hati dan was-was, hal ini karena kita tidak tahu apa yang ada di dalam gua tersebut. HPpun beralih fungsi menjadi sebuah senter, untuk membantu kami menapaki gua yang gelap tersebut.

Namun sempat ada kendala yaitu ketika Donis tidak berani untuk turun ke kolam kecil Gua Kristal, karena bayang-bayang kengerian, horor, seram, hantu dll melingkupi pikirannya. Namun, kuyakinkan kepadanya "Ini aman kok, ga usah takut" dan alasan lainnya adalah karena tripod kamera tinggal, sementara aku pengen berfoto di kolam kecil Gua Kristal. Akhirnya si Donispun, ikut denganku ke bawah gua yang semakin ke bawah semakin gelap. Kurang dari 5 menit, kami sudah berada di dasar gua dan untuk menghangatkan situasi, kutawarkan untuk memfoto Donis di dekat kolam kecil Gua Kristal.


Kolam kecil di dasar Gua Kristal
Airnya jernih dan tenang - Gua Kristal.
A.K.U.
Donis bisa tersenyum juga. hihi.. :-p
Kupandang ke arah kolam, airnya berwarna biru dan jernih, bahkan bebatuan yang berada di dalam airpun tampak jelas. Kutatap ke atas, seberkas sinar matahari menyilaukan mataku, kuyakin matahari mulai meninggi dan lambat laun suasana di dalam gua tidak terlalu gelap lagi. 


Kutatap ke atas - Sinar Matahari mulai Masuk
Karena niatan awalnya mau berenang di kolam kecil Gua Kristal, sayapun melaksanakan misi saya tersebut menggunakan perlengkapan snorkelingku. Wow.... semakin jelas saja penampakan di dalam air tersebut dan ternyata ada  lubang sempit didasarnya, selain itu bebatuan didalamnyapun terliat sangat jelas. Saya berenang di kolam berukuran kurang lebih 30 m2 dan jujur ada sedikit kekhawatiran terhadap ular ataupun binatang lainnya. Namun kucoba serileks mungkin menikmati sejuknya air kolam Gua Kristal dan ternyata rasa air yang ada di Gua kristal ini adalah payau (ada sedikit asin). Di saat aku sedang berenang, sesekali si Donis memfoto diriku yang sedang asyik sendiri menikmati suasana.


Bonando Siregar - Gua Kristal
A.K.U. - Snorkeling di Crystal Cave
A.K.U - Berpose dulu di Kolam Gua Kristal

Hari sudah semakin siang dan alarm di HPku berbunyi yang artinya sudah pukul 11.00 WITA, kuakhiri permainanku di kolam kecil tersebut. Kami harus segera meninggalkan Gua Kristal tersebut, karena pesawat yang akan kutumpangi akan berangkat pukul 13.30 WITA. Kamipun beranjak dari Gua Kristal menuju kota Kupang dan saya pulang dengan perasaan sukacita, semua ini karena saya menemukan "hal" yang baru dalam perjalananku kali ini. Setibanya di rumah temanku, saya langsung mandi, dijamu makan dan segera berangkat menuju Bandara El Tari Kupang.

Jujur, dari beberapa tempat yang saya kunjungi di kota Kupang, tempat yang paling berkesan dan membuat saya sangat senang adalah Gua Kristal. Alasannya adalah di dalam sebuah gua yang gelap terdapat kubangan air berwarna biru dan sangat jernih, yang saya tidak tahu darimana asal muasal air tersebut. Yang pasti saya sangat bersukacita, karena bisa menemukan sesuatu yang baru diperjalananku kali ini. Dan saya berharap, semoga tempat ini tidak diketahui oleh khalayak ramai, karena lambat laun akan mengurangi keaslian Gua tersebut. Sampah-sampah akan semakin banyak di dalam gua tersebut dan sakit rasanya membayangkan tempat sebagus Gua Kristal dipenuhi sampah-sampah ataupun coretan-coretan layaknya obyek-obyek wisata yang sudah terkenal (punya nama). Kecuali Para pengunjung mau bertanggung jawab ataupun menjaga keindahan Gua Kristal ini. Jadi mari kita jaga keindahan dan keoriginalan wisata alam yang ada di Indonesia ini. :-) 


"Mari Jelajah Indonesia Kita. ^_^"


Penasaran dengan suasana Gua Kristal, silahkan lihat disini :

Informasi Jelajah Indonesiaku :

  • Gua Kristal terdapat di daerah Bolok, tidak jauh dari pelabuhan Bolok dan Kantor Polisi Perairan Bolok;
  • Dari kota Kupang ke Gua Kristal, dapat ditempuh sekitar 45 menit perjalanan;
  • Waktu yang tepat ke Gua Kristal adalah dari pukul 09.00 WITA s.d. 14.00 WITA, disaat matahari cerah. Jangan datang terlalu pagi ataupun sore, karena Anda tidak bisa menyaksikan air berwarna biru dan gua akan semakin gelap;
  • Sebaiknya bawalah senter ataupun alat bantu penerangan lainnya;
  • Berhati-hatilah ketika turun ke kolam Gua Kristal;
  • Parkirkan kendaraan Anda di Kantor Polisi Perairan Bolok, untuk menjamin keamanan. Namun terlebih dahulu minta ijin ke petugasnya. 

13 comments:

  1. datang dari negara seberang untuk berkenalan.. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas Mohd Lokman Bin Ramli, salam kenal juga. ^_^

      Mari berkunjung dan menjelajah Indonesia. :-)

      Oiya, mas mas Mohd Lokman Bin Ramli berlokasi dimana? Kuala Lumpur?

      Hapus
  2. Aku selalu bilang ke teman-teman, kalo aku ke NTT, tujuan utama ku bukan Pulau Komodo, tapi Chrystal Cave, hehehehe...i'll be there someday,,anyway salam kenal yah, visit blog aku juga donk ^^

    BalasHapus
  3. pas turun tuh gimana mas? sama balik lagi ke atas? ga nyasar dan lewat jalan yang sama waktu turun kah mas? hehehe...rada parno juga nih mau ke sana..hehehe

    BalasHapus
  4. Selamat Pagi,

    Salam hangat dari the journey magazine,

    Perkenalkan kami dari the journey magazine, majalah informasi pariwisata Indonesia berbahasa inggris yang berpusat di Bali, terbit pertama dibulan February 2012 dengan titik penyebaran yang luas kami memastikan wisatawan mendapat informasi yang tepat tentang indonesia.

    Kami tertarik dengan artikel anda tentang Gua Kristal ini. Kami berencana untuk mengangkatanya di The Journey edisi JUNI 2014.

    Jika diperbolehkan maka kami memohon kerjasamanya untuk mengirimkan data foto-foto tersebut sebelum tanggal 15 MAY Ini. Untuk artikelnya kami akan mentranslate kebahasa Inggris.

    Kami tunggu Kabar Baiknya.

    Hormat Saya,

    Edo
    081239238989

    BalasHapus
  5. mantep tuh bisa gak ya bawa anak kecil kesitu

    BalasHapus
  6. sekarang saya siap2 berangkat kesana penasaran banget... 😀

    BalasHapus
  7. txs infonya yaa kak... membantu sekali baru pertama

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. Numpang Promo, Disini kita mau berbagi info buat kalian yang sedang atau berniat mengunjungi kota kupang, kalo kalian pingin berlibur dan berjalan jalan dikota kupang, ada jasa mobil Antar Jemput. Harganya Ekonomis banget, Pelayanan Ramah, Supirnya humoris, dan tentu aman dan bersih mobilnya.
    untuk nomor pemesanan bisa hubungi ke
    hp/wa : 0823-99-0000-99; 082399000099
    bbm : 5f786755
    line id : solusianjem

    BalasHapus
  10. artikelnya bagus, ijin share di http://ksmtour.com ya. Terima kasih

    BalasHapus
  11. sumpah keren banget bro..bisa clear gitu air nya ya mas

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.